Mengatasi Jerawat Pasir Secara Alami

mengatasi jerawat pasir

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering dialami oleh wanita. Hampir setiap wanita pasti pernah mengalami masalah ini. Jenis jerawat pun beragam. Salah satunya adalah jerawat pasir. Apa itu jerawat pasir? Jerawat pasir adalah jerawat dengan ukuran kecil yang muncul secara bergerombol pada area pipi, sehingga membuat kulit nampak kasar. Biasanya jerawat ini menyerupai komedo yang diujung matanya terdapat warna putih seperti biji nasi.

Bintik pasir warna putih ini adalah akibat tumpukan lemak yang bercampur dengan kotoran dan bakteri. Walaupun berukuran kecil, jerawat pasir tetap berpotensi menimbulkan kerusakan pada kulit. Jerawat pasir, selain mengurangi rasa percaya diri juga menimbulkan rasa perih dan gatal.

Penyebab Jerawat Pasir

Sebenarnya penyebab jerawat pasir (jerawat kecil kecil banyak di seluruh wajah) hampir sama dengan jerawat lainnya. Yang membedakannya hanyalah pada besarnya jerawat serta tingkat peradangan dan kerugian yang ditimbulkan. Faktor utama munculnya jerawat ini adalah produksi minyak yang berlebihan dalam kelenjar sebasea. Selain itu, jerawat pasir juga disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi makanan berminyak.

Munculnya jerawat pasir juga bisa disebabkan karena faktor lingkungan dan iritasi akibat bahan kimia dari kosmetik. Debu, polusi, dan kotoran di udara menempel pada wajah dan tidak dibersihkan, maka dapat menimbulkan munculnya jerawat. Jika tak dibersihkan kosmetik seperti bedak dan foundation dapat membuat kulit iritasi jika tidak segera dibersihkan.

Masker Untuk Mengatasi Jerawat Pasir

Setelah mengetahui penyebab jerawat pasir, ada baiknya kita segera mengambil tindakan untuk mengurangi jerawat pasir pada wajah ini. Mengatasi jerawat pasir tidak harus menggunakan cara mahal. Anda bisa kok melakukan sendiri perawatannya dirumah dengan membuat sendiri masker anda menggunakan bahan alami. Dengan menggunakan bahan alami, tentu wajah tidak akan terkena reaksi alergi maupun ketergantungan, sehingga aman untuk kulit. Apa saja masker yang kita buat?

1. Masker Putih Telur
Masker putih telur berguna untuk menghilangkan bekas jerawat dan mampu mengurangi minyak berlebih yang menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Cara membuat masker ini sangatlah mudah.
Pisahkan putih telur beserta kuningannya, lalu kocok sebentar. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit lalu gunakan air hangat untuk membilas wajah.

2. Potongan Tomat
Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, tomat sudah dikenal mampu menjaga kecantikan. Cara menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat pasir juga mudah. Oleskan tomat pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilaslah wajah menggunakan air dingin. Selain melakukan perawatan dari luar menggunakan tomat, agar hasilnya maksimal lakukan juga perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi tomat setiap hari

3. Air Mawar dan Air Jeruk Nipis
Masyarakat juga menggunakan cara ini untuk menghilangkan jerawat. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air mawar. Ramuan ini sangat baik untuk menjaga kulit tetap sehat, karena kandungan asam atau citrit acid mampu membantu mengangkat sel kulit mati.

Cara melakukan perawatannya juga cukup mudah. Caranya dengan mencampur perasan jeruk nipis dan air mawar, setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggulah beberapa saat selama 10-15 menit. Gunakan air hangat untuk membersihkannya. Cobalah lihat perbedaannya dalam 15 hari.

Pencegahan Untuk Mengatasi Jerawat Pasir

Setelah rajin menggunakan masker, anda juga harus melakukan beragam pencegahan agar wajah bebas jerawat. Jika anda menggunakan masker setiap hari, namun tidak melakukan pencegahan maka sama saja jerawat tidak akan menghilang karena tidak dibarengi dengan kebiasaan baik yang dapat mencegah munculnya kembali jerawat pasir.

a. Rajin Melakukan Scrub Pada Wajah
Rajinlah melakukan scrub wajah dengan rutin. Dengan scrub rutin selama dua kali seminggu sel kulit mati akan terangkat. Selain itu, scrub akan membantu pengeluaran kotoran dan lemak di dalam jerawat pasir.

b. Jangan Membasuh Wajah Terlalu Sering
Membasuh wajah terlalu sering justru akan membuat wajah kering. Komedo maupun bintik kecil justru dapat terluka akibat gesekan antara bahan kimia dan sabun pencuci wajah dan dapat menimbulkan iritasi.

c. Jangan Memencet Komedo
Jika wajah terdapat komedo atau bintik putih, biarkan saja dan jangan dipencet karena jika di pencet, justru akan menimbulkan infeksi dengan kuman yang terbawa melalui jari dan kuku. Jika seperti ini, bintik berlemak justu akan menjadi jerawat pasir yang menyebar lebih banyak.

d. Hindari Stress
Salah satu pemicu tumbuhnya jerawat adalah stress, karena stress menyebabkan hormon menjadi tidak stabil. Salah satunya terjadi pada kelenjar sebasea yang sangat over produktif terhadap minyak, hingga akhirnya tidak mampu dikeluarkan dan menyumbat pori-pori yang menjadi cikal bakal munculnya jerawat.

 

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation