Mengatasi Komedo secara Alami

Mengatasi Komedo secara Alami

Komedo merupakan masalah yang dialami oleh hampir semua orang. Penggunaan kosmetik terutama menjadi salah satu faktor penyebab. Meski telah rajin membersihkan muka setelah beraktivitas, bukan berarti wajah bisa bebas komedo begitu saja.

Apa Itu Komedo?

Komedo sebenarnya dalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, sedangkan komedo yang tertutup memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi yang berlebihan pada kulit.

Bagi kebanyakan wanita tentu hal ini sungguh mengganggu, sebab komedo akan mengganggu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, simak tips berikut agar Anda terbebas dari komedo. 😉

Beberapa Cara Alami untuk Menghilangkan Komedo di Wajah

Hidup Sehat

Gaya hidup sehat penting untuk Anda terapkan jika Anda ingin terbebas dari komedo. Begadang, kurang istirahat, dan makan makanan yang mengandung banyak minyak akan mengundang komedo bertandang ke wajah Anda yang cantik. Untuk itu, usahakan untuk mengatur pola makan Anda, banyak minum air putih, serta istirahat yang cukup.

Gunakan Produk Kosmetik yang Tepat

Kenalilah jenis wajah Anda. Perawatan untuk wajah dengan kulit berminyak jelas akan berbeda dengan perawatan untuk kulit kering. Penggunaan kosmetik yang tepat akan membantu Anda terhindar dari komedo.

Rajin Membersihkan Muka

Mencuci muka secara teratur berarti menjaga wajah Anda tetap bersih. Lakukan setidaknya dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Tapi jangan terlalu sering juga, sebab mencuci muka terlalu sering akan membuat kulit wajah Anda kehilangan kelembaban alaminya. Lakukan sewajarnya.

Facial Scrub

Facial scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah Anda, sehingga merangsang pertumbuhan sel baru. Hal ini perlu dilakukan sebab sel-sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk akan memperparah komedo di wajah Anda. Disarankan untuk menggunakan scrub dua kali seminggu. Hindari pemakaian tiap hari sebab akan merangsang produksi minyak berlebih.

Mengganti Sarung Bantal

Tahukah Anda bahwa sel-sel kulit mati kita menempel di bantal yang kita gunakan? Gantilah sarung bantal Anda secara teratur, untuk menghindari kotoran menempel di wajah Anda saat tidur.

Handuk Khusus

Ada baiknya Anda menyediakan handuk khusus yang digunakan untuk menyeka wajah. Memisahkan handuk untuk badan dengan untuk wajah dilakukan untuk menghindari kuman dari badan menempel di wajah. Jika Anda sudah terlanjur didatangi komedo, lakukan perawatan dengan bahan alami untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut ini beberapa ramuan untuk menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda dapatkan di sekitar rumah:

Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada daerah yang berkomedo. Diamkan kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Baking soda akan menyerap minya berlebih pada wajah dan membunuh bakteri, sehingga akan mengusir komedo dari kulit wajah Anda.

Lemon

Usapkan jus lemon ke kulit wajah yang terkena komedo. Diamkan hingga mengering sebelum dibilas. Lakukan berulang bila perlu. Sifat asam lemon akan mengatasi kelebihan minyak, sehingga meminimalisir munculnya komedo.

Kulit Jeruk

Haluskan kulit jeruk hingga menjadi pasta, kemudian usapkan di daerah berkomedo. Diamkan selama satu malam, lalu bilas keesokan harinya.

Lidah Buaya

Gunakan gel lidah buaya untuk mengusir komedo. Oleskan pada kulit yang berkomedo. Biarkan kurang lebih 20 menit, kemudian usap dengan handuk basah.

Putih Telur dan Madu

Campurkan putih telur dan madu, kemudian kocok hingga rata tercampur. Gunakan sebagai masker wajah. Tunggu sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Sebaiknya lakukan menjelang waktu tidur malam Anda.

Pasta Gigi

Oleskan pasta gigi di daerah yang berkomedo. Biarkan hingga pasta gigi mengering, kemudian basuh menggunakan handuk yang dicelupkan ke air hangat. Selain membantu menyingkirkan komedo, sensasi mint pada pasta gigi akan meyegarkan kulit Anda.

Demikianlah beberapa tips sederhana yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Silakan dipraktekkan, semoga wajah bersih dari komedo bisa Anda dapatkan. 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation