Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Mudah

penyebab-ketombe

Sel-sel kulit kepala yang telah mati akan mengalami pengelupasan dan pengelupasan yang belebihan ini dinamakan dengan ketombe. Ketombe bukanlah merupakan organisme namun ketombe hanyalah sel kulit kepala yang mengelupas dan menumpuk di kepala sedangkan organisme yaitu kutu rambut  Menghilangkan ketombe dari kulit kepala tidaklah mudah. Pada kasus ringan, seseorang hanya perlu menemukan shampo anti-ketombe yang cocok untuknya. Namun dalam kasus berat, ketombe bisa sangat sulit untuk dihilangkan. So, shampo saja tidak cukup untuk mengatasi masalah di kulit kepala ini.

Tips menghilangkan ketombe dengan alami

Jeruk Nipis, Nanas dan Santan
Jeruk nipis termasuk buah yang kaya manfaat dan bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya dengan siapkan jeruk nipis dan nanas, sisihkan air perasan dari masing-masing buah sekitar 100 ml, campur dengan 100 ml santan segar, aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk membasuhkan rambut, lalu cuci hingga bersih. Lakukan sekitar 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Kangkung
Caranya dengan menyiapkan sekitar satu ikat kangkung yang kemudian direbus dengan campuran 2 gelas air. Tunggu hingga rebusan kangkung hanya tersisa 1 gelas saja, lalu usapkan air rebusan kangkung ke kulit kepala dan area rambut, diamkan sekitar 30 menit lalu cuci bersih menggunakan shampo.

Baking Soda
Basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala. Bilas sampai bersih dan kering. Lakukan ini setiap kali Anda mencuci rambut, tetapi hanya gunakan baking soda tanpa shampo. Rambut akan terasa kering pada awalnya. Tetapi setelah beberapa minggu, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut terasa lembut dan bebas dari ketombe.

Garam
Taburkan garam merata ke seluruh kulit kepala dan pijat perlahan. Selain mempercepat pengelupasan kulit mati, garam bisa menyingkirkan bakteri dan jamur yang bersemayam di kulit kepala.

Cuka sari apel
Cuci rambut dengan shampo lalu bilas. Kemudian gunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak dan bilas. Anda juga dapat melawan ketombe dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.

Lidah buaya
Kupas kulit lidah buaya dan pakailah daging buahnya untuk dioleskan pada kulit kepala. Diamkan 10 menit, lalu keramas.

Daun Pandan
Cara menggunakannya: siapkan sekitar 5 atau 7 daun pandan lalu cuci bersih, tumbuk daun pandan hingga halus, peras hingga tersisa airnya saja, lalu usapkan perasan air daun pandan ke bagian rambut hingga rata, diamkan sekitar 30 menit, lalu cuci bersih.

Jeruk lemon
Campur satu buah lemon dengan 15 ml minyak kelapa. Oles dan pijitkan ke kulit kepala dan diamkan sembari Anda tidur malam. Bersihkan keesokan harinya.

Selamat mencoba ya 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation