Mengutarakan Keinginan pada Anak #Day6

KomProd_Anak

Detik ini aku masih berkutat di tantangan ke 6 , aku mengasihani diriku sendiri sambil melirik malu malu pada teman teman yang sudah done day 10, haah amazing! Bagiku, perjuangan ternyata cukup panjang hingga mencapai angka “keramat” 10, apakah memburu deadline menjadi hobiku tanpa sadar?! dan bayangan teriakanku yang kegirangan serta mengusap wajah saat sudah selesai 10 hari itu senatiasa membayangi.

Well, sebenarnya memprotes diri sendiri kenapa setiap malam selalu ketiduran, apalagi harusnya terbangun jam 11 malam yang untuk posting link ternyata menyuarakan banyak alasan sehingga terlelap itu lebih nyaman. Five again, menjelang deadline tanggal 17, waktu tantangan 10 harinya dari tanggal 1-17 hari. Sebenanrnya ada waktu 17 hari diberi waktu dan cukup setor 10 hari tantngan.

Dan disini, di menit menit terakhir menjelang angka 24.00 saat sepi dan sayup sayup suara suara yang sebenanrnya biasa mulai terdengar aneh dan begitu mencekam. Bersyukur saat ini Ramadhan, jadi cukup menjadi kontemplasi memaafkan diri sendri.  Lima lagi pola komunikasi yang perlu ku ulang atau ku aplikasikan. Masih lima. Kali ini saya mencoba menu mengutarakan keinginan -sebening embuun, *ebiet g ade.

Begini ceritanya, hari sabtu saya mencoba peningkatan kualitas diri dengan bersedia dan berusaha menjadi pengisi acara How to Membuat Flapbook untuk anak anak level elementary school, disebuah komunitas. Saya mencoba agar audiens saya, anak- anak learning by doing, dan enjoy sambil belajar.

Nah, hari hari sebelumnya saya tegaskan sama anak saya sendiri yang mengikuti acara tersebut, “Ummi akan mengisi acara cara membuat flapbook, mas ikut ummi ya.. mas juga bisa berkreasi, boleh juga kalau mau jadi asisten ummi”. “Yaaa”, jawabnya singkat, aku ulangi lagi esok harinya pas hari H, memastikan anakku memahami kata kataku, “Mas, Ummi mau bicara sebentar, sini deh” panggilku, “apa sih mi..”, jawab putraku, sambil mensejajarkan tinggi ku dengannya ku utarakan dengan jelas “Mas tau kan hari ini acara kegiatan membuat flap book ya” (ini ditegaskan agar dia tau kemana tujuan akhir pekannya, jangan tiba tiba g mau ikut), “Iya iyaaaa” terdengar jawaban yang bernada c minor, setelah menjawab kutambahkan lagi, jaga sikapnya ya nak”, “iya iyaaa” , – biar ga terlalu malu maluin lah maksudku, anak saya secara bawaan cuek dan santai itu membuat saya kadang2 perlu membacakan tata cara bergaul dengan manusia kebanyakan. Bukan pada makhluk luar angkasa atau diri sendiri.

Flapbook yang disampaikan seputar Ramadhan, ilmuwan muslim dan sunnah sunnah ramadhan. Saya sengaja melibatkan anak anak saya juga dalam persiapannya meski mereka cuek cuek aja, ga tertarik bertanya tanya. Kadang berpikir, ni anak anak tertarik pa ngga ya. Dilihat lihat anak-anak saya malah antusias dengan caranya sendiri yaitu membuat card boardnya dengan tujuan lain, dibuat aneh-aneh. Anak pertama malah tetiba pengen tau cara kerja printer, padahal selama ini ngeprint , entah saja ingin membuka dan melihat mesin didalamnya. Oh, ini terasa menyenangkan , belajar dan bermain.

Efektif juga ternyata, anak saya setelah ikut acara yang saya isi melanjutkan dirumah dan mulai potong potong card board dan belajar terampil menggunakan lem tembak. Butuh kesabaran dengan anak anak tipikal santai, dia bisa mandiri belajar tanpa perlu kita atur atur, semakin kita atur dia semakin menjawab dengan asal asalan atau meningkatkan kreativitas mencoba berbagai gaya “cara menjawab agar terlihat menjengkelkan”. Ulangi satu satu, sebutkan satu satu , memperjelas keinginan yang kita harapkan untuk anak ikuti. Sekarang ketika mengulang kalimat perintah, saya cukup satu kalimat tanpa koma, tetep pakai spasi. Nak, abis makan letakkan piring kotor di wastafel. Si anak manggut manggut tanda, I know iknow I know *serasa nyanyian marshmallow pun berkumandang. Ya I know you know.

Play is the highest from of research -Albert Einstein-

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation