Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan

Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan

Ladies, pada masa kehamilan, naiknya berat badan adalah satu hal yang wajar terjadi, sebab itu merupakan salah satu indikasi kehamilan yang normal. Namun, berat badan tidak bisa kembali normal begitu saja setelah melahirkan. Anda tentu tidak bisa melakukan diet ketat atau mengonsumsi obat-obatan untuk melangsingkan tubuh, sebab hal itu akan berpengaruh pada kesehatan bayi Anda yang sedang dalam masa menyusui. Hal inilah yang sering menjadi dilema bagi para ibu yang baru saja melahirkan. Lantas bagaimana caranya agar berat badan ideal Anda kembali? 😉 Berikut ini adalah tips untuk Anda, Ladies…

  • Berjalan Kaki

Berjalan setiap hari terukti bisa membakar kalori. Oleh karena itu, Anda disarakan untuk melakukannya jika menginginkan berat badan Anda kembali normal. Anda bisa menggunakan waktu sekitar 30 menit saat bayi Anda tertidur. Anda bisa memilih waktu pagi atau sore hari untuk melakukannya.

  • Latihan Kegel

Latihan Kegel merupakan relaksasi otot-otot yang membentuk bagian dasar panggul (yang disebut otot Kegel). Banyak wanita sangat akrab dengan latihan ini selama kehamilan untuk memperkuat otot yang digunakan selama persalinan. Dengan terus latihan kegel setelah melahirkan, Anda dapat memperkuat otot-otot perut, kandung kemih, rahim, dan panggul.

  • Yoga

Yoga dapat Anda lakukan sendiri di rumah, dan olahraga ini cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan sedikit demi sedikit, namun kontinyu. Yoga juga akan memberikan jalan bagi tubuh untuk bernapas lebih leluasa dan nyaman, sehingga akan menghindarkan Anda dari rasa depresi pasca melahirkan. Gerakan-gerakan yoga bisa mengembalikan otot-otot tubuh yang tegang menjadi lentur, juga mengembalikan urat syaraf menjadi lebih lentur, sama seperti sebelum melahirkan.

  • Konsumsi Serat

Pada saat menyusui, Anda tentunya tidak akan melakukan diet ketat yang mengharuskan Anda untuk tidak makan makanan tertentu dan membatasi makanan Anda. Namun walaupun begitu, tentu tidak bijaksana juga kalau Anda memakan semua makanan, bukan? Ya, Anda bisa mengurangi porsi makanan yang mengandung lemak, cemilan kaya kalori seperti cookies, keripik, softdrink, donat dan lainnya. Nutrisi yang baik itulah yang diperlukan oleh Anda dan bayi Anda sehingga Anda harus mengatur pola makan Anda. Kesimpulannya, Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti sayur mayur dan buah-buahan. Anda pun harus melengkapi kebutuhan protein dan lemak sehat yang didapatkan dari ikan dan daging tanpa lemak.

  • Batasi Menonton Televisi

Menonton televisi akan membuat Anda tergiur untuk mengemil. Jika Anda menginginkan berat badan Anda normal kembali, sebaiknya hindari duduk terlalu lama di depan televisi. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi kemungkinan ngemil, sehingga berat badan Anda akan lebih mudah turun.

Nah, itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami, pasca melahirkan. Selamat mencoba, ya, Ladies… 😉 Semoga bermanfaat!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation