Mitos antara Mandi Malam dan Reumatik

Rematik1

Sering kita dengar wejangan atau nasihat dari orang-orang tua kita untuk jangan suka mandi malam karena bisa menyebabkan reumatik. Mitos atau faktakah hal tersebut?

Ternyata, mandi malam hari dengan air dingin BUKANLAH penyebab reumatik.  Dan perlu Anda ketahui bahwa penyakit reumatik bukanlah penyakit yang hanya menyerang orang lanjut usia.

Penyakit reumatik sendiri merupakan penyakit yang menyerang persendian dan anggota gerak terutama tulang, sendi, otot, dan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada sistem musculoskeletal (sendi, tulang, jaringan ikat, dan otot).

Ada berbagai macam jenis reumatik berikut ini (sumber www.intisolar.com/news/bahaya_reumatik_mandi_di_malam_hari_mitos_atau_fakta.html )

  1. Pengapuran Sendi (Osteoarthiritis) adalah pengapuran pada sendi yang disebabkan karena proses penuaan yang menyebabkan kerusakan rawan sendi.
  2. Radang Sendi Reumatik (Reumatoid Arthiritis) adalah suatu penyakit peradangan sistemik dan kronis yang penyebabnya tidak diketahui dan bermanisfetasi pada lapisan dalam sendi (membran sinovial persendian). Reumatoid Arthiritis ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan respon imun seseorang dengan dipengaruhi oleh faktor genetic.
  3. Pengeroposan Tulang (Osteoporosis) adalah suatu kondisi dimana jumlah jaringan tulang telah berkurang dan ada resiko yang besar untuk terjadi patah tulang. Osteoporosis merupakan penyakit tulang sistemik yang ditandai oleh penurunan densitas masa tulang dan perburukan arsitektur tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah (fraktur).
  4. Radang Sendi Asam Urat/ Pirai (Gout Arthiritis) adalah peradangan sendi akut yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam rongga sendi.

Jadi pada dasarnya mandi malam hari tidak ada kaitannya dengan nyeri persendian atau reumatik, tapi mandi malam jelas akan memperberat keluhan nyeri rematik. Artinya, bagi mereka yang ternyata sudah menderita rematik, tidak dianjurkan untuk mandi malam. Kalaupun memang ingin mandi, utamakan dengan air hangat.

Tetapi yang perlu diperhatikan adalah saat Anda mandi malam menggunakan air yang terlalu dingin dan terlebih lagi kondisi tubuh Anda sedang tidak dalam keadaan fit, dikhawatirkan

  • dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah (vasospasme) yang nantinya akan menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya seperti serangan jantung koroner, stroke, dan lain sebagainya.
  • dapat memicu penuaan dini. Ini dikarenakan saat dingin, tubuh akan masuk ke kondisi stress. Kondisi ini akan meningkatkan metabolismenya agar temperatur tubuh tetap normal dan meningkatkan aliran darahnya untuk mensuplai oksigen ke seluruh tubuhnya. Akibatnya, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori dan oksigen. Untuk mencukupi kebutuhan kalori tersebut, maka dibutuhkan asupan kalori lebih banyak yang akhirnya menimbulkan rasa lapar dan lapar. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan oksigen, orang tersebut akan bernafas lebih cepat. Makanan dan hasil metabolisme, walaupun menghasilkan energi yang dibutuhkan, cenderung menumpuk hasil metabolit berupa oksidan dalam tubuhnya. Jika hal itu terjadi bertahun-tahun lamanya, maka menyebabkan orang tersebut akan mengalami gejala layaknya orang yang sudah tua. Gejala yang paling umum adalah nyeri sendi.

Ladies, hindari kebiasaan mandi malam dengan air dingin ya.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Mitos antara Mandi Malam dan Reumatik

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation