Oil Cleansing Method, Membersihkan Minyak Dengan Minyak

memijat wajah dengan minyak

Membersihkan minyak di wajah dengan minyak? Bukannya malah akan menambah masalah karena wajah menjadi semakin berminyak? Terlepas dari pro kontra yang berkaitan dengan hal tersebut, pada kenyataannya, minyak ternyata ampuh digunakan untuk membersihkan minyak di wajah. Teknik membersihkan dengan menggunakan minyak tersebut dikenal dengan nama oil cleansing method atau OCM.

OCM merupakan cara membersihkan wajah dengan menggunakan campuran minyak. Minyak yang biasa digunakan dalam OCM adalah castor oil yang dicampur dengan carrier oil. Castor oil mengandung bahan pembersih yang baik untuk mengangkat kotoran, namun castor oil tidak disarankan digunakan dalam jumlah banyak karena bersifat mengeringkan wajah. Karena castor oil dapat membuat wajah menjadi kering maka harus dicampur dengan carrier oil yang berfungsi untuk melembabkan dan mengencerkan. Campuran dari carrier oil yang dapat digunakan adalah olive oil, grapeseed oil, rice bran oil, sunflower seed oil dan lain-lain.

Sebelum melakukan OCM, kenali terlebih dahulu jenis kulit anda agar dapat dibuat perbandingan yang tepat dalam mencampurkan minyak castor oil dengan carrier oil. Berikut ini takaran minyak yang harus digunakan sesuai dengan jenis kulit:
-Kulit berminyak : 30% castor oil + 70% carrier oil
-KUlit normal : 20% castor oil + 80% carrier oil
-Kulit kering : 10 % castor oil + 90% carrier oil

Biasanya OCM dilakukan pada malam hari. Lakukan OCM secara teratur 2-3 kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering melakukannya karena dapat membuat kulit menjadi terlalu kering

Berikut ini langkah-langkah melakukan OCM :
1. Mencampurkan castor oil dengan carrier oil sesuai dengan perbandingan yang sesuai dengan jenis kulit anda
2. Tuangkan campuran minyak secukupnya ke telapak tangan dan gosok-gosokan kedua telapak tangan hingga terasa hangat.
3. Usapkan telapak tangan berminyak tersebut ke wajah dan pijat-pijat wajah secara lembut dengan gerakan melingkar. JIka anda baru pertama kali melakukannya, biasanya anda dapat merasakan kotoran-kotoran kecil ikut keluar di permukaan kulit pada proses pemijatan.
4. Rendam handuk pada air hangat, peras dan letakkan handuk di atas wajah agar pori-pori wajah terbuka dan membantu mengeluarkan kotoran dari kulit wajah
5. Setelah handuk menjadi dingin, usap wajah dengan lembut, bilas handuk dengan air mengalir dan ulangi proses penguapan tersebut 2-3 kali. Jangan menggosok-gosok wajah, cukup usap dengan lembut agar kotoran terangkat.
6. Setelah selesai, bilas wajah dengan air dingin, keringkan wajah dan oleskan pelembab agar wajah tidak menjadi kering.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, OCM harus dilakukan secara rutin karena kulit yang cantik dan sehat tidak akan didapat dalam waktu semalam. Pada sebagian orang, OCM menyebabkan purging di awal pemakaian. Purging merupakan fase pengeluaran kotoran dari wajah yang seringkali berupa munculnya jerawat di kulit wajah. Lamanya purging tergantung dari banyaknya kotoran yang harus dikeluarkan melalui pori-pori wajah. Meskipun mengalami purging, sebagian orang tetap melakukan OCM hingga akhirnya purging berkurang dan kulit menjadi kenyal dan sehat.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation