Panduan Lengkap Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

cara alami menghilangkan flek hitam

Senyawa kimia yang berperan dalam pembentukan warna kulit manusia disebut melanin. Flek hitam atau bintik hitam disebabkan karena produksi melanin yang terlalu banyak pada suatu daerah. Ada juga kulit gelap pada wajah yang disebut dnegan hiper pigmentasi. Hal ini dapat terjadi karena paparan sinar matahari, hormon, atau efek samping dari pemakaian obat-obatan tertentu.

Sebenarnya flek hitam bukanlah kondisi yangs erius, namun kemunculannya sangat tidak diharapakan dan dapat membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Anda mungkin harus mengobati penyebab munculnya flek hitam menggunakan bahan kimia maupun menggunakan metode perawatan lainnya serta mencoba metode pencerah kulit kimia.

Langkah 1. Menemukan Penyebab Munculnya Flek Hitam
Pelajarilah mengenai penyebab munculnya bintik hitam. Munculnya bintik hitam dapat disebabkan karena beberapa faktor yang berbeda. Kenali penyebabnya. Berikut ini adalah tiga jenis hiperpigmentasi:

  • Lentigines : ini adalah bintik gelap yang disebabkan oleh paparan sinar UV dari matahari. 90% bintik ini biasanya dialami oleh seseorang yang telah berusia 60 tahun keatas tetapi banyak juga pria dan wanita yang jauh lebih muda memiliki bintik gelap ini. Bintik ini biasanya muncul begitu saja tanpa ada pola tertentu.
  • Melasma : jenis bintik gelap ini disebabkan oleh fluktuasi hormonal. Perempuan mungkin saja melihat bintik gelap muncul di pipi mereka saat terjadi perubahan hormon, seperti pada kehamilan maupun menopause. Bintik ini juga dapat disebabkan karena efek samping dari pil KB maupun perawatan terapi hormone. Melasma juga dapat terjadi sebagai akibat dari disfungsi tiroid.
  • Hiperpigmentasi pasca inflamasi (PIH) : ini adalah bintik gelap yang terjadi sebagai akibat dari trauma pada kulit. Bisa jadi karena psoriasis, luka bakar, jerawat, maupun perawatan kulit tertentu yang keras pada kulit.

Setelah mengetahui penyebab munculnya bintik hitam diatas, barulah anda dapat memilih metode pengobatan yang tepat untuk anda serta merubah gaya hidup untuk mencegah munculnya bintik hitam. Tanyakan pada diri anda apa kira-kira penyebab munculnya bintik hitam pada wajah anda.

Apakah anda senang berjemur dibawah sinar matahari? Atau sering sekali beraktivitas di bawah sinar matahari? Jika iya, maka sebaiknya memakai tabir surya sebagai perlindungan, karena jika tidak, kulit lebih rentan terkena fkek hitam. Perawatan disertai menghindari sinar matahari dapat menghilangkan hiperpigmentasi.

Apakah saat ini anda memiliki kondisi medis yang mengharuskan anda mengkonsumsi obat? Apakah anda hamil? Sedang mengendalikan kelahiran dan mengambil terapi hormon? Ada kemungkinan bintik hitam pada wajah anda merupakan tipe melakoma. Biasanya tipe ini lebih sulit untuk mengobati, tetapi tentu ada perbedaan metode pengobatannya.
Jika anda memiliki jerawat parah, operasi plastik, atau kondisi kulit dalam jangka panjang maka bintik hitamnya dapat disebabkan karena hiperpigmentasi pasca inflamasi. Pengobatan untuk bintik jenis ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus sabar.

Kunjungi dokter anda untuk diagnosis lebih lanjut. Dokter kulit akan memiliki lampu pembesar khusus yang dapat digunakan untuk melihat bintik gelap pada kulit serta melihat penyebab munculnya bintik hitam. Selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter biasanya juga akaan menanyakan gaya hidup anda untuk mengetahui masalah apaa yang terjadi pada kulit anda. Dokter akan menemukan tidakan terbaik untuk menghilangkan flek hitam dan mencegahnya muncul kembali.

Sejak hiperpigmentasi banyak dialami oleh kaum wanita, banyak sekali orang yang mencari pengobatan untuk menghilangkannya. Bahkan. Saat ini telah beredar produk yang mampu membuat bintik menghilang.pergi ke dokter kulit akan membantu anda mengetahui bahan apa yang cocok untuk kulit anda dan mana yang tidak.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Mentimun

Langkah Kedua : Menggunakan Pengobatan Yang Terbukti Ampuh
Cobalah melakukan pengelupasan kulit secara manual. Jika anda hanya memiliki bintik gelaps elama satu bulan saja, maka mungkin saja flek hitam yang anda alami hanya berada di permukaan saja, sehingga dengan pengelupasan kulit secara alami, noda inipun akan hilang. Pengelupasan sebenarnya adalah proses menghilangkan lapisan teratas kulit dan menggantinya dengan kulit baru ke permukaan.

Carilah pembersih exfoliating yang berisi partikel kecil nan lembut untuk menggosok kulit dan membantu mengelupas kulit bagian atas. Anda dapat membuat sendiri scrub exfoliating anda dengan mencampur almon mentah atau oatmeal kedalam pembersih biasa. Terapkan pada bagian yang memiliki flek hitam dengan gerakan melingkar.

Exfoliator listrik seperti clarisonic mampu menggali sedikit lebih dalam dari exfoliating biasa. Mereka dapat bekerja dengan lembut menggores sel kulit mati dari wajah anda. Anda dapat menemukannya secara online pada wajah anda.

Anda dapat juga menggunakan pengobatan asam topikal. Resepnya sangat mudah dan resep ini mengandung alpha hydroxyl acids, asam hidroksi beta atau retinoid. Penerapan asam yang berbeda inilah yang mampu menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati, yang memungkinkan sel segar untuk tumbuh, sehingga kulit mengalami peremajaan. Perawatan ini bahkan sangat ampuh untuk digunakan dalam pengobatan semua jenis hyperpigmentasi.

Asam alpha hydroxy termasuk asam glikolat, asam mandelic, asam sitrat, asam laktat, dan lain-lain. Asam ini sering berasal dari produk makanan lainnya. Mereka mengelupaskan kulit dengan sangat baik, tetapi cukup lembut untuk orang dengan kulit sensitif. Asam alpha hydroxyl biasanya ditemukan pada serum, krim, atau pelembab kulit. Asam beta hydrox juga dikenal sebagai asam salisilat yang merupakan bahan umum yang digunakan dalam pembuatan obat anti jerawat maupun perawatan kulit. Asam salisilat dapat diterapkan pada krim, serum, maupun pembersih kulit.

Asam retinoat juga dikenal sebagai tretinoin, atau Retin A. Asam retinoat adalah bentuk dari vitamin A. Bahan ini adalah bahan terbaik untuk perawatan jerawat dan flek hitam. Biasanya kandungan ini ditemukan pada krim pagi serta gel. Hanya dnegan resep dokter saja di Amerika Serikat.

Jika anda sedang mencari produk di sebuah counter kecantikan, anda harus melihat kandungan bahannya dan teliti dalam membeli. Pertimbangkan juga menggunakan chemical peel. Jika permukaan tidak cukup memudarkan flek hitam, maka anda mungkin bisa mempertimbangkan penggunaan krim kimia. Chemical peeling berguna untuk menghilangkan lapisan kulit atas anda. Mereka sering mengandung asam dalam konsentrasi yang tinggi mereka dibagi menjadi tiga tingkat kekuatan yakni ringan, menegah, dan mendalam.

Chemical peeling ringan biasanya meliputi asam alpha hydroxyl. Asam glikolat dan asam laktat adalah bahan yang umum digunakan untuk mengatasi flek hitam pada kulit. Kedua bahan ini dianggap ampuh untuk mengatasi flek hitam yang muncul.

Chemical peeling menengah termasuk TCA, atau asam trikloroasetat. Banyak yang merekomendasikan chemical peeling ini untuk mengatasi flek hitam pada wajah karena paparan sinar matahari. Untuk hasil terbaik, sebaiknya lakukan pengobatan ini dan ulanglah selama dua minggu sampai tempat dirasa sudah cukup pudar.

Chemical peeling ini sebaiknya tidak dilakukan untuk orang yang berkulit gelap, karena justru dapat membuat kulitnya lebih gelap. Kulit gelap ini justru muncul setelah perawatan.

Chemical peeling yang mendalam mengandung fenol atau karbol yang merupakan bahan aktif. Mereka sering digunakan untuk mengatasi keriput, tetapi juga untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari yang parah. Kulit fenol sangatlah kuat dan dikelola menggunakan anestesi. Untuk mengatasi maslaah flek hitam dengan metode ini, anda harus bersabar karena biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan hingga hasilnya terlihat.

Cobalah microdermabrasi. Microdermabrasi adalah prosedur kecantikan yang menggunakan kristal yang sangat halus untuk mengurangi flek hitam pada kulit anda. Perawatan biasanya perawatan dilakukan sebulan sekali dengan jangka waktu beberapa bulan.

Carilah dokter yang telah berpengalaman sebab jika anda salah memilih dokter, kulit anda akan terkena iritasi dan bahkan kulit anda bisa menjadi lebih buruk. Jika anda melakukan hal yang salah, maka anda akan kecewa dengan hasilnya. Microdermabrasi sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena kulit anda membutuhkan waktu untuk proses penyembuhan atau perawatan.

Jika membutuhkan perawatan yang lebih canggih, anda dapat menggunakan metode laser. Perawatan laser juga disebut dengan terapi Intense Pulsed Light (IPL), menggunakan cahaya cepat untuk menghancurkan flek hitam pada wajah. Pengobatan laser memang efektif, namun anda harus siap mengeluarkan biaya banyak untuk melakukan terapi ini.

Perawatan laser biasanya dilakukan jika semua cara telah dicoba dan dalam jangka waktu yang lama flek tak kunjung menghilang. Selain tiu juga menjadi pilihan terakhir apabila anda sudah mencoba pengobatan topikal, namun tidak kunjung membuahkan hasil serta pengobatan tidak mampu memberikan hasil.

Langkah Ketiga : Mencoba Pengobatan Dirumah
Menghilangkan flek hitam tidak harus selalu menggunakan perawatan yang mahal. Anda bisa menggunakan perawatan alami. Bahkan perawatan alami ini dapat anda lakukan sendiri dirumah. Menggunakan bahan alami tentu lebih aman dan kita akan terhindar dari resiko alergi atau resiko lainnya. Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam adalah:

Jeruk

  • Jika anda memiliki buah jeruk, cobalah gosok kulit dan menggunakan kulit jeruk. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C berlimpah yang dikenal dengan asam askorbat. Vitamin C membantu mengelupaskan lapisan atas kulit tanpa menyebabkan kerusakan.
  • Peraslah beberapa jus dan oleskan pada kulit anda. Perempuan telah menggunakan jus lemon langsung pada kulit mereka selama berabad-abad. Irislah buah jeruk, ambil airnya, lalu gunakan kapas untuk mengoleskannya pada flek wajah. Biarkan selama 20 menit, bilas. Ulangi sekali atau dua kali sehari.
  • Buatlah masker lemon dan madu untuk wajah. Campurkan jus lemon dengan 2 sendok makan madu. Aduk rata dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit lalu bilas.
  • Buatlah masker jeruk dan susu bubuk. Campurkan satu sendok teh air, susu bubuk, dan jus jeruk. Campur hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada wajah, lalu bilas.
  • Cobalah menggunakan vitamin E dan A yang berguna sebagai antioksidan yang kuat. Vitamin E mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dan memperkuat yang baru. Anda dapat menggunakan vitamin E sebagai penbobatan untuk flek anda dengan mengoleskannya secara langsung atau memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E.
  • Untuk digunakan mengobati flek, pijatkan secara lembut vitamin E pada bagian flek hitam. Dengan mengaplikasikannya secara teratur, flek anda akan memudar.
  • Untuk mendapatkan asupan vitamin E, perbanyaklah mengkonsumsi makanan berupa kacang-kacangan. Dengan memperbanyak konsumsi vitamin E, maka pengobatan dapat berjalan dengan optimal.

Pepaya

  • Buah papaya memiliki kandungan enzim papain yang membantu pengelupasan kulit dan membuka jalan bagi sel-sel baru untuk muncul. Papaya juga memiliki kandungan vitamin C dan E. Kupas dan buang bijinya, setelah itu, cobalah melakukan perawatan dibawah ini :
  • Irislah beberapa potong papaya, lalu berbaringlah dan biarkan papaya menempel pada bagian kulit yang terkena flek hitam. Biarkan selama 20-30 menit. Ulangi dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Cara kedua adalah dengan menjadikan papaya sebagai masker. Caranya dengan menghaluskan pepaya menggunakan blender hingga berbentuk pasta. Oleskan makser pada wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air.
  • Baca Juga : Cara Lengkap Membuat Masker Pepaya untuk Menghilangkan Flek Hitam

Lidah Buaya

  • Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanaman lidah buaya juga berguna untuk kecantikan. Lidah buaya merupakan pelembab yang sangat baik dan efektif untuk menyembuhkan kulit dari terbakarnya sinar matahari. Lidah buaya juga dapat membantu memudarkan flek hitam pada wajah. Jika anda memiliki tanaman lidah buaya, potonglah lidah buaya menjadi ukuran yang lebih kecil. Setelah itu ambil lendirnya dan terapkan langsung pada bagian yang memiliki flek hitam. Gel lidah buaya saat ini juga mudah ditemukan di toko-toko kosmetik.

Bawang Merah

  • Bawang merah merupakan bumbu masak yang selalu ditemukan di dapur-dapur rumah tangga. Bawang memiliki sifat asam yang bertindak untuk meringankan flek hitam pada kulit. Bawang merah ini patut anda coba apabila anda tidak memiliki jeruk lemon. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Blender bawang merah, lalu gunakan kapas untuk menyeka bawang pada flek hitam dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas.
Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation