Perawatan Rambut Para Hijabers

ctk75

Rambut yang tertutup jilbab bukan berarti tidak dirawat lho… Walaupun tidak terlihat, tapi rambut hijabers tetap perlu perawatan dan bahkan harus lebih diperhatikan. Apa saja perawatan tersebut?

1. Keramas secara teratur
Keramaslah dua sampai tiga kali seminggu secara teratur. Gunakanlah shampo yang sesuai jenis rambut sista. Kenakan juga conditioner dan hair tonik jika rambut sista bermasalah. Namun pastikan setelah keramas keringkan rambut sista terlebih dahulu sebelum mengenakan jilbab ya…

2. Jangan mengikat rambut terlalu kuat
Pada umumnya rambut akan diikat saat mengenakan jilbab untuk alasan kepraktisan dan agar tidak gerah. Pilihlah pengikat rambut yang lembut dan tidak terlalu kuat. Hindari penggunaan karet gelang karena dapat menarik rambut.

3. Menyisir rambut secara teratur
Rambut yang terikat saat mengenakan jilbab akan kusut jika tidak rajin disisir. Pilih sisir yang renggang dan lebih baik terbuat dari kayu agar rambut tidak rusak. Penyisiran selain akan membuat rambut jadi teratur juga akan membantu pengeluaran minyak alami dari kulit kepala sehingga rambut akan menjadi lebih lembut dan lembab.

4. Pilih bahan jilbab yang nyaman
Pilih bahan jilbab yang sirkulasi udaranya baik dan menyerap keringat. Jilbab yang panas atau bertumpuk-tumpuk akan menyebabkan rambut lepek dan berbau. Rambut yang lepek dan lembab akan memicu timbulnya ketombe dan kerontokan rambut. Penting juga diperhatikan bahan dalaman kerudung. Pilih dalaman kerudung yang simple, menyerap keringat, tidak panas, dan tidak terlalu kuat mengikat kepala.

5. Jaga kebersihan jilbab
Sebersih apapun rambut sista jaga, jika jilbab yang sista kenakan kurang dijaga kebersihannya maka akan berpengaruh juga terhadap rambut sista. Cucilah jilbab dan keringkan dengan baik. Ganti jilbab setidaknya setelah dua kali pakai. Untuk dalaman jilbab gantilan setiap hari karena lebih banyak terkena keringat. Pastikan juga tempat penyimpanan jilbab tersebut telah tepat. Jangan menyimpan jilbab di tempat yang lembab sebab akan memicu pertumbuhan jamur.

6. Segera lepas jilbab
Setelah selesai beraktivitas, di rumah segeralah lepas jilbab dan angin-anginkan rambut sista. Rambut yang seharian terbungkus jilbab jika tidak segera diangin-anginkan akan memicu pertumbuhan jamur dan ketombe. Apalagi jika ikat rambutnya tidak segera dilepas, rambut akan lepek dan mudah rontok.

7. Lakukan perawatan rambut
Walaupun tidak terlihat, tetapi tetap boleh mendapat perawatan ekstra. Lakukanlah creambath, hair spa, hair mask, dan berbagai perawatan rambut lainnya. Rambut tertutup bukan berarti tak akan ada seorangpun yang melihat bukan? Pasangan sista tentu tetap menginginkan rambut sista tampak indah terawat untuknya.

So, ladies. Jangan ragu lagi untuk berhijab. Hilangkan anggapan bahwa hijab akan merusak rambut. Asal dirawat dengan baik, rambut akan tetap cantik koq. Apalagi jilbab dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar UV dan berbagai polusi.

Tips Cantik Lainnya

Ada 2 komentar untuk artikel “Perawatan Rambut Para Hijabers

  1. vivien rimalina on May 4, 2013 at 2:23 am said:

    Kenapa rambut saya setelah saya berhijab jadi keriting?
    Apakah itu bermasalah pada cara saya mengikat rambut atau saat memakai ciput? Mohon bantuannya.

  2. vivien rimalina on May 4, 2013 at 2:25 am said:

    kenapa setelah berhijab rambut saya jadi keriting?

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation