Plus Minus Penggunaan Kawat Gigi (Behel)

ctk66

Saat ini penggunaan kawat gigi alias behel bukan lagi hal yang aneh. Jika sebelumnya kawat gigi dikenakan hanya untuk keperluan medis, kini telah memiliki fungsi lain yakni penambah gaya. Tak sedikit yang bahkan memilih kawat gigi yang berharga murah hanya demi memamerkan belitan kawat di giginya.

Kawat gigi merupakan jenis perawatan ortodonti atau pengobatan yang bertujuan memperbaiki letak gigi yang tidak beraturan. Beberapa permasalahan yang paling umum memicu perawatan menggunakan kawat gigi adalah orang yang memiliki mulut kecil, gigi tonggos, gigi yang terlalu rapat atau bahkan terlalu jarang, serta bagi yang memiliki gigi miring atau tidak sejajar.

Perlukah menggunakan kawat gigi?
Jika sista memiliki problem yang mengganggu fungsi gigi dan mulut atau krisis kepercayaan diri akibat bentuk gigi dan mulut yang kurang estetis, maka konsultasikanlah kepada dokter gigi. Utamakan untuk memilih dokter gigi spesialis ortodonti. Dokter spesialis ini akan memberikan masukan dan saran terbaik mengenai tindakan yang diperlukan gigi sista.

Kawat gigi sah-sah saja digunakan sebagai pelengkap fashion atau istilah gaulnya gaya-gayaan. Dokter gigi pun tetap bersedia memasangkan kawat gigi tersebut untuk sista. Tapi sebelum melakukannya, simak sisi positif dan negatif dari penggunaan kawat gigi berikut ini.

Keuntungan penggunaan kawat gigi
Gigi rapi sehingga paras menjadi lebih enak dilihat. Gigi rapi membuat sista dapat tersenyum dengan bebas dan percaya diri. Bukankah senyum adalah kunci keindahan paras dan daya tarik tersendiri terutama bagi wanita?

Menghindari tidak terjangkaunya sela-sela gigi pada saat menyikat gigi. Gigi yang berjejal akan menimbulkan ruang-ruang kecil dan menyebabkan sisa makanan mudah terselip. Sisa makanan tersebut akan sulit dibersihkan dan akibatnya akan muncul masalah gigi yang baru yakni gigi berlubang dan bau mulut. Gigi yang rapi akan memudahkan sikat gigi menjangkau sisa-sia makanan yang terselip. selain itu, gigi rapi tentu juga akan membuat sisa makanan sulit terselip di sela-sela gigi.

Bisa merubah rahang yang asimetris. Pemasangan kawat gigi tidak hanya dapat memperbaiki susunan gigi, tapi juga rahang. Oleh karenanya pastikan sista mendapatkan penanganan dokter ahli agar bentuk rahang sista berubah ke arah yang tepat.

Kerugian penggunaan kawat gigi
Menimbulkan nyeri dan sariawan. Kawat gigi merupakan benda asing dan bukan barang lunak sehingga ketika dipasangkan ke dalam mulut tentu akan menyebabkan gesekan-gesekan di dalam rongga mulut. Gesekan-gesekan ini tentu akan menimbulkan rasa nyeri dan luka pemicu sariawan.

Membutuhkan biaya yang tidak murah. Biaya pemasangan kawat gigi memang sangat tergantung pada daerah tempat praktek dokter gigi, tingkat kesulitan perbaikan gigi, kualitas kawat gigi, dan tingkat keahlian dokter pemasang kawat gigi. Namun, biaya pemasangan kawat gigi termurah adalah dua juta rupiah sampai sekitar belasan juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk biaya kontrol per tiga minggu, scalling, rontgen, rekam wajah dan bentuk kepala, dll.

Perlu kedisiplinan tinggi pasca pemasangan kawat gigi. Hal ini karena setelah kawat gigi terpasang makanan akan mudah terselip. Sista harus rajin-rajin membersihkannya jika tidak ingin cepat timbul karang gigi. Pengguna kawat gigi juga harus disiplin dalam pemilihan makanan. Mereka harus menghindari makanan keras dan liat. Kawat gigi juga tidak boleh dilepas sembarangan ya, sist, berbahaya. Hanya dokter yang boleh mengutak-atik kawat gigi yang telah terpasang.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation