Rahasia Mengendalikan Krisis Percaya Diri

minder

Ada masanya kita begitu antusias dan bersemangat dengan pekerjaan. Namun tidak jarang pula, saat kita beranjak dari kasur untuk berangkat ke kantor pun kita merasa segan, bahkan pekerjaan terasa salah semua dan pesimis seakan melanda.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab menurunnya kepercayaan-dirian Anda dalam bekerja. Misalnya beberapa hari terakhir ini, atasan Anda sering komplain. Atau mungkin membuat Anda tidak punya banyak waktu untuk diri Anda sendiri. Bisa juga Anda tidak menempatkan fokus dengan baik. Selain itu, hormon juga bisa mempengaruhi kondisi mood Anda sehingga Anda merasa pesimis dan kurang percaya diri.

1. Sering berpikir yang ‘tidak-tidak’ tentang diri kita.
Jangan pernah memandang sebelah mata terhadap diri kita. Semua yang kita miliki adalah anugerah Tuhan yang pasti ada manfaatnya. Kita harus percaya akan kemampuan kita sendiri terlebih dahulu.

2. “Takut Salah” bisa membuat kita tidak maju.
Jika kita selalu takut salah dalam melakukan sesuatu alias paranoid, maka pastinya kita tidak akan pernah bisa berhasil. Janganlah takut salah! Karena kesalahan sebenarnya adalah langkah awal menuju keberhasilan.

3. Jika kita bergaul dengan pengecut, otomatis kita juga akan jadi pengecut, pergaulan bisa mempengaruhi kepribadian kita.
Yakinlah, sedikit banyak, rasa kepercayadirian kita sangat dipengaruhi oleh lingkungan dimana kita berada. Oleh sebab itu, pandai-pandailah mencari teman atau pergaulan yang memiliki kepercayaan tinggi. Hal ini bertujuan agar kita bisa menyerap ‘cara berpikir’ mereka yang bisa membuat mereka menjadi confindence dan berhasil!

4. Tidak perlu terpengaruh pendapat orang lain.
Kita seringkali terpengaruh dengan pendapat orang lain. Sayangnya, tidak semua pendapat itu benar. Pendapat atau masukan dari luar boleh saja kita tampung. Tugas kita adalah mengolahnya, sekaligus sebagai evaluasi diri. Jika ada pendapat yang justru membuat kita menjadi mundur dan tidak berhasil, maka kita perlu menolaknya, tanpa perlu terpengaruh oleh pendapat itu. Singkat kata, hilangkan jauh-jauh rasa minder dalam diri kita. Kita tidak perlu resah dengan kekurangan yang ada. Jika ada melakukan kesalahan, tinggal perbaiki kesalahan yang dibuat, dan jadikan kesalahan itu sebagai pengalaman. Kesalahan adalah guru yang menyemangati kita untuk memperbaikinya.

 

Berikut ini beberapa rahasia semoga bisa mengendalikan kembali rasa percaya diri Anda yang sedang krisis:

1. Catatan Harian.

Menulis setiap hari membuat Anda melakukan refleksi diri setiap hari. Refleksi harian atau catatan diary dapat membantu menguatkan apa yang Anda ketahui, apa yang Anda pelajari, dan apa yang masih perlu Anda perhatikan.

2. Reka Ulang.

Jika sesuatu terjadi diluar dugaan Anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri Anda. Mungkin anda menumpahkan minuman Anda, keliru menjalankan intruksi, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang Anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi diri kita sendiri.

3. Tunjukkan rasa terima kasih.

Tuliskan setiap hari setidaknya 5 hal yang membuat Anda merasa harus berterima kasih dan bersyukur atas apa yang dapatkan atau rasakan hari itu. Ini akan membantu perasaan Anda serta memperkuat karakter yang akan terwujud dalam rasa percaya diri dan dapat melegakan perasaan Anda.

4. Gunakan penegasan.

Tulis keinginan Anda dan bagaimana mewujudkannya dalam sehari-hari. Misalnya, “Saya ingin lebih percaya diri setiap hari.” atau “Semangat! Saya pasti bisa!” Ucapkan di depan cermin, atau rekam suara Anda. Dengar kembali setidaknya satu kali sehari.

5. Ungkapkan.

Sebenarnya menahan apa yang ingin dikatakan karena takut bagaimana orang akan menerima kita dapat mematahkan rasa percaya diri. Jangan ragu untuk mengungkapkan apa yang Anda pikirkan atau sukai.

6. Ambil risiko setiap hari.

Cara terbaik untuk mendukung rasa percaya diri adalah dengan mulai melakukan hal-hal yang selama ini Anda takuti. Ketika Anda berhasil melakukannya, hal itu dapat membantu menaikkan kepercayadirian Anda.

7. Memulai hubungan baru.

Identifikasilah orang yang Anda kagumi. Anda bisa menjadikannya sebagai guru. Cari orang yang akan menemani Anda melewati suka dan duka, hal itu membuat Anda merasakan bahagia dan merasa diterima, juga dihargai. Perasaan bahagia akan membantu Anda mengendalikan krisis percaya diri.

8. Selalu perkaya diri kita dengan ilmu.

Dengan memiliki banyak ilmu, otomatis kekurangan kita bisa tertutupi oleh kelebihan lain yang kita miliki! Begitu banyak orang yang tidak menyadari ‘sleeping giant’ dalam dirinya. Potensi dahsyat dan besar yang sering diabaikan oleh alam pikirannya sendiri, yaitu perasaan minder

Tips Cantik Lainnya

Maaf ya, komentar untuk artikel ini tidak disediakan.

Post Navigation