Sariawan, Si Kecil yang Bikin Perih

ctk64

Apa sih sariawan itu?
Sariawan adalah keadaan luka pada selaput lendir mulut yang warnanya putih kekuningan dengan bentuk agak cekung. Sariawan ini biasanya disertai rasa sakit (karena luka), apalagi ketika makan makanan yang pedas tepat mengenai daerah luka tersebut. Sangat tidak menyenangkan bukan ketika sista makan justru terasa tidak nikmat karena sedang sariawan?

Penyebab sariawan
1. Kekurangan vitamin C
Vitamin C sangat berperan dalam daya tahan tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin C, maka ketika luka akan mudah terserang kuman dan akibatnya timbul sariawan.
2. Luka di mulut
Luka membuat bakteri mudah menyerang. Serangan bakteri itu akan menimbulkan infeksi yang berubah menjadi sariawan. Luka dapat timbul karena tergigit atau tekanan benda asing seperti sikat gigi atau kawat gigi.

Pencegahan
1. Cukupi asupan vitamin C.
Kebutuhan vitamin C sehari sebenarnya hanya 60 mg, tapi dengan banyaknya radikal bebas yang kini mengancam, maka kita perlu dosis lebih dari itu. Tapi jangan mengkonsumsi vitamin C berlebih ya… nggak bagus juga buat ginjal.

2. Hindari timbulnya luka di mulut.
Luka adalah awal terbentuknya sariawan. Jangan makan terburu-buru sampai area mulut tergigit. Hindari juga tekanan atau gesekan pada membran mukosa area mulut.

3. Menjaga kebersihan area mulut
Jika area mulut sista bersih, maka bakteri tidak akan mampu menyerang luka yang timbul.

Pengobatan alami
1. Kopi bubuk
Ambil kopi bubuk lalu bubuhkan pada bagian yang terkena sariawan. Tunggu beberapa saat kemudian berkumurlah dengan air biasa untuk membersihkan sisa kopi tersebut. Lakukan proses ini terus menerus selama 2-3 hari sampai sembuh.

2. Air kelapa muda
Berkumurlah dengan air kelapa muda jika terjadi sariawan. Pilihlah kelapa muda yang hijau untuk hasil yang lebih baik.

3. Jambu air
Ambil kulit batang jambu air yang masih muda kira-kira 10 gram. Bersihkan dan hancurkan dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan setengah gelas air matang. Saring dan gunakan airnya untuk berkumur.

4. Jarak Pagar
Potong tangkai jarak pagar, kemudian tunggu hingga getah keluar pada bagian ujung tangkai jarak pagar, setelah itu teteskan pada sariawan. Lakukan 3 kali sehari sampai sariawan sembuh total.

5. Air garam
Kandungan garam akan menarik cairan pada luka sariawan. Selain itu air garam dapat membantu mematikan bakteri. Gunakan air hangat yang dicamput dengan garam, dan pakai berkumur tiga kali sehari.

6. Bawang dan pepaya
Gunakan bawang mentah atau pepaya langsung pada luka sariawan.

7. Daun Sirih
Selain dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut. ternyata daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Ini karena sirih memiliki sifat antiseptik. Caranya cukup mudah, rebuslah daun sirih yang telah di campur dengan garam dalam panci tertutup. Setelah itu jadikan sebagai obat kumur.

8. Jus tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, buatlah jus tomat atau makanan seperti sambal untuk menikmati tomat, sebab banyak orang yang tidak menyukai tomat di konsumsi secara langsung.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation