Tips Agar Anak Tidak Rewel Ketika Ditinggal Bekerja

kebersamaan bersama si kecil

Jika anda seorang wanita karir dan mempunyai anak balita, tentu pernah mengalami saat-saat dimana anak anda menjadi lengket sekali pada anda jika anda baru saja pulang kerja. Kadang-kadang anak anda juga menjadi rewel atau menangis meraung-raung menjelang keberangkatan anda menuju ke kantor.

Sebenarnya perasaan semacam itu wajar saja dialami oleh anak balita karena ia ingin selalu dekat dengan ibunya. Namun agar buah hati anda tidak terlalu tergantung pada anda, berikut ini tips yang dapat anda lakukan seperti yang dilansir oleh ParentsGuide:

1. Memberikan alasan kepergian anda
Berikan pengertian kepada anak bahwa anda sedang pergi untuk bekerja. Berikan pula pemahaman sederhana bahwa dengan bekerja anda akan mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhannya seperti mainan, baju baru, sepeda baru dan lain-lain.

2. Pergi dengan baik
Kadang kala anda meninggalkan rumah secara diam-diam agar anak anda tidak mengetahui kepergian anda. Jangan membiasakan melakukan hal tersebut karena hanya akan menyelesaikan masalah sesaat dan anda besok pun akan pergi lagi untuk bekerja. Berpamitanlah dengan anak secara baik-baik, jelaskan anda akan pergi bekerja dan pulang nanti sore. Anda juga dapat mengajak anak berjalan-jalan mengitari kompleks sebelum berangkat bekerja agar hati anak lebih riang. Lakukan hal tersebut hingga anak terbiasa dan mengerti tentang kepergian anda. Berpamitan juga dapat memberikan contoh pada anak agar selalu berpamitan terlebih dahulu sebelum berangkat bekerja.

3. Berikan perhatian penuh di waktu luang anda
Jika anda mempunyai waktu luang di kantor, sempatkan untuk menelpon anak anda dan menanyakan hal-hal kecil yang membuat anak merasa diperhatikan oleh anda. Anak akan tahu bahwa anda tidak melupakannya dan tetap memperhatikannya meskipun anda sedang tidak berada di sampingnya. Sepulang bekerja, curahkan perhatian anda kepada anak dengan melakukan kegiatan yang membuat anak merasa gembira seperti membacakan cerita untuknya atau menyusun puzzle bersama.

4. Meminta waktu untuk diri anda
Ajarkan tentang kesabaran terhadap anak anda terutama jika anda sedang mengerjakan sesuatu di rumah. Mintalah agar anak sabar menunggu anda menyelesaikan urusan. Anda juga dapatmengajak anak untuk terlibat dalam pekerjaan rumah yang sedang anda lakukan misalnya memintanya untuk membantu membuang sampah.

5. Berikan hadiah untuknya
Anak-anak selalu suka dengan kejutan dan hadiah-hadiah kecil. Berikan hadiah kecil seperti jepit rambut, pensil warna, stiker, atau baju sebagai hadiah untuk anak anda, apalagi jika anak anda telah bersikap baik dan tidak rewel selama kepergian anda. Hadiah kecil itu akan membuat anak anda merasa dihargai dan tetap disayang oleh bundanya.

Nah, terapkan tips tersebut secara konsisten dan jangan lupa waktu terbaik untuk anak anda ada dalam kualitas kebersamaan anda dengannya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation