Tips Kecantikan Untuk Kulit Wajah Berminyak

ctk140

Kulit wajah yang berminyak merupakan akibat dari peningkatan produksi sebum yang sebenarnya merupakan penjaga kulit agar terhindar dari dehidrasi. Produksi sebum berlebihan ini umumnya terjadi ketika tubuh mengalami gejolak hormonal seperti pada masa puber.

Sebenarnya kulit berminyak itu normal dan bahkan cenderung bagus, tapi apabila minyak muncul berlebihan akan membuat wajah tampak tidak segar dan kusam. Selain itu kelebihan minyak pada wajah juga berkontribusi terhadap kemunculan jerawat. So, simak tips berikut ini untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Hindari kekeringan
Mencuci wajah memang mampu mengurangi minyak pada wajah. Tapi, mencuci wajah dengan air hangat, sabun wajah yang keras, dan menggosok wajah terlalu keras dapat membuat kulit menjadi ekstra kering. Kulit akan memproduksi lebih banyak sebum apabila terjadi kekringan berlebih, akibatnya kulit pun menjadi lebih berminyak.

Penggunaan kosmetik atau pembersih yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan kemunculan minyak berlebih. Cucilah wajah sista dengan air biasa, sabun yang lembut, dan hindari menggosok wajah terlalu keras. Bersihkan wajah di pagi hari dan sebelum tidur ya…

Pelembab
Tidak mengenakan pelembab juga dapat menyebabkan kekeringan pada wajah. Menggunakan pelembab yang salah juga dapat menyebabkan kulit berminyak semakin memburuk. Pilihlah pelembab yang oil-free untuk mengatasinya. Agar memperoleh efek optimal, pilih pelembab yang mengandung oatmeal sebagai bahan utama. Oatmeal meringankan dan mencerahkan wajah tanpa membuatnya kekeringan.

Gunakan pelembab yang mengandung asam alfa lipoat yang mengurangi minyak pada wajah. Menggunakan pelembab pada wajah merupakan ritual kecantikan rutin yang tidak boleh terlupakan ya, sist.

Kenakan makeup yang tepat
Foundation krim dan bedak padat biasanya berbahan dasar minyak, yang dapat menambah kesan dan tampilan berminyak pada wajah. Maka, pilihlah bedak tabur agar wajah terbebas dari minyak. Kenakan bedak tabur saat kulit wajah sista mulai terasa berminyak. Pilih juga foundation yang shade warnanya lebih terang dari warna kulit sista untuk menghindari efek kusam karena minyak.

Strategi dalam mengenakan makeup
Gunakan makeup yang berkilau secukupnya untuk memberikan efek bercahaya pada wajah. Gunakan juga blotting paper atau kertas minyak sebelum mengenakan makeup. Kertas minyak adalah kertas yang memiliki daya serap tinggi yang didesain untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit. Untuk menggunakannya, cukup tempelkan kertas minyak pada kulit lalu tekan-tekan dengan lembut (jangan mengusap atau menggosokkannya pada wajah). Kenakan kertas minyak sepanjang hari ketika kulit wajah sudah mulai tampak berminyak. Kertas minyak tidak akan menambah produksi minyak sebab cara kerjanya hanyalah dengan menyerap kelebihan minyak, bukan dengan menghambat produksi minyak.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation