Tips Memilih Bra yang Tepat

CTK48-tips memilih bra

Bra merupakan pondasi atau dasar busana untuk wanita. Memilih bra atau penutup dada yang nyaman sangat penting bagi wanita. Selain untuk kesehatan payudara itu sendiri, pemilihan bra yang nyaman dan benar akan menunjang penampilan dalam berbusana.

Apabila dipandang dari segi kesehatan, memilih bra yang benar dapat menghindarkan sista dari kerusakan payudara, iritasi kulit payudara, sampai sesak nafas. Sedangkan dari segi estetika, pemilihan bra yang benar akan membantu menyangga dan menjaga bentuk, ukuran, dan tekstur keindahan payudara. Sebelum membeli bra, pastikan tips-tips berikut ini sista terapkan:

1. Periksalah bagian bawah bra. Bagian tersebut harus menyangga payudara tetap di tempatnya dan juga membuat sista merasa nyaman. Cara memeriksanya, masukkan jari sista ke bagian bawah (dalam) bra saat dikenakan. Jika sista sulit atau tidak dapat menggerakkan jari, sebaiknya cari bra dengan ukuran yang lebih besar. Jari yang sulit bergerak dalam bra bagian bawah, menandakan ukuran bra terlalu kecil bagi payudara sista. Peredaran darah kurang lancar jika kita memakai penutup dada yang ketat.

Jangan pula sengaja mengenakan bra yang kecil hanya untuk memberi ilusi belahan dada. Ini bisa menyebabkan kerusakan dan memar pada jaringan payudara yang sensitif. Memilih bra dengan ukuran cup yang bisa menampung seluruh payudara (tidak membuat payudara menyembul di bagian atas atau bawah, dan tidak menyembul di sisi kiri atau kanan akan membuat sista merasa lebih nyaman, dan terlihat bagus saat mengenakan busana.

2. Saat memilih bra, cek underwire (kawat penyangga)-nya. Underwire harus pas dengan tulang rusuk dan tidak membuat kulit payudara lecet. Selain itu underwire jangan sampai mencapai daerah dekat ketiak.

3. Pilih bra dengan tali yang agak lebar, kokoh alias tidak mudah melar, tapi tetap nyaman di pundak sehingga bisa menopang payudara dengan baik. Apalagi jika sista memiliki payudara besar, tali bra harus benar-benar diperhatikan ya. Untuk menopang payudara dengan baik, sebaiknya memilih bra yang memiliki tali pengait yang letaknya lebih rendah pada bagian punggung.

4. Pilih bra berbahan katun atau serat mikro yang nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, karena bahan tersebut mengikuti bentuk tubuh dan berpori-pori sehingga kulit bisa leluasa bernafas.

5. Pilih Bra Berdasarkan Bentuk & Ukuran Payudara
– Payudara Mungil
Pemilik payudara mungil bisa memilih push up bra yang didesain untuk mengangkat payudara dan lebih membentuk lipatan di tengah payudara. Bra jenis ini mengangkat payudara dengan padding yang biasanya terbuat dari busa.
Bisa juga dengan mengenakan padded bra, yang terdiri dari padding busa di dalam cup-nya. Bra jenis ini Didesain khusus untuk memberikan ilusi dada lebih berisi bagi wanita berpayudara mungil.
– Payudara Sedang, Bulat dan Padat
Pemiliknya disarankan memilih bra dengan kawat penyangga dan tali atau strap yang cukup lebar sehingga payudara tidak mudah kendur atau turun. Penggunaan cup busa atau yang ber-padding akan membuat tampilan payudara lebih besar dari aslinya.
– Payudara Besar dan Bulat
Pilih bra dengan lingkar cup yang nyaman. Memiliki kawat penyangga dan bertali besar agar payudara tidak mudah kendur. Hindari memilih bra dengan padding yang tebal, bermangkuk mancung dan banyak renda, karena membuat payudara terkesan lebih besar dari aslinya. Pilih full cup sehingga bisa menyangga semua bagian payudara.
– Payudara Panjang dan Oval
Pilih bra dengan kawat penyanggh, cup berpadding di bagian bawah untuk menyangga payudara. Bra bermangkuk membuat tampilan payudara lebih bulat, berisi, dan membungkus payudara lebih baik.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation