Tips Mempertajam Daya Ingat

dayaingat

Sudah lazim orang tua biasanya identik dengan pelupa, susah  mengingat atau pikun. Namun zaman sekarang, PELUPA tidak hanya menghinggapi kaum lanjut usia atau orang-orang tua, tetapi juga kalangan muda. Bisa jadi hal itu disebabkan karena pola hidup yang salah, faktor makanan, dan tingkat kestresan yang cukup tinggi.

Banyak mereka yang mengkonsumsi suplemen sebagai penambah daya ingat otak agar tetap memiliki pikiran yang tajam. Sebenarnya suplemen otak seperti melatonin dan ginkgo globa tersebut tidak menjamin terbebas dari efek samping. Padahal pikiran tajam tetap bisa didapat tanpa suplemen-suplemen sejenis itu.

1. Mencium Wangi Bunga.
Banyak studi yang telah menunjukkan bahwa orang yang sering mencium wangi bunga bisa berpikir 17 persen lebih cepat. Selain itu aroma bunga juga dipercaya bisa menghilangkan stress. Anda boleh mencoba menaruh bunga di meja kerja Anda.

2. Bermain Game Asah Otak.
Mengisi teka-teki silang atau bermain sudoku dan brain juice dapat melatih daya ingat Anda dan supaya menjaga kualitasnya tidak menurun.

3. Mengunyah.
Mengunyah dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang mengontrol memori. Anda bisa mengunyah permen karet sambil membaca buku atau melakukan aktivitas harian Anda.

4. Mengkonsumsi Green Tea.
Green tea juga dapat menajamkan kemampuan otak. Green tea memiliki kandungan anti oksidan tingi yang akan memerangi radikal bebas yang dapat menyerang syaraf otak. Berdasarkan penilitian, minuman ini juga telah terbukti bisa menghambat enzim penyebab Alzheimer.

5. Memainkan Alat Musik.
Bermain musik dapat meningkatkan ketajaman berpikir. Berlatih musik rutin selama setahun membantu daya pikir dan membuat daya ingat menjadi lebih baik. Bagi Anda yang hobi main alat musik, tentu tips ini menyenangkan.

6. Memasukkan Perasaan Ke Dalam Ingatan.
Sesuatu yang diingat dengan perasaan akan sulit untuk dilupakan.

7. Mulailah Gaya Hidup Sehat.
Dengan mengonsumsi makan makanan yang mengandung zat thiamine, riboflavin dan vitamin B dapat meningkatkan kecerdasan otak. Lalu jangan biasakan tidur larut malam, karena kurang tidur juga dapat menurunkan daya ingat Anda.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation