Tips Menghadapi Bos Yang Menyebalkan

bos menyebalkan

Bekerja di kantor dan mempunyai atasan memang menuntut kita untuk lebih banyak mengikuti arah atasan yang dianggap lebih “berkuasa” dan lebih senior dibandingkan kita. Tak jarang kita bisa mengalami saat-saat yang tidak menyenangkan karena perilaku dan sikap buruk dari atasan kita. Hal tersebut bisa membuat kita menjadi kurang bersemangat untuk bekerja hingga akhirnya menurunkan produktivitas kerja anda.

Nah, jika anda mempunyai atasan yang menyebalkan atau tidak menyenangkan, yuk cek tips-tips di bawah ini, siapa tahu bermanfaat untuk anda sebagai bekal menghadapi atasan yang menyebalkan:

1. Perhatikan kebiasaan dan sikap atasan
Selalu ada alasan di balik sikap buruk atasan terhadap kita. Perhatikan kebiasaan atasan selama beberapa hari untuk melihat bagaimana ia mengatasi situasi dengan baik atau malah justru kehilangan kontrol ketika menghadapi situasi yang buruk. Mengenali sikap dan kebiasaan atasan dapat membuat kita lebih memahami bagaimana caranya mengontrol diri.

2. Jaga Produktivitas kerja anda
Meskipun atasan anda menyebalkan dan menyulitkan, cobalah untuk tetap menjaga produktivitas anda. Memang terlihat sulit apalagi jika kita merasa tertekan oleh sikap atasan. Namun jangan sampai produktivitas kerja anda menurun sehingga anda tampak “buruk’ dan atasan punya alasan untuk memecat anda. Kecuali jika anda memang ingin dipecat 🙂

3. Selalu siap lebih dulu
Inisiatif dan perilaku antisipatif sangat bagus untuk diterapkan dalam menghadapi bos yang menyebalkan. Selalu tampak siap dan bertanggungjawab dalam pekerjaan membuat atasan sulit untuk mencari-cari alasan dan pembenaran untuk bersikap menyebalkan terhadap anda.

4. Menunggu
Konflik juga dapat dipicu oleh sempitnya waktu. Artinya, jangan terburu-buru dan gegabah dalam menghadapi suatu persoalan dengan atasan. Pikirkan baik-baik dan bicaralah pada saat yang tepat.

5. Kenali keadaan
Jika anda bekerja di tempat yang baru, banyak-banyaklah bergaul dan bersikap ramah terhadap karyawan lama. Hal tersebut akan mempermudah anda beradaptasi dengan budaya kantor yang baru dan tentu saja siap jika kemungkinan mendapatkan atasan yang berkelakuan buruk

6. Kenali pemicunya
Jika atasan anda suka dan terlalu sering marah-marah. cobalah untuk belajar mengenali hal apa saja yang dapat memicu kemarahannya. Atau jangan-jangan atasan memang hobi marah tanpa sebab? Belajarlah untuk mengabaikan hal tersebut dan tahan banting karena seharusnya anda tahu bahwa bukan anda yang memicu kemarahannya.

7. Ungkapkan ketidaksepahaman
Jika anda sudah menjalin hubungan atasan-bawahan yang cukup lama dengan bos anda, cobalah untuk berani mengungkapkan ketidaknyamanan anda. Jangan-jangan selama ini masalahnya hanya karena tidak sepaham? Ketidaksepahaman tersebut dapat diungkapkan secara bergantian, saling mendengarkan dan saling mencoba melihat sudut pandang masing-masing agar emndapatkan pemahaman yang baru

8. Rapi dan teratur
Atur semua dokumen dengan rapi dan sigaplah ketika atasan sewaktu-waktu memberikan pekerjaan kepada anda.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Tips Menghadapi Bos Yang Menyebalkan

  1. maya dinihariyanti on October 10, 2013 at 9:13 am said:

    suka sm isinya..

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation