Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

ctk74

Tidur nyenyak di malam hari sangatlah penting. Orang-orang yang sulit tidur (insomnia) atau tidur malamnya tidak nyenyak akan mengalami beberapa gangguan fisik dan emosional. Gangguan fisik yang dapat dialami adalah sakit kepala, migrain, gangguan pencernaan, letih dan lesu, serta mata merah. Sedangkan gangguan emosional yang dapat terjadi adalah sulit berkonsentrasi, temperamental, mood menurun, dan bahkan pada beberapa kasus menjadikan seseorang mudah menangis.

Lalu bagaimana jika sista terlanjur insomnia atau sulit tidur nyenyak? Coba deh tips-tips berikut ini:

1. Rajin berolahraga
Dengan rajin berolahraga, aliran darah akan berjalan lancar. Kelancaran aliran darah sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Oleh karenanya, rutinlah berolahraga terutama setiap pagi. Udara segar yang masuk ke dalam paru-paru saat pagi hari juga akan membantu kecukupan oksigen dalam tubuh sehingga akan menjalani hari dengan segar.

2. Tentukan jam tidur
Tidurlah pada jam yang sama setiap harinya. Tubuh yang sudah terbiasa tidur pada jam-jam tertentu, akan otomatis membuat sista mengantuk pada jam tersebut. Tidur pada jam yang sama akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik juga.

3. Buatlah ritual sebelum tidur
Gosok gigi, cuci kaki, cuci muka, mengenakan krim malam atau hand and body lotion, merupakan ritual yang bisa sista pilih. Dengan membiasakan ritual tersebut, tubuh akan otomatis mengantuk saat sista melakukannya.

4. Rileks sebelum tidur
Kosongkan pikiran sebelum tidur! Memikirkan masalah sebelum tidur tidak akan membuatnya terselesaikan bukan? Rilekskan juga rahang sista dengan tidak menempelkan gigi atas dan gigi bawah sista. Rileks sangat penting untuk membuat tidur sista nyenyak.

5. Nyamankan diri
Bisa dengan cara mengenakan pakaian longgar, menyalakan AC atau kipas angin jika udara panas, dan mengenakan selimut jika udara terasa dingin. Pilih juga kasur atau bantal tidur yang nyaman serta gunakan sprei yang bersih.

6. Matikan lampu
Mematikan lampu akan membuat mata lebih rileks dan nyaman. Selain itu tidur dengan lampu mati akan membantu kerja hormon melatonin.

7. Hindari makanan atau minuman tertentu
Paling utama adalah menghindari kafein. Selain itu juga hindari makanan pedas dan berlemak. Semua makanan tersebut akan membuat sista sulit tidur dengan nyenyak.

8. Jangan merokok sebelum tidur
Merokok bukan hanya akan mengganggu kesehatan, tapi juga membuat sista terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi mengalami insomnia dibanding bukan perokok.

9.Berdoa sebelum tidur
Berdoa sebelum tidur selain dapat mendekatkan diri kepada Tuhan juga mampu menenangkan sista. Ketenangan tersebut akan membuat sista tertidur dengan damai dan nyenyak.

10. Matikan ponsel
Banyak sekali orang yang terbangun tengah malam hanya karena bunyi ponsel. Sayangnya sebagian dari bunyi tersebut berasal dari telpon atau sms iseng dan iklan. Maka matikanlah ponsel sista saat tidur. Jika sista tidak ingin mematikannya, settinglah ponsel ke silent mode.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation