10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Bahan Alami

Memiliki rambut tebal, indah, dan berkilau adalah impian setiap orang, namun apa jadinya jika kamu memiliki rambut rontok? Sudah mencoba berbagai macam sampo tetapi hasilnya tetap sama saja. Bahkan untuk menyisir atau menyentuh rambut tipismu pun merupakan hal yang menyebalkan. Belum lagi ditambah stres yang menyebabkan kerontokan rambut yang semakin parah. Tidak hanya gonta-ganti sampo saja bahkan kamu juga sudah melakukan banyak perawatan untuk menghentikan kerontokan rambut tetapi tetap saja sama.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab rambut rontok itu? Jadi, rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kekurangan gizi, alergi, hormone yang tidak seimbang, perawatan rambut yang salah, dan juga genetika. Dan tahukah jika bahan-bahan alami yang sering kamu temui di dapur dapat mengatasi rambut yang rontok? Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan rambut yang super mahal untuk mengatasi rambut rontok. Karena jika kembali ke yang alami tentunya akan lebih baik.

Nah, langsung saja kita bahas bahan apa saja yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok parah.

1. Lidah Buaya

canaryaloe.es

Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu menyembuhkan dan memperbaiki sel kulit yang telah mati. Sehingga lidah buaya akan merangsang pertumbuhan rambut dari folikel yang tidak aktif, serta menambah volume rambut kamu. Selain dapat digunakan di rambut, sangat dianjurkan untuk meminun jus lidah buaya setiap hari untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 sdt gel lidah buaya
  • Mangkuk, sendok, dan pisau

Cara membuat dan penggunaan:

Iris lalu belah dua lidah buaya. Gunakan sendok untuk mengambil bagian dalamnya lalu masukkan ke dalam mangkuk dan haluskan. Setelah halus oleskan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat dengan ujung jari dengan perlahan. Pijat selama 5 menit lalu diamkan sekitar 25 menit, kemudian cuci bersih dengan air hangat. Kamu dapat melakukan perawatan ini dua kali seminggu.

2. Telur

thesrpskatimes.com

Telur merupakan salah satu sumber protein dan kaya akan kandungan belerangnya. Untuk mendapatkan rambut yang tebal dan sehat, sangat disarankan untuk melakukan perawatan protein dengan telur.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 butir telur
  • 1 sdm minyak zaitun
  • Mangkuk dan sendok
  • Shower cap

Cara membuat dan penggunaan:

Masukkan satu butir telur dengan satu sendok makan minyak zaitun pada mangkuk lalu aduk rata. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambut atau dari akar hingga ujung rambut. Setelah rata ke seluruh rambut lalu pakailah shower cap dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih rambut seperti biasa menggunakan air dingin. Lalukan perawatan ini 1 atau 2 kali seminggu.

3. Alpukat

foodandwine.com

Selain enak untuk dimakan, alpukat juga terkenal memiliki manfaat kesehatan yang banyak. Baik untuk kulit ataupun rambut. Apalagi jika dikombinasikan dengan pisang, kombinasi ini akan memberi nutrisi yang baik untuk rambut dan folikel rambut serta mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah alpukat yang sudah masak
  • 1 buah pisang yang sudah masak
  • Shower cap
  • Mangkuk

Cara membuat dan penggunaan:

Kupas alpukat dan pisang lalu potong-potong dan masukkan ke dalam mangkuk. Aduk dan campur sampai rata. Setelah itu oleskan pada kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung rambut. Kemudian tutup rambut dengan shower cap, diamkan selama 30 menit sampai satu jam. Setelah itu keramas seperti biasa menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.

4. Amla

.ndtvimg.com

Buah amla merupakan pilihan yang aman untuk merawat rambut rontok. Ini dikarenakan buah amla memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Selain dapat merawat rambut rontok, buah amla juga baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Tingginya kandungan vitamin C akan membantu meningkatkan kadar kolagen di kulit kepala serta membantu untuk pertumbuhan rambut yang cepat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sdm bubuk amla
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Mangkuk

Cara membuat dan penggunaan:

Masukkan bubuk amla dan air perasan jeruk nipis ke dalam mangkuk lalu aduk sampai rata. Oleskan ke seluruh rambut dari akar sampai ujung rambut, diamkan sampai kering. Setelah kering keramas seperti biasanya menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.

5. Biji Fenugreek

tanobat.com

Biji fenugreek atau juga disebut dengan klabet sangat berguna untuk kesehatan kulit kepala karena dapat mempengaruhi volume rambut kamu. Biji fenugreek merupakan salah satu bahan terbaik yang digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Selain dapat menangani masalah, rontok, ketombe, dan kulit kering. Biji fenugreek juga dapat menenangkan kulit kepala dari pembengkakan.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 sdm biji fenugreek
  • ½ gelas air
  • Mangkuk

Cara membuat dan penggunaan:

Rendam biji fenugreek di dalam mangkuk dengan ½ gelas air dan diamkan selama semalam. Lalu pagi harinya, campur biji fenugreek dengan sedikit air rendaman sampai menjadi pasta yang kental dan halus. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala dari akar sampai ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Keramas seperti biasanya menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.

6. Daun henna

imimg.com

Daun henna dapat menyegel kutikula rambut yang akan memperkuat batang rambut. Selain itu, daun henna juga mampu menyeimbangkan pH kulit kepala serta memberi warna alami pada rambut. Daun henna akan membuat rambutmu menjadi lebih lembut dan mudah diatur.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Segenggam daun henna segar
  • 1 gelas air
  • Mangkuk
  • Shower cap

Cara membuat dan penggunaan:

Cuci bersih daun henna, kemudian remas daun henna dengan 1 gelas air terus remas sampai halus. Kemudian oleskan daun henna yang telah halus ke kulit kepala dan rambut dari akar sampai ujungnya. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 3 jam. Setelah itu keramas seperti biasa menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini sebulan sekali.

7. Minyak kelapa

well-beingsecrets.com

Ingat pakai yang virgin coconut oil ya jangan yang digunakan untuk memasak. Minyak kelapa mengandung zat alami yang secara alami membantu pertumbuhan rambut. Ini dikarenakan minyak kelapa kaya akan mineral penting dan lemak, zat besi, dan potassium yang dapat mencegah kerusakan rambut. Selain itu, juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah timbulnya ketombe.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 sdm minyak kepala

Cara membuat dan penggunaan:

Masukkan minyak kelapa dalam mangkuk lalu panaskan selama beberapa detik sampai sedikit hangat. Pijat kulit kepala dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan, setelah dipijat diamkan selama 15 menit. Kemudian oleskan sisa minyak kelapa ke rambut dan biarkan selama 30 menit. Untuk hasil yang lebih baik kamu bisa melakukan perawatan ini di malam hari sebelum tidur dan mencucinya di pagi hari. Cuci rambut seperti biasa dan lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

8. Teh hijau

bbcgoodfood.com

Selain enak diminum dan bagus untuk kesehatan. Teh hijau yang kaya antioksidan dapat membantu melawan kerusakan rambut yang disebabkan oleh radikal bebas, menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap sehat. Teh hijau juga membantu menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 cangkir teh hijau yang diseduh.

Penggunaan:

Dinginkan satu cangkir teh hijau yang telah diseduh. Setelah dingin siramkan teh hijau tersebut ke kepala lalu pijat kulit kepala. Pastikan seluruh rambut dan kulit kepala telah basah. Dan diamkan selama satu jam. Kemudian keramas seperti biasa dengan air hangat. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu.

9. Witch hazel

drweil.com

Jika kamu memiliki masalah seperti kulit kepala berminyak dan berketombe, witch hazel adalah pilihan yang tepat. Karena witch hazel dapat membantu mengurangi ketombe dan mengecilkan pori-pori kulit kepala. Dan ini akan membuat mengurangi kelebihan minyak kulit kepala. Witch hazel ini sangat cocok digunakan untuk yang memiliki jenis rambut berminyak dan kombinasi.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 sdt witch hazel
  • Kapas

Penggunaan:

Sisir rambut lalu bubuhkan witch hazel ke kulit kepala menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan rambut seperti biasanya. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

10. Bawang bombay

viva.co.id

Selain sebagai bumbu masak, bawang bombay juga dapat menjaga kesehatan rambut. Bawang bombay akan membantu mengatasi kerontokan rambut serta membantu pertumbuhan rambut dengan baik dan juga merangsang pertumbuhan rambut dari folikel yang tidak aktif. Memakai jus bawang bombay secara teratur akan mengembalikan rambut indahmu dalam waktu yang singkat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah bawang bombay besar

Cara membuat dan penggunaan:

Kupas bawang bombay dan potong kecil. Lalu haluskan dengan food processor setalah halus peras airnya. Kemudian gunakan air perasan bawang bombay untuk memijat kulit kepala selama 5 menit dan diamkan sekitar 10 menit. Lanjutkan dengan mencuci rambut seperti biasanya. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

11. Madre Rosemary Hair Care

Madre Rosemary Hair Care

Madre rosemary hair care merupakan campuran natural oil yang sangat efektif untuk mengatasi rambut rontok parah, melembabkan rambut dan juga merawat rambut buat wanita yang berhijab. Madre natural hair care ini terbuat dari campuran Argan oil, kukui nut oil, bringraj natural oil, dan Rosemary Essential oil. Ke empat bahan tersebut merupakan natural oil terbaik yang digunakan untuk merawat rambut sejak ribuan tahun lalu. Cara menggunakannya juga sangatlah mudah, cukup ambil beberapa tetes madre natural hair care di telapak tangan dan gunakan untuk memijiat rambut dari akar sampai ujung lalu biarkan 30-40 menit hingga meresap dan kering. Informasi detail tentang Madre Natural oil untuk perawatan rambut, kulit dan wajah bisa kontak Admin sobat Cantik di nomor 085734345182 (SMS/WA)

 

 

 

 

 

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation