10 Manfaat Buah Si Merah Cantik

delima-01

Walaupun mudah dijumpai di Indonesia, namun nampaknya buah delima tidak begitu populer jika dibandingkan dengan jeruk, apel, dan semangka. Padahal, manfaat buah di merah cantik ini sangatlah banyak dan tidak kalah dengan buah-buahan lainnya.

Buah delima bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar, sebagai campuran salad buah atau rujak, maupun dibuat menjadi jus.

Berikut ini manfaat buah si merah cantik yang sudah sepatutnya Anda tahu.

1. Anti penuaan.
Buah delima dapat memberikan efek anti-aging. Buah ini mengandung antioksidan dengan jumlah yang sangat berlimpah dan termasuk salah satu buah dengan skala tertinggi sebagai penyerap radikal bebas.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Mengonsumsi buah atau sari delima secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Melindungi ginjal.
Sari delima dapat mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun berbahaya.

4. Melindungi hati.
Minuman jus delima tidak hanya melindungi hati, tetapi juga dapat memperbaikinya saat hati mengalami kerusakan.

5. Anti alergi.
Buah delima kaya akan kandungan zat polifenol yang telah terbukti dapat mengurangi proses biokimia yang berhubungan dengan alergi.

6. Mencegah serangan jantung.
Penelitian-penelitian terbaru menunjukkan bahwa delima dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas.

7. Melawan kanker.
Minuman sari delima dapat bermanfaat membunuh sel kanker, seperti:

  • Kanker payudara : Para ilmuwan di University of California melakukan studi yang mana menunjukkan efek dan komponen gizi jus delima (luteolin, asam ellagic dan punicic) dapat melawan kanker payudara.
  • Kanker kulit : Menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan pada British Journal of Dermatology, makan buah delima secara rutin dapat berpengaruh terhadap penurunan perkembangan dua jenis kanker kulit yakni sel basal karsinoma dan sel skuamosa karsinoma.

8. Perlindungan DNA.
Buah delima yang mengandung anti-oksidan dapat memberikan perlindungan pada komponen-komponen genetik tubuh.

9. Menormalkan tekanan darah.
Tanpa kita sadari bahwa makanan-makanan yang kita makan sehari-hari mengandung lemak berlebihan. Sari delima dapat membantu mencegah meningkatnya tekanan darah akibat lemak berlebihan.

10. Mengatur hormon insulin.
Buah delima dapat membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, mengurangi peradangan dan faktor-faktor lain yang terlibat dalam resistensi hormon insulin, terkait dengan obesitas dan diabetes.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation