10 Masker Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Bagian I

masker alami untuk jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang mengganggu. Keberadaannya sangat tidak diharapkan, apalagi bagi kaum wanita. Jika jerawat muncul, mereka akan mencari berbagai cara untuk menghilangkannya. Menghilangkan jerawat bukanlah perkara mudah. Ada jerawat yang sulit sekali hilang dan bahkan diperparah lagi, jika jerawat ini meninggalkan bekas.

Ladies, agar jerawat tak muncul, kita bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasinya. Selain aman untuk kulit, bahan alami ini juga dapat dengan mudah diperoleh disekitar kita. Bahan alami ini dapat kita olah menjadi masker. Apa saja bahan alami untuk hilangkan jerawat dan mencerahkan wajah tersebut?

Masker Nanas untuk Mengatasi Jerawat

Buah yang berasal dari Brazil, Paraguay, dan Bolivia ini memiliki rasa yang manis jika telah matang. Buah nanas yang telah matang ditandai dengan perubahan warnanya yang semakin menguning. Kandungan air yang banyak membuat buah ini sangatlah segar.

Nama buah nanas sebenarnya diambil dari istilah nanas yang berarti buah yang sangat baik. Para wanita mungkin takut mengkonsumsi nanas, karena menurut mitos yang beredar nanas dapat mengakibatkan kegugugran apabila dikonsumsi berlebihan. Selain itu, buah nanas dianggap dapat meningkatkan jumlah keputihan.

Namun, dibalik itu semua, buah nanas sangatlah baik untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan vitamin C didalam buah nanas mampu membantu memutihkan kulit serta mencerahkan kulit. Kulit akan tetap halus dan rileks.

Selain menjaga kecantikan kulit, buah nanas juga berguna untuk menghilangkan jerawat dan membuat warna kulit merata dan tidak belang-belang. Selain itu, nanas juga dapat membantu kulit yang stress akibat polusi dan paparan sinar matahari agar tetap rileks.

Buah nanas dapat digunakan sebagai masker dengan cara yang mudah. Bahan yang dibutuhkan antara lain :

a. Parutan nanas sebanyak 100 gram
b. Mentimun yang diparut 50 gram
c. Madu sebanyak 1 sendok makan

Cara Membuat Masker

  1. Campurkan semua bahan diatas ke dalam satu wadah. Aduklah hingga mengental
  2. Oleskan pada wajah. Biarkan mengering. Saat inilah anda bisa mencoba berbaring dan rileks sejenak
  3. Saat awal penggunaan mungkin saja wajah anda akan terasa pedih, namun lama kelamaan anda akan merasakan wajah menjadi segar dan nyaman
  4. Diamkan selama 20-30 menit agar nutrisi dan vitaminnya meresap ke dalam wajah
  5. Setelah itu, bersihkan sisa masker dan bilas wajah menggunakan air dingin
  6. Untuk membuat kulit lebih lembut, lakukan kebiasaan ini setiap minggu untuk meregenerasi kulit, sehingga kulit akan cerah

Masker Kunyit untuk Jerawat dan Mencerahkan Wajah

Jerawat yang muncul di wajah memang menjengkelkan, apalagi jika ia menimbulkan noda yang berbekas. Terkadang bekas inilah yang membuat perempuan kebingungan karena sulit sekali dihilangkan. Sebenarnya banyak sekali produk penghilang jerawat yang ditawarkan, namun produk kimia ini tentu dapat menimbulkan efek samping. Mengapa anda tidak mencoba cara alami yang ramah untuk kulit?

Salah satunya adalah kunyit. Bumbu masak yangs sering digunakan untuk memasak kari ini sangat mudah didapat, apalagi saat ini kunyit sudah tersedia dalam bentuk bubuk.

Penggunaan kunyit telah digunakan sejak jaman dahulu untuk menjaga kulit agar tetap halus. Biasanya kunyit digunakan oleh wanita di masa kerajaan. Untuk melihat hasil masker kunyit ini memang dibutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, bahan yang alami tentu tidak akan menimbulkan efek samping.

Siapkan bahan dibawah ini :
1. Kunyit Bubuk ¼ sendok teh
2. Susu Sapi Cair Segar ¼ sendok teh
3. Perasan air lemon ¼ sendok teh

Proses Pembuatan :
Campurlah semua bahan menjadi satu dalam wadah hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini pada bagian yang bernoda. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih.

Anda bisa melakukan perawatan dengan masker ini seminggu sekali. Masker ini tidak hanya dapat digunakan untuk wajah saja, namun juga dapat digunakan sebagai scrub untuk tubuh. Jadi, jika anda membutuhkan masker lebih banyak, anda bisa menambahkan bahannya dengan perbandingan 1:1.

Masker Mentimun – Anti Jerawat dan Menyegarkan Wajah

Adanya noda hitam pada wajah tentu akan membuat rasa percaya diri seorang wanita berkurang. Munculnya noda hitam ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, seperti stres, diet yang salah, jerawat yang luka, hingga kurang tidur.

Noda hitam lebih sulit hilang dibandingkan jerawat. Noda kehitaman ini lebih sulit untuk diatasi dan cenderung lama hilangnya.

Untuk menghilangkan noda jerawat, anda harus mengunjungi klinik kecantikan dan melakukan perawatan khusus dengan biaya yang cukup mahal. Daripada mengeluarkan biaya yang cukup mahal, anda bisa memanfaatkan mentimun untuk mengatasi noda hitam ini. Anda dapat menggunakan mentimun ini dengan 4 cara, yaitu :

1) Jus Mentimun
Pilih mentimun yang sudah tua dan juicy. Hancurkan menjadi juice, kemudian gunakan kapas untuk mengaplikasikan jus timun tadi. Agar noda di wajah menghilang secara efektif, gunakan dua kali sehari sebelum mandi.

2) Parutan Mentimun
Selain blender, timun juga dapat diparut. Anda bisa menambahkan bubuk sandalywood sebelum mengoleskannya pada wajah. Setelah dioleskan, diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin. Tak perlu lagi mencuci wajah dengan sabun. Pastikan wajah benar-benar bersih ya sebelum mengaplikasikannya pada wajah.

Gunakan handuk untuk mengeringkan wajah. Tepuk-tepuk dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan 2-3 hari sekali.

3) Massage Mentimun
Cara ketiga ini juga terbilang cukup mudah. Potong buah mentimun, lalu rendam dalam air es yang berisi es batu selama 5 menit. Massagekan pada wajah, terutama bagian mata agar mata menjadi rileks dan kulit segar kembali. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar dan merata pada seluruh wajah. Lakukan kebiasaan ini sebelum tidur agar kulit lebih lembut keesokan harinya.

4) Mentimun Beku
Potong mentimun tipis tipis, masukkan dalam wadah. Biarkan dingin dalam lemari es. Gunakan timun yang dingin tadi sebagai masker pada wajah. Mengompres wajah dengan mentimun yang dingin ini akan membuat wajah rileks.

Walaupun cara ini tidak menunjukkan hasil yang instan, tapi jika dilakukan setiap hari anda dapat melihat perbedaannya dalam waktu smeinggu.

Cengkeh – Menghilangkan Jerawat dalam 1 Hari

Cengkeh tak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan rokok, namun ternyata komoditas yang satu ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Bila diolah lebih lanjut menjadi minyak, cengkeh dapat mengatasi masalah kulit, mulai dari alergi, komedo hitam, hingga jerawat yang gatal dan meradang.

Sebelum menggunakan cengkeh, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan :

  1. Formula cengkeh yang kuat membuat cengkeh dapat menimbulkan iritasi pada kulit yang sensitif. Karena itulah sebaiknya cengkeh hanya digunakan pada bagian yang meradang saja. Selain itu, sebaiknya penggunaan cengkeh juga diimbangi dengan penggunaan minyak lain.
  2. Penggunaan minyak cengkeh sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan krim atau obat lain.
  3. Minyak cengkeh harus disimpan di tempat yang dingin dan tidak boleh digunakan dengan bahan kimia lain, kecuali minyak alami atau air.
  4. Karena dapat menimbulkan reaksi laergi, sebaiknya gunakan minyak cengkeh pada tangan terlebih dahulu.

Masker cengkeh biasanya dibuat menggunakan minyak cengkeh yang dicampur minyak lavender, tea tree oil, minyak zaitu, maupun air. Setelah tercampur rata oleskan pada wajah, diamkan beberapa saat dan bersihkan menggunakan air dingin.

Tea Tree Oil – Mengatasi Jerawat dengan Cepat

Tea tree oil merupakan minyak essensial yang memiliki aroma segar dengan warna kuning pucat maupun tidak berwarna. Tea tree oil merupakan bahan yangd apat mengurangi radang pada jerawat bahkan minyak ini juga mampu menyamarkan bekas jerawat. Kulit pun akan lebih mulus tanpa jerawat.

Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan jika menggunakan tea tree oil ini.

  1. Sebaiknya lakukan percobaan untuk mengetes apakah kulit anda alergi terhadap minyak tea tree oil ini. Caranya adaalah dengan mengoleskan sedikit tea tree oil di belakang telinga mupun tangan. Setelah tidak timbul reaksi alergi, barulah anda dapat menggunakannya pada wajah anda.
  2. Pastikan wajah anda selalu bersih sebelum diolesi tea tree oil
  3. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan tea tree oil. Caranya, tuang tea tree oil pada cotton bud, lalu oleskan pada wajah yang berjerawat.
  4. Biarkan tea tree oil bekerja semalaman dan tak perlu dibilas
  5. Sebelum menggunakan pelembab atau sunscreen dan make up di pagi hari, gunakan tea tree oil dahulu.

Untuk menggunakan tea tree oil sebagai obat jerawat, anda bisa mengoleskannya langsung pada jerawat karena tea tree oil mengandung sifat anti bacterial alami yang menjadikannya sebagai pengganti bahan kimia yang keras. Gunakan tea tree oil sedikit saja untuk membuka kelenjar minyak yang tersumbat, mengeringkan komedo, jerawat,dan noda lainnya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni

  1. Anda bisa mengoleskannya secara langsung pada jerawat dengan menuangkan beberapa tetes tea tree oil pada cotton bud, kapas, atau tisu. Oleskan kapas, tisu, maupun cotton bud tadi pada jerawat atau flek pada wajah. Diamkan beberapa jam atau bahkan semalaman. Jerawat akan mereda keesokan harinya.
  2. Gunakan pada wajah yang benar-benar kering.
  3. Pastikan juga minyak tea tree yang anda beli adalah tea tree oil yang 100% asli tanpa campuran apapun.

Selain dioleskan pada jerawat secara langsung, anda dapat mencerkan tea tree oil yang terlalu keras untuk anda. Cobalah tuangkan beberapa tetes tea tree oil pada beberapa sendok teh lidah buaya. Terapkan pada jerawat yang membandel.

Jika lidah buaya tidak ada, anda dapat menggunakan madu sebagai gantinya. Gunakan madu organik mentah yang belum di proses karena madu memiliki sifat anti bakteri yang alami dan dapat menyembuhkan kulit dnegan cepat.

Setelah ramuan ini jadi, anda bisa menyimpannya di bekas wadah krim yang anda muliki atau bekas lip glos yang kecil.

Anda juga bisa menambahkan minyak tea tree pada masker wajah buatan anda maupun masker yang anda beli di toko untuk membunuh bakteri serta membuat jerawat mengering. Resep membuat maskernya pun cukup mudah.

  1. Campurkan bubuk lumpur hijau dengan 3-4 tetes tea tree oil. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit hingga lumpur mengering dan minyak tea tree meresap. Bilas menggunakan air hangat dan keringkan wajah,
  2. Campurkan 3 tetes minyak tea tree dengan satu sendok teh minyak jojoba. Setelah itu, masukkan buah tomat yang telah dihaluskan. Aduk rata. Oleskan masker ini dan biarkan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air hangat. Gunakan handuk untuk mengeringkan wajah.
  3. Masukkan 5 tetes tea tree oil kedalam ¼ cup yoghurt tawar. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.
  4. Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan beberapa bahan yang ada didapur anda. Campurkan ½ cup gula dengan ¼ teh minyak wijen atau minyak zaitun. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah yang sedikit basah dan berikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar selama 2-5 menit. Bilas wajah dengan air hangat dan tepuk wajah agar mengering. Peringatan, scrub ini sebaiknya tidak digunakan pada penderita jerawat yang berat. Scrub ini hanya cocok digunakan untuk jerawat ringan hingga menegah.
  5. Tea tree oil juga dapat anda tambahkan pada pembersih wajah maupun pelembab hariana nda. Tambahkan 2-6 tetes untuk memerangi jerawat membandel.
  6. Tambahkan juga pada air mandi anda. Dengan menambahkan beberapa tetes minyak tea tree oil pada air mandi, maka jerawat did ada pun akan hilang. Tambahan minyak tea tree oil pun akan membuat aroma harum pada air mandi anda. Apalagi jika kita menghirup uap yang ditimbulkan, maka hidung mampet akan berkurang. Cocok bagi and ayang sedang flu.
  7. Anda bisa membeli produk yang memiliki kandungan tea tree. Banyak sekali saat ini produk yang menambahkan tea tree oil kedalam produk yang mereka hasilkan.

Itulah beberapa masker yang dapat anda gunakan untuk membuat wajah anda tetap mulus dan bebas jerawat. Kami masih akan memberikan informasi selanjutnya di bagian kedua. Jadi, jangan ketinggalan untuk membaca bagian keduanya ya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation