30 Cara Alami Merawat Rambut Berminyak, Rontok dan Berketombe

cara mengatasi rambut berminyak dan berketombe

Anda mungkin selalu mencuci rambut di pagi hari dan menatanya sesempurna mungkin agar tampail baik sepanjang hari. Tetapi, dalam sekejap semuanya berubah. Rambut Anda terlihat sangat berminyak sehingga terlihat seperti tidak pernah dikeramas sebelumnya!

Itu artinya Anda memiliki rambut berminyak. Tiap helai rambut sesungguhnya dilindungi oleh kelenjar minyak untuk menjaga kerusakan. Begitu pula dengan kulit kepala. Kelenjar ini mungkin mengeluarkan minyak berlebih karena berbagai faktor seperti fluktuasi hormonal, kondisi herediter atau tekstur alami rambut Anda. Namun, tidak perlu khawatir, kami memiliki beberapa solusi untuk mengurangi minyak berlebih di rambut Anda dengan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Sebenarnya sekresi minyak sangat baik untuk mempertahankan kekuatan akar rambut, jika jumlahnya tidak berlebihan. Karena jika sekresi rambut ini berlebih maka akan sangat mengganggu penampilan Anda.

Dibawah ini kami akan jelaskan secara detail bagaimana cara merawat rambut berminyak dan mengurangi minyak berlebih di rambut dengan biaya yang murah.

1. Gunakan Shampo Untuk Rambut Berminyak
Jika Anda memiliki rambut berminyak, sebaiknya keramaslah secara teratur untuk menjaga rambut Anda selalu bersih dan bebas dari minyak.

Idealnya, pilih shampo yang memang khusus untuk rambut berminyak. Jika rambut Anda kering, gunakan kondisioner hanya pada helaian rambut saja untuk menjaganya tetap lembab dan lembut. Jika Anda memiliki rambut dan kulit kepala yang berminyak, shampo itu bisa menjadi solusi untuk keduanya. Gunakan shampo dengan pH yang seimbang, ringan dan diformulasikan khusus untuk rambut berminyak.

Pijat kulit kepala Anda secara menyeluruh saat keramas. Memijat adalah langkah wajib untuk menjaga kulit kepala Anda tetap bersih dari minyak dan kotoran yang cenderung menempel pada kulit kepala Anda.

2. Bilas Secara Menyeluruh

Saat keramas, pastikan bahwa Anda membilas rambut Anda secara menyeluruh. Sisa shampo hanya akan menarik lebih banyak minyak dan kotoran. Jangan biarkan sabun atau sisa shampo pada rambut Anda. Sangat penting untuk mencuci busa sabun yang tersisa pada rambut Anda untuk mendapatkan rambut yang bersih. Sisa sampo tidak hanya akan membuat rambut Anda berminyak, tapi juga memiliki dampak berbahaya untuk rambut Anda.

3. Keramas Jangan Setiap Hari

Pastikan bahwa Anda keramas tidak setiap hari. Berhati-hatilah dengan shampo yang bersifat keras. Jika tidak, kebiasaan keramas terlalu sering tanpa jeda akan menghilangkan minyak alami rambut Anda dan hal itu dipastikan tidak baik. Keramas secara teratur akan membantu untuk menjaga kulit kepala Anda terasa segar dan bersih. Gosok kulit kepala Anda secara lembut dengan jari-jari ketika memakai shampo sehingga tidak ada kulit kepala yang tertinggal.

4. Gunakan Shampo yang Dirancang khusus untuk Rambut Berminyak
Rambut normal membutuhkan shampo dengan pH antara 4,5 dan 6,7, tapi rambut berminyak membutuhkan pH yang lebih dari itu. Jadi perhatikan benar Shampoo yang akan Anda gunakan jika ingin rambut Anda selalu sehat

5. Rawatlah Rambut Anda Sekali Seminggu Dengan Cara Ini

Minyak memainkan peran penting dalam pengobatan perawatan rambut. Campur minyak kelapa dengan minyak almond. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial tea tree. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama satu jam. Cuci dengan shampo berkualitas baik, dan pastikan bahwa Anda mencuci rambut Anda secara menyeluruh. Campuran beberapa minyak ini bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan sekitar 20 – 30 menit dan bilas hingga bersih, usahakan jangan sampai 1 jam sudah di bilas agar campuran ini tidak malah memberikan efek negatif pada kesehatan rambut Anda.

Berikut adalah teknik sederhana perawatan rambut dengan campuran minyak diatas:

  • Oleskan campuran minyak ke kulit kepala dan pijat dengan lembut.
  • Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan bersih.
  • Pembilasan dapat dilakukan dengan mencampurkan 2-3 sdt cuka sari apel atau cuka ke dalam satu cangkir air.

6.Perawatan dengan Aloe Vera
Salah satu solusi alami terbaik untuk rambut berminyak adalah dengan menggunakan gel Aloe Vera / Lidah Buaya. Cara melakukannya pun sangatlah mudah, ambil sedikit shampo ringan dan tambahkan satu sendok makan jus lemon dan satu sendok teh gel Aloe Vera segar. Campur semuanya dan simpanlah dalam botol di lemari es. Tunggu selama sekitar satu minggu. Gunakan campuran ini pada rambut Anda setiap hari untuk menyingkirkan minyak pada rambut Anda.

Anda juga dapat membuat kondisioner menggunakan gel lidah buaya segar (atau yang terdapat dalam kemasan) dan campurkan dengan minyak aloe vera itu sebanyak 1 sendok teh cuka sari apel atau 2 sendok makan jus lemon atau keduanya setiap satu takaran. Campuran ini relatif baik untuk semua jenis rambut. Hasilnya bisa dibuktikan, rambut Anda akan bebas dari minyak!

7. Gunakan Kondisioner dengan Hati-hati
Gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut Anda, saat ujung-ujung rambut Anda terasa kering. Kondisioner tidak direkomendasikan untuk rambut berminyak karena kondisioner bersifat melapisi rambut. Kondisioner memberikan kelembaban yang justru hanya akan menambah minyak pada rambut Anda.

8. Hindari Serum dan Gel Glossy
Rambut berminyak memiliki kilauan khas yang Alami. Hindari penggunaan serum dan juga gel yang sifatnya mengkilap pada rambut Anda. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena serum dan gel tersebut hanya akan merepotkan Anda!

9. Hindari Menyisir Rambut Terlalu Sering
Hindarilah menyisir rambut Anda terlalu sering. Minyak dari kulit kepala Anda akan menyebar keseluruh rambut setiap kali Anda menyisirnya.

10. Jangan Menggosok / Menggaruk Kulit Kepala
Jangan menggosok kulit kepala Anda dengan handuk kasar atau menggaruknya terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala Anda menjadi lecet, berketombe atau berminyak yang akhirnya akan merangsang kelenjar minyak menghasilkan sekresi minyak lebih banyak.

11. Gunakan Bedak Bayi Untuk Menghilangkan Minyak Berlebih
Jika Anda sedang terburu-buru dan tidak punya waktu untuk mencuci rambut, taburkan sedikit bedak bayi pada rambut Anda, biarkan selama lima menit dan sisirlah perlahan. Bedak bayi akan menyerap kelebihan minyak dan membuat rambut Anda wangi.

12. Encerkan Cuka dan Jus Lemon
Cara lain untuk mengurangi minyak pada rambut adalah dengan membilas rambut setelah keramas dengan cuka dan jus lemon yang sudah diencerkan terlebih dahulu. Untuk mengencerkannya Anda membutuhkan dua sendok makan cuka atau jus lemon dan satu cangkir air. Setelah keramas, bilaslah rambut Anda dengan larutan cuka dan jus lemon ini lalu bilaslah dengan air hangat. Larutan cuka atau jus lemon ini akan membantu manfaat sampo lebih maksimal.

13. Bilas dengan Teh
Sebelum keramas, bilaslah rambut Anda dengan campuran teh yang diencerkan. Teh mengandung asam tanat, zat yang efektif untuk mengurangi kulit berminyak. Untuk membuatnya, rabus daun teh dengan segelas air. Ketika hangatnya telah cukup (suam-suam kuku), aplikasikan air teh tersebut pada rambut dan kulit kepala Anda. Diamkan selama beberapa menit. Bilaslah dengan shampo dan air biasa.

14. Bilas dengan Larutan Daun Mint
Daun mint juga merupakan produk yang digunakan untuk menghilangkan sifat berminyak pada rambut. Rebus segenggam daun mint dan dua gelas air selama lima belas sampai dua puluh menit. Tambahkan campuran ini dengan sampo dan aplikasikan pada rambut Anda. Mint memiliki zat yang dapat mengurangi minyak berlebih pada rambut.

15. Kuning Telur dan Jus Lemon
Obat lain untuk mengurangi minyak berlebih pada rambut adalah kuning telur. Kuning telur tidak hanya menghilangkan minyak tetapi juga dapat mencerahkan kilau rambut Anda. Untuk membuatnya, ambilah dua kuning telur dan tambahkan beberapa tetes jus lemon, aduk dan campurkan hingga merata. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang masih dalam keadaan basah dan biarkan selama 5-7 menit. Bilas dengan bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan campuran ini dua sampai tiga kali seminggu.

16. Oatmeal
Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk mengurangi minyak berlebih pada rambut. Karena memiliki konsistensi yang tebal, oatmeal dapat mengangkat minyak sampai kulit kepala dan juga meredakan rasa gatal. Untuk membuatnya masaklah oatmeal dan ketika akan mendingin, ambilah oatmeal secukupnya lalu aplikasikan pada rambut Anda kurang lebih sepuluh sampai lima belas menit. Bilas dan keramaslah seperti biasa.

17. Bubuk Soda Kue (Baking Soda)
Metode lain untuk menghilangkan minyak pada rambut adalah dengan bantuan baking soda. Baking soda harus diencerkan terlebih dahulu. Baking soda efektif mengurangi produksi minyak pada rambut. Campur dua sampai tiga sendok makan baking soda dalam satu liter air. Aplikasikan campuran ini pada rambut dan biarkan selama dua puluh menit. Kemudian keramaslah seperti biasa. Perawatan untuk rambut berminyak ini dapat dilakukan tiga kali setiap minggu.

18. Daun Teh dan Rosemary
Bilasan daun teh dan minyak esensial rosemary juga dapat membantu mengurangi minyak pada rambut yang berlebih. Cara pembuatannya, ambil dua sendok makan rosemary kering atau 3 tetes minyak esensial rosemary lalu tuangkan dalam satu cangkir air hangat. Aduk dan tutup selama 20 menit, saring dan dinginkan. Tuang campuran ini ke dalam botol plastik. Setelah keramas, percikan campuran rosemary itu pada rambut Anda.

19. Gunakan Perawatan Henna
Gunakan henna untuk pengkondisian rambut Anda. Henna memiliki efek pengeringan, yang cocok untuk kulit kepala berminyak. Campurkan yoghurt dalam paket henna Anda. Gunakan campuran ini sekali dalam dua minggu.

20. Makanlah Jenis-jenis Makanan yang Tepat
Jauhi makanan yang berminyak dan makanan olahan sebanyak mungkin. Ingatlah, apapun yang Anda makan adalah manifestasi Anda pada penampilan dan tubuh Anda. Makan makanan yang digoreng atau yang disediakan di kios-kios makanan cepat saji hanya akan membuat kondisi kulit kepala Anda makin parah. Seperti, kentang goring, keripik dan burger, mulailah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Termasuk di dalamnya almond, kismis, dan buah-buah beri yang biasanya dipakai untuk diet. Minumlah jus buah segar, bukan yang kalengan atau minumam olahan.

21. Minumlah banyak Air
Air membantu dalam membuang racun dari tubuh Anda. Minumlah air yang banyak untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut yang sehat.

22. Buah Lemon
Lemon datang sebagai penyelamat hidup orang yang memiliki produksi minyak berlebih di kepala. Cara penggunaannya, ambil dua sendok makan jus lemon campurkan dengan dua cangkir air dan simpanlah. Setiap selesai berkeramas, cipratkanlah pada rambut Anda, pijat rambut dan kulit kepala menggunakan campuran buah ini. Diamkan selama lima sampai sepuluh menit dan bilas hingga bersih.

23. Keramaslah Setelah Berkeringat
Jika Anda berolahraga, maka jangan biarkan keringat menempel di rambut Anda terlalu lama. Jangan sampai lupa keramas setelah berolah raga!

24. Jangan Terlalu Kencang Mengikat Rambut
Beberapa orang memiliki kebiasaan mengikat rambut mereka dengan gaya ekor kuda sepanjang waktu. Semakin kencang ikatan rambut Anda, produksi minyak di kulit kepala anda akan semakin banyak karena ikatan kencang pada akar rambut Anda akan merangsang kelenjar di akar. Longgarkan ikatan rambut Anda untuk menghindari hal ini.

25. Witch Hazel
Ambilah botol minyak witch hazel, lalu campurkan empat tetesnya dengan sekitar dua sendok makan air. Oleskan menggunakan kapas pada kulit kepala Anda. Minyak ini membantu untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada rambut. Penggunaan minyak Witch Hazel tidak di rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit kepala sensitif.

Berikut ini, Aneka Ramuan Alami untuk Menyingkirkan Ketombe dan Gatal Gatal Pada Kulit Rambut Bermiyak :

26. Lemon
Lemon, sekali lagi, adalah metode yang telah diuji coba untuk mengobati ketombe dan kulit kepala yang kotor.

Cara menggunakan:

  • Gosok setengah butir jeruk lemon pada kulit kepala Anda sebelum mandi.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Cuci rambut Anda seperti biasanya dengan shampo.
  • Lakukan perawatan ini seminggu satu sampai dua kali saja.

27. Daun Teh dan Juice Lemon
Daun teh dengan jus lemon adalah cara lain yang terbukti efektif untuk mengurangi ketombe pada rambut. Campuran ini juga baik untuk rambut agar tampak lebih sehat dan berkilau.

Cara menggunakan:

  • Rebus daun teh kering dalam air.
  • Saring dan biarkan mendingin.
  • Tambahkan setengah perasan jeruk lemon.
  • Aplikasikan ini pada kulit kepala dan rambut dan biarkan selama satu jam.
  • Cuci rambut Anda seperti biasa.

28. Jus Labu
Jus labu bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi ketombe secara alami.
Cara menggunakan:

  • Gosokkan juice labu secukupnya ke rambut Anda secara merata
  • Biarkan beberapa saat lalu bilas
  • Anda juga bisa mencampurnya dengan jus buah bit segar untuk meningkatkan keefektivitasannya.

29. Garam Dapur
Garam dapur memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe dan lapisan kulit mati pada kepala Anda.
Cara menggunakan:

  • Lembutkan garam dapur campurkan dengan sedikit air
  • Oleskan dan pijat di pangkal rambut / kulit kepala
  • Kemudian bilas rambut Anda dengan bersih.

30. Cuka Sari Apel
Sari cuka apel merupakan salah satu bahan alami untuk perawatan rambut yang mudah di jumpai namun memiliki manfaat yang sangat besar, salah satu manfaatnya adalah untuk menghilangkan ketombe.

Cara menggunakan:

  • Campurkan 1/4 cangkir cuka sari apel dan secangkir air.
  • Pijat kulit kepala Anda dengan campuran ini.
  • Biarkan rambut Anda saat Anda mandi.
  • Bilaslah sebelum Anda keluar dari kamar mandi.
  • Ulangi perawatan ini setiap hari selama seminggu untuk menghilangkan ketombe secara menyeluruh.

Oke, mudah bukan cara merawat rambut berminyak dan berketombe ? Kamu tinggal pilih aja perawatan yang paling sesuai dan yang bahan bahannya mudah di jumpai di sekitar kamu. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mencari solusi untuk rambut berminyak! Jika Anda memiliki tips-tips lain yang lebih efektif untuk perawatan rambut berminyak, tulislah pada bagian komentar di bawah ini.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation