5 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

5 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Olahraga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, selain itu dengan berolahraga anda juga dapat mewujudkan impian anda memiliki tubuh yang ideal. Namun, apakah dengan berolahraga saja itu sudah cukup? Jawabannya adalah belum cukup, karena selain berolahraga juga harus diimbangi dengan nutrisi yang cukup dan bergizi yang diperlukan oleh tubuh. Namun ada beberapa makanan berikut ini yang tidak boleh anda konsumsi setelah berolahraga, yaitu :

1. Berbagai macam snack asin
Biasanya, tanpa sadar kita seringkali memakan makanan snack yang asin setelah berolahraga. Namun, memakan makanan snack asin ini bukan solusi yang baik bagi anda setelah berolahraga. Kenapa? Ketika tubuh anda berkeringat, maka anda kehilangan banyak nutrisi termasuk air. Nah, seharusnya anda dapat mengganti nutrisi itu dengan mengkonsumsi berbagai macam buah – buahan.

2. Makanan yang bersoda atau mengandung gula sintetis.
Gula sintetis biasanya dapat memberikan efek merusak tubuh dalam jangka panjang. Salah satunya yaitu dapat menghambat sistem metabolisme tubuh. Sedangkan, metabolisme berperan penting dalam proses penurunan berat badan. Semakin lancar sistem metabolisme tubuh anda, maka semakin mudah pula untuk mendapatkan tubuh ideal yang anda impikan. Jadi, bagi anda yang sedang melakukan diet sehat atau menginginkan tubuh yang ideal jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan soda setelah berolahraga. Karena soda juga memiliki efek yang sama dengan gula. Lebih baik jika anda membuat jus tanpa gula dengan pemanis alami yang berasal dari buah itu sendiri.

3. Makanan yang berlemak
Nah, bagi anda yang sedang merencanakan diet sehat. Tentunya anda harus mengurangi makanan berlemak apalagi ketika anda baru saja melakukan olahraga. Selain itu, anda juga harus menghindari makanan instan atau cepat saji. karena setelah berolahraga, tubuh memerlukan banyak glikogen yang merupakan zat penting yang diproduksi dan disimpan dalam otot dan hati. Sedangkan makanan berlemak tidak berperan dalam penyimpanan glikogen, selain itu makanan berlemak hanya akan meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda, sehingga akan meningkatkan resiko penyakit jantung.

4. Sayuran mentah
Ternyata, sayuran mentah ini juga dilarang dikonsumsi setelah berolahraga lho! Hal ini dikarenakan setelah berolahraga anda membutuhkan banyak nutrisi setelah kehilangan nutrisi pada tubuh. Sedangkan dengan memakan sayur mentah saja tidak cukup untuk menggantikan nutrisi yang hilang. Karena saat olahraga membutuhkan banyak ekstra serat dan protein untuk kebutuhan tubuh anda.

5. Cokelat
Mengkonsumsi cokelat setelah berolahraga juga tidak baik bagi tubuh, karena cokelat mengandung banyak kalori meskipun pada beberapa bagian cokelat juga bermanfaat seperti meningkatkan daya ingat, mengandung antioksidan untuk mencegah kanker, dsb. Adapun, jika anda mau mengkonsumsi coklat ini sebaiknya pada saat sebelum berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *