6 Cara Alami Detox Tubuh yang Efektif dan Efisien

6 Cara Alami Detox Tubuh yang Efektif dan Efisien

Detoksifikasi atau detox tubuh adalah proses untuk menghilangkan zat beracun dari dalam tubuh. Beberapa metode ini telah dipraktekkan selama beberapa dekade. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah untuk mengjilangkan racun dari tubuh manusia, namun banyak sekali orang meng klaim dirinya lebih fokus dan energik dalam menjalankan harinya. Mungkin hal ini dikarenakan tubuh tidak tercemar oleh makanan olahan.

Proses detox tubuh sebenarnya tak boleh dilakukan sembarangan. Dibutuhkan bantuan ahli untuk mengawasi program detox ini. Jangan sampai detox yang kita lakukan justru membahayakan diri kita sendiri.terutama detoksifikasi alkohol atau obat-obatan. Ini harus dilakukan dibawah pengawasan dokter.

Salah satu detoks yang sering dilakukan adalah detox buah. Detox buah sangatlah baik untuk tubuh. Saat tubuh mendapatkan buah dalam jumlah yang cukup, maka energi di dalam tubuh pun akan meningkat, membantu menjaga berat badan, dan bahkan mengurangi kemungkinan terjadinya stroke.

Detox buah dapat dilakukan dnegan mengkonsumsi beragam jenis buah maupun hanya menggunakan satu jenis buah saja. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita bisa memilih buah yang kita sukai, sehingga kita tidak menderita dalam mengkonsumsinya. Tetapi ingat, jangan sampai melebih 7 hari berturut-turut.

Konsumsilah buah jeruk yang memiliki detoksifikasi tertinggi, yaitu jeruk keprok, jeruk lemon, dan limau. Konsumsi jeruk dapat digabungkan dengan buah lainnya maupun dikonsumsi sendiri. Tergantung selera masing-masing. Sekali lagi, jangan dilakukan lebih dari 7 hari berturut-turut.

Selain menggunakan jeruk, anda juga dapat mencoba detox anggur. Anggur memiliki kandungan resveratrol yang dapat melindungi tubuh dari gangguan kanker dan diabetes. Ia berfungsi mencegah pembekuan darah. Anggur juga merupakan sumber kalium dan vitamin C. makanlah anggur bersama buah lainnya yang anda sukai selama 3-5 hari.

Selain dikonsumsi secara langsung, anda dapat membuatnya menjadi cair. Sebaiknya hindari mengkonsumsi apapun kecuali cairan (air, teh, jus buah, jus sayuran, maupun jus lainnya) selama 2-3 hari. Diet cair ini dapat membantu melejitkan pengurangan berat badan dan membatasi asupan kalori, plus diyakini dapat membersihkan tubuh dari racun tertentu, walaupun tidak ada penelitian yang solid untuk mendukung klaim ini.

Pastikan untuk menyertakan jus ini dalam menu sehari-hari untuk memastikan bahwa tubuh anda mendapatkan makanan yang tepat. Jika keinginan anda melakukan detox buah untuk menurunkan berat badan, maka sebaiknya setelah melakukan detox ini anda harus memperbaiki pola makan anda. Jika tidak, maka jangan heran apabila berat badan anda nantinya akan kembali naik.

Tak hanya makan buah-buahan dan sayuran selama 7 hari, buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat. Pastikan untuk mengkonsumsi beragam produk untuk memastikan anda mendapatkan nutrisi yang pas. Gunakan panduan berikut untuk menentukan apa yang anda konsumsi.

Dapatkan serat dari kacang merah, kacang hitam, apel, kacang kedelai, dan blueberry. Selain itu, dapatkan juga manfaat kalium dari wortel, pisang, kentang putih, dan ubi jalar. Jangan lupa juga untuk menambahkan buah kiwi, kembang kol, tomat, jeruk, kubis, manga, dan paprika sebagai sumber vitamin bagi tubuh. Folat juga penting bagi tubuh dan biasanya didapat dari bayam, melon, asparagus, jeruk, dan kacang polong. Jika ingin mendapatkan lemak baik, cobalah mengkonsumsi alpukat, zaitun, dan kelapa.

Konsumsi Makanan Organik

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan organik dan daging organik. Karena produk yang tidak organik cenderung menggunakan bahan kimia. Mereka tumbuh menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Sedangkan daging organik memiliki antibiotik yang lebih sedikit serta menggunakan obat-obatan yang lebih sedikit.

Periksalah label untuk menentukan apakah makanan atau daging yang anda beli termasuk makanan organik atau tidak. Makanan yang organik biasanya memiliki label hijau USDA Certified Organic Seal.

Minum Air
Minumlah air dalam jumlah yang cukup air yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan. Disamping menjaga keshetaan, keberadaan air sangatlah penting untuk menjaga kadar cairan didalam tubuh dan membantu ginjal mengeluarkan toksin yang ada di dalamnya. Anda bisa menambahkan jeruk lemon maupun jeruk nipis pada air yang akan anda konsumsi. Kandungan asam sitrat pada jeruk mampu mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh.menambahkan rasa pada air yang akan kita konsumsi juga akan membuat kita mengkonsumsi air lebih banyak, setidaknya 8 gelas sehari. Jangan lupa juga untuk menggosok gigi disela waktu makan untuk mencegah erosi akibat asam pada lemon.

Batasi Konsumsi Alkohol
Detok yang dilakukan hendaknya juga dilakukan dengan membatasi konsumsi alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol memiliki kaitan erat dengan timbulnya beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara wanita
Selain alkohol, maka hindari juga konsumsi gula yang berlebihan. Mengkonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan kadar gula anda dan membuat anda beresiko lebih besar untuk terkena penyakit jantung, kanker, hingga diabetes. Bacalah semua label nutrisi dan waspada terhadap gula tambahan dalam roti, salad, hingga saus.

Menghindari Racun Berbahaya
Cobalah membatasi diri agar tidak terkena beragam racun berbahaya di udara. Ini termasuk karbon monoksida dan asbes yang biasanya dapat ditemukan dirumah-rumah. Karbon monoksida adalah bahan kimia berbau yang berpotensi untuk menyebabkan sakit kepala, pusing, dan lesu. Karbon ini biasanya dihasilkan dari tungku, pemanggang, maupun mesin mobil. Untuk menghindari ini, pastikan rumah anda memiliki ventilasi yang cukup.

Meditasi
Selain itu, cobalah lakukan meditasi. Banyak sekali agama yang menganjutkan puasa sebagai cara untuk memusatkan pikiran dan memberikan rasa damai. Sementara tubuh dibersihkan, cobalah untuk membersihkan hati dengan menjauhkan diri dari rasa dendam, marah, sedih, dan perasaan negatif lainnya.
Janganlah berlebihan. Anda harus menggabungkan latihan dengan pola makan sehat yang seimbang. Dalam melakukan hal ini, tubuh jangan sampai stress. Ingat, tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Jadi, jangan lakukan hal yang ekstrim pada tubuh anda.

Ajak Teman
Cobalah mengajak teman anda untuk melakukan detoks bersama. Dengan begitu, anda juga memiliki teman yang mempu mendukung satu sama lain. Selain itu, anda juga dapat berbagi resep, tips, dan sebagainya.
Selama detoks, makanlah secara perlahan. Dengan mengunyah secara perlahan, pencernaan akan sangat terbantu. Cobalah untuk menemukan latihan yang ringan dan cocok untuk anda. Jangan lakukan aktivitas yang terlalu berat, seperti berlari atau latihan beban.

Pastikan juga anda merasa rileks. Cobalah bersantai dan membaca buku. Manjakan diri dengan SPA dan pijatan lembut. Selain itu, pastikan anda mendapatkan tidur setidaknya 8 jam sehari agar tubuh tetap fit.

Peringatan :

  1. Jangan lakukan detoksifikasi lebih dari 14 hari. Puasa atau detoks jangka panjang dapat merusak susunan metabolisme tubuh anda.
  2. Jangan sampai pingsan. Jika anda pingsan dan tidak kuat atau diet anda sudah terlalu jauh, segera makan sepotong roti atau biscuit untuk meningkatkan kadar gula darah dan coba mengkonsumsi minuman olahraga yang kaya akan elektrolit
  3. Jangan lakukan detoks cairan selama tiga hari berturut turut. Beberapa detoks diketahui dapat menyebabkan kelesuan dalam satu atau dua hari pertama.
  4. Jangan mengikuti detoks karena ikut-ikutan teman dan sebagainya. Pastikan dulu anda berkonsultasi dengan dokter pribadi anda sebelum melakukan detoks ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *