6 Cara Redakan Sakit Kepala Secara Alami

6 Cara Redakan Sakit Kepala Secara Alami

Para peneliti menyebutkan bahwa sakit kepala lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria. Perbedaan hormon diduga merupakan penyebab dan estrogen adalah salah satu penyebab migrain. Untuk mengatasi sakit kepala dengan minum obat yang ada di pasaran memang cukup mudah dan murah. Tapi jika obat penghilang nyeri tersebut dikonsumsi terlalu sering tentu juga akan membahayakan kesehatan. Jadi, jika sista mengalami sakit kepala, cobalah lakukan cara-cara berikut ini sebelum meminum obat.

1. Tidur
Kurang tidur merupakan penyebab umum sakit kepala. Adanya aliran darah yang kurang lancar akibat kurang tidur atau tidur tidak nyenyak akan menimbulkan rasa sakit pada kepala. Bahkan jika sakit kepala yang Anda alami bukan karena gangguan tidur, cobalah untuk tidur. Tidur akan membuat Anda rileks dan melancarkan aliran darah di kepala sehingga akan mengurangi bahkan menghilangkan sakit kepala.

2. Oleskan balsam atau minyak angin
Balsam dan minyak angin umumnya mengandung metil salisilat yang akan membantu menghilangkan sakit kepala dari luar tubuh. Rasa hangat yang ditimbulkan oleh kandungan mentol di dalam balsam atau minyak angin juga akan membantu meredakan nyeri. Tapi hati-hati ya, jangan sampai terkena bagian mata atau bagian yang lain yang memiliki membran mukosa agar tidak terasa perih.

3. Pijat
Lakukan pemijatan pada kepala untuk membantu melancarkan peredaran darah di kepala. Bisa juga dilakukan pemijatan dengan balsam atau minyak angin agar selain peredaran darah di kepala lancar, ada senyawa-senyawa yang akan membantu meredakan nyeri. Alternatif lain bisa juga dengan cara creambath. Lebih oke lagi jika creambathnya di salon karena dengan bantuan tenaga ahli pijatan akan terasa lebih nyaman.

4. Keramas dengan air dingin
sakit kepala juga bisa dipicu akibat cuaca panas yang “memanggang” kepala. Solusinya, keramaslah dengan air dingin (bersuhu normal-bukan air hangat). Air dingin akan mendinginkan kepala sehingga tekanan darah yang meningkat akibat cuaca panas akan menurun sehingga sakit kepala pun akan mereda.

5. Minum susu hangat
Minum minuman hangat juga dapat membantu membuat tubuh merasa nyaman termasuk kepala. Minuman hangat yang dianjurkan adalah segelas susu hangat. Pilihan lain bisa juga dengan minum air jahe hangat atau bahkan susu-jahe hangat. Kopi panas sebenarnya mengandung kafein yang bagus untuk mengatasi sakit kepala, tapi sayangnya memiliki efek samping mengiritasi lambung.

6. Kompres air hangat
Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengompres kepala menggunakan air hangat dalam botol atau kantung air. Rasa hangat dari air akan memberikan kenyamanan pada kepala dan melancarkan peredaran darah di kepala. Penggunaan kompres air hangat dianjurkan bagi Anda yang sakit kepala justru karena terlalu banyak tidur, tidak bisa minum susu, dan tidak suka dengan aroma atau rasa panas dari balsam dan minyak angin.

Itulah enam tips meredakan sakit kepala secara alami. Jika setelah menggunakan cara di atas sakit kepala tak membaik dan bahkan setelah minum obat pun tetap terasa, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut ya, sist…

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *