6 Kesalahan Dalam Menyisir Rambut

Menyisir+rambut2

Rambut memiliki keindahan tersendiri bagi wanita. Cara yang sederhana dalam merawat rambut adalah menyisir rambut. Menyisir rambut dengan teratur dapat merapikan dan juga membuat rambut lebih mudah diatur. Biasanya kita selalu rutin menyisir rambut setelah bangun tidur, setelah mandi, maupun ketika akan bepergian. Tapi sebenarnya, banyak hal yang harus diperhatikan dalam menyisir rambut. Tidak asal begitu saja, keseringan menyisir rambut pun tidak dianjurkan. Malah akan membuat rambut menjadi patah – patah atau mudah rusak. Selain itu, menyisir rambut dengan cara yang salah juga dapat merusak rambut anda. Berikut ini cara yang salah ketika menyisir rambut :
1. Menyisir ketika basah
Nah, biasanya setelah keramas dan rambut masih dalam keadaan basah, hal yang pertama dilakukan adalah menyisir rambut. Namun, hal ini tentu merupakan langkah yang salah terutama jika kita memakai sisir yang bergigi rapat, karena akan membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok. Tidak jarang juga kita melihat rambut yang terbawa di sela – sela gigi sisir. Nah, sebaiknya anda menunggu rambut kering terlebih dahulu sebelum disisir untuk mencegah kerontokkan dan kerusakan pada rambut.
2. Menyisir rambut dari akar ke ujung
Apakah anda juga sering menyisir rambut dari akar ke ujung? Sebenarnya cara ini merupakan cara yang salah karena dapat membuat rambut tertarik kuat dari akar sehingga akan menyakiti rambut anda sendiri. Lalu, cara yang benar seperti apa? Sebaiknya, anda menyisir rambut dengan mengawalinya beberapa inci dari akar rambut anda.
3. Terlalu sering menyisir
Sudah saya bahas di atas, dimana terlalu sering menyisir rambut juga merupakan cara yang salah. Karena menyisir rambut akan membuat rambut anda tertarik dari akarnya sehingga mengakibatkan rambut rontok.
Jadi, jangan terlalu sering menyisir rambut jika anda menyayangi rambut anda! Jika anda selalu merasa kurang percaya diri ketika terbiasa sering menyisir rambut, ada baiknya anda menggunakan jemari anda pelan – pelan untuk meyakinkan kalau rambut anda sudah rapi.
4. Salah memilih sisir
Salah memilih sisir juga sebagai salah satu faktor penyebab rambut rusak. Produk sisir dipasaran juga dibentuk dengan berbagai macam jenis sesuai dengan fungsinya. Sebaiknya, anda memiliki banyak bentuk sisir. Agar pemakaiannya disesuaikan dengan fungsinya untuk tetap menjaga kesehatan rambut.
5. Memakai sisir yang kotor
Apakah sisir anda sudah kotor? Nah, saatnya anda mencuci sisir anda. Karena sisir yang kotor dapat memindahkan bakteri dan kotorannya masuk ke kulit kepala anda, dengan perlahan kotoran akan terakumulasi dan menyumbat pori – pori kepala anda. Hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya ketombe. Jadi, sebaiknya anda harus rajin membersihkan sisir anda. Setidaknya sisir dicuci minimal seminggu sekali, untuk menjaga kebersihannya.
6. Terlalu kasar
Biasanya jika rambut dalam keadaan kusut, tak jarang untuk memaksa dan menariknya dengan sisir. Tanpa disadari, anda dapat melukai rambut anda sendiri selain itu juga anda dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan rontok. Lakukan rambut dengan lembut, dan tidak terlalu banyak gesekan pada rambut yang membuatnya menjadi rusak.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation