8 Langkah Atasi Masalah Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Rambut-Rontok

Perubahan hormon pada wanita biasanya terjadi pada masa – masa kehamilan. Biasanya perubahan hormon ini juga berpengaruh pada masalah kesehatan wanita yang sedang hamil. Tidak hanya itu, setelah melahirkan pun masalah kesehatan masih tetap dialami oleh sang Ibu. Salah satunya adalah masalah pada kesehatan rambut khususnya kulit kepala.
Banyak Ibu baru yang mengalami masalah rambut rontok setelah melahirkan. Masalah rambut rontok ini dialami sekitar 50% oleh wanita. Nah, anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah rambut rontok ini, ladies! Anda bisa melakukan solusi berikut ini agar masalah rambut pasca melahirkan dapat teratasi :
Langkah 1
Sebaiknya jangan mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang, selain itu juga jangan menggunakan rol rambut yang terlalu ketat. Karena hal ini akan membuat stress kulit kepala dan rambut tercabut akibat kencangnya ikatan pada rambut.
Langkah 2
Konsumsi makan makanan yang bergizi yang dapat menutrisi rambut, seperti buah dan sayuran yang mengandung flavinoid dan antioksidan. Karena kedua zat ini akan membantu merangsang pertumbuhan rambut.
Langkah 3
Usahakan untuk menjaga pola makan dan mengkonsumsi vitamin B komplek, vitamin E dan C agar rambut tetap sehat dan kuat karena ternutrisi dengan baik. Hal ini kandungan yang terdapat pada vitamin tersebut dapat mengurangi kerontokan pada rambut.
Langkah 4
Ketika anda menggunakan shampo, sebaiknya gunakan shampo yang memiliki kandungan biotin atau silika. Kedua zat ini juga dapat membuat rambut anda lebih sehat.
Langkah 5
Saat menyisir, sebaiknya pilih sisir yang memiliki jarak gigi yang lebar untuk mengurangi tercabutnya rambut dari akarnya.
Langkah 6
Nah, bagi anda yang terbiasa menggunakan hairdryer coba hentikan dulu pemakaian hair dryer atau catokan. Karena kedua alat ini dapat membuat rambut menjadi mudah patah dan rusak. Sebaiknya biarkan rambut tertata rapi secara alami.
Langkah 7
Setelah melahirkan, sebaiknya potong rambut secara teratur agar rambut lebih mudah dirapikan atau ditata, selain itu juga akan membuat ujung rambut bebas dari bercabang.
Langkah 8
Stres juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala anda lho! Stres dapat menyebabkan rambut anda mudah rontok. Jadi, hindari stress untuk mengurangi kerontokan rambut pasca melahirkan.

Ok, ladies pasca melahirkan memang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan memulihkan tenaga kembali bagi anda. Termasuk menjaga kesehatan rambut anda agar tidak bermasalah. Yang paling penting disini adalah hindari stres, karena stress menjadi salah satu penyebab utama penyakit lain yang bermunculan pasca kehamilan termasuk kerusakan rambut.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation