8 Tips Terbaik Mengobati Radang Tenggorokan secara Alami

Kondisi cuaca yang tak menentu atau pada saat musim pancaroba bisa mempengaruhi kesehatan kita. Polusi udara dan stress  juga dapat membuat daya tahan tubuh semakin buruk. Saat sistem imun kita turun dapat berisiko mudahnya kita terserang penyakit, salah satunya radang tenggorokan.

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus, biasanya memberi efek demam terhadap tubuh kita. Sedangkan penyebab lainnya disebabkan oleh bakteri, alergi, dan rokok.

Kebanyakan orang langsung mencari antibiotik begitu merasakan gejala radang tenggorokan. Padahal, belum tentu radang itu bisa segera teratasi. Ada cara-cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan radang tenggorokan.

Berikut ini adalah 9 tips terbaik untuk mengobati radang tenggorokan secara alami:

1. Perbanyak minum air hangat.
Tips mudah dan sederhana untuk mengatasi radang tenggorokan Cairan yang hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan Anda. Hindarilah minum minuman yang dingin atau asam.

2. Kumur dengan air garam hangat.
Meredakan radang tenggorokan secara alami juga dapat dilakukan dengan berkumur air garam. Caranya, campurkan garam dalam air hangat. Lalu, kumur dengan air tersebut sehari 2 kali.

3. Minum madu.
Madu berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Jadi madu bermanfaat pula untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya: campurkan 1-2 sendok makan madu ke dalam secangkir air.

4. Minum teh hijau.
Sebuah studi menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menggunakan ekstrak teh hijau mengalami peningkatan respon imunitas karena mereka dapat mengeluarkan hormon interferon, yang mampu melawan virus. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat menambahkan madu ke dalam secangkir teh hijau.

5. Minum ramuan kunyit.
Untuk meredakan radang tenggorokan, buatlah ramuan kunyit. Caranya, parut kunyit, lalu air hasil perasannya dicampur dengan sedikit garam.

6. Mengunyah cengkeh.
Mengunyah cengkeh bisa mencegah iritasi pada tenggorokan. Memang pada awalnya akan terasa panas, namun nantinya tenggorokan Anda akan terasa lebih baik dan rasa sakit akibat radang berkurang.

7. Bicara atau menyanyi seperlunya saja.
Biarkan tenggorokan Anda berisirahat dahulu, Jadi, jangan terlalalu banyak bicara jika sudah merasakan sakit pada tenggorokan. Mengistirahatkan tenggorokan bisa membantu Anda untuk pulih dengan cepat.

8. Hindari asap dan debu.
Jangan biarkan diri Anda terkena asap dan debu karena bisa mengiritasi tenggorokan lebih lanjut. Maka jauhilah lingkungan yang berasap rokok atau berpolusi.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation