Aneka Khasiat Coklat

Chocolate

Pohon kakao atau yang lebih dikenal dengan nama coklat mempunyai nama latin Theobroma Cacao yang berarti minuman para dewa. Coklat pertama kali ditemukan di Mesoamerika sekitar 4000 tahun yang lalu dan pada perkembangannya pernah dijadikan alat pembayaran di Amerika Tengah. Penguasaan terhadap daerah-daerah penghasil coklat menjadi tujuan utama dalam perang antar suku pada beberapa abad berikutnya.

Coklat pertama kali diolah oleh bangsa Maya, disusul oleh Bangsa Aztec yang memperkenalkan coklat pahit sebagai minuman atau biasa disebut xocalatl yang berarti air pahit. Orang Spanyol menambahkan gula tebu dan vanili ke dalam minuman coklat mereka setelah coklat diperkenal pertama kali di Spanyol oleh delegasi dari suku Maya.

Indonesia termasuk salah satu negara penghasil coklat. Pertama kali pohon kakao dibawa ke Sulawesi dari Venezuela. Jenis yang pertama kali ditanam adalah criollo yang merupakan varietas yang rentan kena serangan hama namun mempunyai rasa yang enak.

Coklat dengan kandungan kakao yang lebih dari 70 % juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari coklat bagi kesehatan :

Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan flavonoid dalam coklat sangat kaya antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Flavonoid juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah di otak

Mencegah Penyakit Jantung
Coklat membuat sistem kardiovaskular tubuh berjalan lancar. Dark coklat membantu menurunkan resiko serangan jantung sebanyak 50 % dan penyakit koroner sebesar 10 %. Coklat juga dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat atau LDL dan menaikkan kolesterol baik atau HDL.

Anti depresan
Ketika anda sedang stres, ada baiknya anda mengkonsumsi coklat. Coklat mengandung serotonin yang merupakan antidepresan alami. Coklat dapat merilekskan sel-sel syaraf yang akan membuat kita merasa enjoy ketika beraktivitas.

Menjaga Kecantikan Kulit
Coklat dapat dijadikan sebagai masker yang dapat menutrisi kulit wajah. Kandungan flavonoid dalam coklat menjaga kelembaban kulit dan menjaga dari pengaruh buruk sinar UV. Selain dijadikan masker, coklat yang dikonsumsi juga dapat menghambat penuaan pada wajah karena kandungan antioksidan dalam coklat.

Menurunkan resiko diabetes
Coklat dapat meningkatkan produksi insulin alami jika dikonsumsi. Meningkatnya produksi insulin alami berarti menurunkan resiko diabetes pada seseorang

Mengurangi Resiko Kanker
Kandungan antioksidan dalam coklat menyebabkan protein tertentu dalam tubuh menghambat bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor. Dengan demikian, maka resiko terkena kanker akan turun.

Selain aneka khasiat coklat di atas, berikut ini beberapa jenis coklat dan manfaatnya :

1. Couverture
Couverture merupakan jenis coklat murni dengan presentase lemak kakao yang tinggi dan biasa digunakan pada produk coklat buatan tangan. Dalam pengolahannya, couverture harus dilelehkan terlebih dahulu.

2. Coklat putih
Coklat putih tidak mengandung coklat padat dan terbuat dari lemak coklat, gula dan vanili. Biasanya dikonsumsi langsung atau dibuat untuk dekorasi.

3. Coklat susu
Coklat ini terbuat dari gula, kakao, coklat cair, susu dan vanila serta dapat langsung dikonsumsi

4. Coklat tawar
Coklat ini mengandung massa kakao sebesar 30-70% dan biasa digunakan dalam pembuatan kue, cake atau makanan berbahan coklat lainnya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation