Apa Sih Arti SPF dan PA pada Krim Tabir Surya?

CTK42-mengenal arti spf dan pa

Setiap membeli krim tabir surya atau dikenal dengan sunblock atau sunscreen, selalu tertulis SPF sekian atau PA sekian plus. Apa ya maknanya? Sista tentu perlu tau apa artinya agar dapat menentukan krim tabir surya dengan SPF atau PA berapa yang kita butuhkan. Berikut ini penjelasannya.

SPF (Sun Protection Factor)
SPF sebenarnya adalah ukuran seberapa kuat tabir surya yang kita pakai dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari. SPF ini sering di salah artikan sebagai seberapa lama krim tabir surya yang kita gunakan dapat melindungi dari sengatan sinar matahari, padahal sebenarnya SPF sama sekali tidak ada hubungannya dengan lama waktu perlindungan.

Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis sinar UV yang dipaparkan matahari : UVA dan UVB. SPF disini hanya melindungi kita dari paparan sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Besarnya sinar UVB yang diserap pun berbeda-beda, tergantung besarnya angka SPF yang biasa tertera pada kemasan.

Sebagai contoh, SPF 15 melindungi hanya 93,3% sinar UVB; SPF 30 menyerap 96,7%; SPF 50 menyerap 98%. SPF tertinggi yang disarankan adalah SPF 50. SPF yang lebih tinggi (70-100) memang menawarkan proteksi yang lebih baik, akan tetapi presentase perbedaannya hanya sedikit dan menyebabkan kulit kita terpapar lebih banyak bahan kimia yang pastinya tidak baik untuk kulit.

PA (Protection Grade of UV A)
Puas bekenalan dengan SPF, mari kita beralih ke PA. Tanda + setelah kode PA pada kemasan krim tabir surya menandakan tingkat perlindungannya terhadap sinar UVA yang ternyata efek membakarnya dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dan meningkatkan risiko kanker kulit. Tinggi rendahnya tingkat PA dapat diketahui dari jumlah tanda + yang tertera pada kemasan (PA+, PA++, PA+++, dll.). Semakin banyak tanda +, semakin tinggi tingkat perlindungan terhadap UVA.

Walaupun krim tabir surya yang mengandung SPF dan PA mampu melindungi kulit sista. Tapi bukan berarti sista bisa berlama-lama di bawah sinar matahari. Tetap kenakanlah topi, payung, dan berbagai pelindung kulit lainnya.

Perlu dicermati juga bagi pemilik kulit berminyak agar bijak memilih krim tabir surya. Pada umumnya, semakin tinggi angka SPF dan PA, akan semakin memberikan efek berminyak. Oleh karena itu gunakanlah krim tabir surya seperlunya. Misalnya jika sista beraktivitas di dalam ruangan seharian, maka cukup gunakan krim tabir surya SPF 30 PA +, tidak perlu sampai SPF 50 PA +++. Gunakan SPF 50 atau lebih tinggi hanya jika benar-benar akan terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama.

Sekian sista perkenalannya dengan SPF dan PA ^^

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Apa Sih Arti SPF dan PA pada Krim Tabir Surya?

  1. katanya kalo kulit berminyak dan berjerawat disarankan untuk tidak memakai cream2 pelembab????lalu apa bedanya dg sun blok????apakah sun blok aman untuk kulit berjerawat???

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation