Apa Saja Camilan Sehat dan Nggak Bikin Gemuk?

Apa Saja Camilan Sehat dan Nggak Bikin Gemuk?

Ngemil memang paling sering dikambinghitamkan sebagai penyebab kegemukan. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah karena seringkali memang asupan kalori dari camilan lebih tinggi dari makanan pokok kita. Jadi percuma saja jika kita diet mati-matian dengan hanya makan sekali sehari tapi tetap ngemil.

Trus gimana dong kalo nggak bisa berhenti ngemil? Padahal kadang ngemil merupakan peredam stress dan dianggap membuat wanita lebih bahagia. Kalo gitu coba deh sista ngemil makanan-makanan berikut ini.

1. Pop Corn
Cemilan yang satu ini tinggi serat dan rendah kalori. So, selain nggak bikin gemuk juga bisa membantu memperlancar pencernaan sista. Tapi pastikan pop corn tersebut tidak diolah dengan mentega, minyak, garam, dan gula dalam jumlah tinggi ya.

2. Oats
Bubur Oats yang diolah dengan susu rendah lemak dan ditambah dengan topping buah-buahan merupakan camilan sehat sekaligus mengenyangkan. Oats membantu menurunkan kolesterol sekaligus menstabilkan kadar gula darah.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung lemak yang baik bagi tubuh. Selain itu kandungan vitamin E di dalamnya juga sangat baik bagi kulit. Berbagai jenis kacang dapat sista jadikan cemilan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, maupun kacang almond. Kacang kedelai bahkan mengandung fitohormon yang dapat membantu mencegah kanker.

4. Kuaci
Biji yang biasa jadi makanan hamster ini ternyata juga menyehatkan. Bukan cuma rasanya yang gurih, tapi kandungan lemak baik dan vitamin E di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Sista bisa memakan kuaci sebanyak yang sista mau, dan itu sangat bagus karena kuaci akan habis dalam waktu lama. Kesulitan saat mengupas kulit kuaci akan memperlama waktu konsumsi kuaci. Jadi, sista pun seolah ngemil dalam waktu yang lama.

5. Creepes isi buah-buahan
Siapa yang tak suka creepes? Camilan renyah yang satu ini memang menggugah selera. Tapi hati-hati dengan kandungan gula, coklat, atau keju yang biasa ditambahkan pada creepes. Jika itu dilakukan, sista malah akan tambah gemuk. Kulit creepes sebenarnya rendah kalori jika hanya terbuat dari tepung gandum, air, dan susu rendah lemak. Sebagai isiannya, gunakanlah kombinasi madu dan buah-buahan.

6. Keripik buah
Camilan yang satu ini juga renyah menggugah selera. Biasanya kripik terbuat dari kentang atau umbi-umbian yang tinggi karbohidrat serta mengandung banyak gula atau garam. Pilihlah keripik yang terbuat dari buah-buahan dan pengolahannya dengan pemanggangan (bukan digoreng). Pilih juga yang rendah kadar gula dan garam, serta bebas penyedap rasa.

7. Yoghurt
Campur deh yoghurt tawar kental dengan madu. Campuran ini akan menghasilkan tekstur yang mirip dengan es krim. Sista bisa juga menjadikan yang satu ini sebagai pilihan camilan. Yoghurt sendiri mampu membantu melancarkan pencernaan sedangkan madu akan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pilih yoghurt tawar ya, sebab biasanya yoghurt dengan rasa mengandung kadar gula yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *