Atur Kadar Asam Lambung Untuk Mencegah Infeksi Pencernaan Dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Atur Kadar Asam Lambung Untuk Mencegah Infeksi Pencernaan Dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Siapa yang tidak pernah mengalami magh? Magh atau bisa juga disebut sebagai peningkatan kadar asam lambung ini memang seringkali menyerang kita, terutama ketika kita salah mengatur pola makan. Magh memang sangat menganggu bahkan menyakitkan, karena asam lambung yang berlebih dapat membuat tidak nyaman tenggorokan dan rasa terbakar pada ulu hati. Dan jika sudah semakin kronis akan berbahaya bagi sistem pencernaan kita. Bagaimana cara pencegahannya? Yaitu, dengan mengatur kadar asam lambung serta mengurangi peningkatan asam lambung berlebih melalui cara berikut ini:

1. Minum air yang cukup
Air memang sumber dari kesehatan kita. Dimana, jika kita kekurangan air maka bisa menimbulkan dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah pada asam lambung. Sebenarnya, air berfungsi untuk menetralkan asam dilambung. Nah, untuk menjaga kenetralan asam lambung anda, anda harus meminum air dengan jumlah yang sudah ditentukan. Jadi, air ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menetralkan kadar asam pada lambung kita.

2. Kurangi memakan makanan asam, pedas, dan asin
Makanan yang mempunyai rasa yang mencolok seperti pedas dan asin dapat menyebabkan naiknya kadar asam pada lambung anda dan menyebabkan dehidrasi, serta dapat menyebabkan radang pada sistem pencernaan . Selain itu, makanan yang sulit dicerna dan mengandung asam dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.

3. Minum susu
Cara yang ketiga untuk mengatur atau mengurangi asam lambung adalah dengan meminum segelas susu. Karena susu dapat mengurangi panas perut juda memberikan efek dingin pada perut.

4. Konsumsi daun mint
Cara sederhana dan alami lainnya untuk mengurangi asam lambung adalah dengan mengunyah daun mint yang dingin dan menyegarkan. Nah, selain dapat mengurangi kadar asam lambung, daun mint ini juga membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

5. Berhati – hati saat makan
Saat makan kita juga harus berhati – hati, jangan sampai udara berlebih masuk ke dalam mulit karena akan meningkatkan asam lambung dengan mengakibatkan kembung atau terbentuk gas yang tidak diinginkan dalam perut. Selain itu, saat anda bersendawa untuk mengeluarkan gas, sendawa itu sendiri juga dapat membawa kelebihan asam lambung hingga ke kerongkongan yang mengakibatkan peradangan. Jadi, anda harus berhati – hati ketika anda sedang makan.

6. Hindari rokok dan alkohol
Alkohol merupakan larutan yang biasa digunakan sebagai pelarut pada senyawa kimia, namun ada beberapa makanan yang alami yang mengandung sedikit alkohol. Nah, jika kita mengkonsumsi alkohol atau kandungan akan memberikan efek panas pada tubuh serta meningkatkan asam lambung dalam perut. Selain itu efek dari rokok juga bisa menyebabkan kadar asam meningkat dalam perut. Jadi, jauhilah rokok dan alkohol dari anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *