Bagaimana Cara Menjaga Kelembaban Kulit?

ctk77

Kulit merupakan bagian penting dari tubuh kita. Selain fungsinya yang memang melindungi tubuh kita dari gangguan fisik maupun kimia, kulit juga merupakan indra peraba yang sensitif bagi sentuhan. Siapa yang tak ingin kulitnya cantik? Kulit yang cantik diawali dengan menjaga kelembabannya. Kulit lembab akan membuatnya halus, lembut, dan tidak kusam. Hal tersebut akan membuat kulit sista menyenangkan untuk dilihat maupun disentuh. So, sudah siap untuk mendapatkan kulit lembab yang nyaman disentuh? Berikut tips-tipsnya.

Rajin melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati
Sel-sel kulit mati yang menumpuk merupakan pemicu kulit tampak kusam dan kasar. Memang sih kulit kita memiliki mekanisme penghilangan sel-sel kulit mati tiap regenerasi. Tapi, proses penghilangan tersebut berjalan lambat dan harus kita bantu agar lebih cepat. Bantuan yang dapat kita berikan adalah dengan rajin minum air putih agar banyak berkeringat sehingga akan meluruhkan sel-sel kulit mati. Tidak cukup hanya itu, lakukan juga proses pengelupasan (peeling). Sista bisa menggunakan lulur kocok, lulur bali, body scrub, atau lulur bubuk. Semuanya memiliki fungsi yang sama yakni membantu pengangkatan sel-sel kulit mati.

Bisa juga sista menggunakan scrub buatan sendiri. Pilihan yang bisa digunakan adalah scrub wortel yang terbuat dari parutan wortel yang dicampur minyak zaitun atau minyak kelapa. Bisa juga dengan kopi atau gula (butiran halus) yang dicampur dengan baby oil. Lakukan proses pengelupasan ini seminggu sekali saja. Jika pengelupasan dilakukan terlalu sering, akan membuat kulit tidak sempat meregenerasi sel-selnya.

2. Rutin kenakan pelembab
Pelembab yang dimaksud adalah body lotion. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan menepuk-nepukkan handuk, jangan dengan menggosok kulit terlalu keras. Gosokan yang terlalu keras dari handuk akan membuat kelembaban kulit terkikis.

Waktu mengoleskan body lotion yang terbaik adalah tiga sampai lima menit setelah mengeringkan tubuh dengan handuk karena saat itu kulit masih dalam keadaan lembab oleh air. Kulit yang masih lembab oleh air akan mudah menyerap nutrisi dari body lotion. Selain itu, mekanisme dari body lotion ataupun jenis pelembab lainnya adalah dengan menahan air dalam kulit sehingga tidak akan menguap. Kenakanlah pelembab tersebut secara rutin setiap habis mandi.

3. Lindungi kulit
Sia-sia sista melakukan berbagai perawatan untuk mempercantik kulit jika tidak melakukan tindakan penjagaan. Lindungilah kulit dari sinar UV dengan mengenakan SPF atau setidaknya hindarilah paparan sinar matahari langsung. Bisa juga dengan menegnakan pakaian tertutup atau jaket. Selain melindungi kulit dari UV, penting juga untuk menghindari bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit dan berbagai gesekan (garukan, pakaian ketat, luka, dll).

Perlindungan dari dalam yang bisa dilakukan selain minum air putih adalah minum suplemen vitamin E, perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukup tidur, hindari stress, dan rajin berolahraga.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation