Banyak Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jambu biji memang tidak sesegar jambu air saat dimakan. Namun, jambu biji sudah banyak yang dikonsumsi dalam bentuk jus dan dinikmati dalam konsisi dingin, rasanya juga sesegar jus melon dan jus semangka.

Buah ini berbentuk seperti buah pir atau bulat, berwarna hijau atau kuning atau merah marun saat masak, dengan daging putih atau merah marun serta banyak biji kecil dalam daging buah yang lembut dan manis.

Berikut ini adalah manfaat jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan:

KESEHATAN:

1. Mengatasi Diare & Disentri.
Jambu biji sangat kaya astringents yang memiliki desinfektan serta anti-bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan cara menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra di usus. Nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium dapat membantu memperkuat sistem pencernaan dan disinfeksi itu.

2. Mengatasi Sembelit.
Jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan yang bermanfaat . Bijinya, dapat dimakan dan berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik.

3. Sebagai Obat Batuk & Demam.
Minuman jus jambu biji mentah atau rebusan daun jambu biji sangat membantu menyembuhkan sakit batuk dan mendinginkan tenggorokan karena batuk-batuk, mengurangi lendir, desinfektan saluran tenggorokan, pernapasan dan paru-paru dan menghambat aktivitas mikroba. Minuman ini juga dapat bermanfaat sebagai obat demam.

4. Sebagai Obat Tekanan darah Tinggi.
Jambu biji ini juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mengurangi tekanan darah.

5. Jambu biji dapat membantu mengendalikan diabetes.

6. Jus daun jambu bermanfaat pula sebagai obat sakit gigi, gusi bengkak & ulkus oral.

7. Menyembuhkan luka bila diterapkan secara eksternal,

8. Membantu meredakan kejang-kejang, epilepsi, infeksi bakteri.

KECANTIKAN:

1. Untuk program diet.
Jambu biji mengandung asupan protein, vitamin dan serat dan tanpa kolesterol serta kandungan karbohidratnya sehingga membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan mendukung program diet Anda. Hanya dengan mengkonsumsi jambu berukuran menengah pada waktu makan siang, maka Anda tidak akan merasa lapar sampai malam. Tapi ingat Ladies, Anda harus bijak dalam melakukan program diet, jangan sampai kesehatan Anda terganggu dengan meminimalisir menu makanan Anda.

2.Untuk Perawatan Kulit.
Jambu biji sangat kaya akan vitamin A, B, C dan kalium dan anti oksidan yang bermanfaat

  • membantu meningkatkan tekstur kulit
  • menghindari masalah kulit lebih dari baik dibandingakan krim kecantikan atau toner kulit
  • mencerahkan dan mengencangkan kulit kendur
  • pendetoks dan menjaga kulit Anda bercahaya
  • mencegah penuaan dini
  • mengatasi keriput

2 Comments

  1. Thanks infonya …nggak nyangka buah yang banyak terdapat di pekarangan rumahku,,yang biasanya sering kami abaikan…ternyata banyak sekali manfaatnya,,,so mulai sekarang,,,akan kami nikmati manfaatnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *