Beberapa Dampak Negatif Pada Pemakaian Kosmetik

Beberapa Dampak Negatif Pada Pemakaian Kosmetik

Make up sudah menjadi pelengkap dalam diri wanita. Wanita tanpa make-up rasanya tidak lengkap, bahkan sudah menjadi keharusan bagi setiap wanita di masa kini khususnya. Tapi tentunya, kita sebagai wanita harus hati – hati memilih make-up sebagai pelengkap keseharian kita. Berikut akan saya paparkan mengenai bahaya kosmetik yang digunakan saat make-up :

1. Iritasi kulit
Iritasi kulit mungkin merupakan efek yang ringan dari pemakaian kosmetik. Akan tetapi, jika dibiarkan akan berbahaya, hingga dapat merusak kulit anda. Permasalahan iritasi kulit ini biasanya berupa timbulnya jerawat, kulit kemerah-merahan, serta kulit mengelupas. Namun, jangan sepelekan permasalahan iritasi kulit ini, jika anda mengalami iritasi kulit seperti yang telah dijelaskan di atas, segera hentikan pemakaian kosmetik yang biasa anda pakai.

2. Mata Merah dan Gatal
Kontak mata dengan beberapa kosmetik yang biasa dipakai di daerah sekitar mata, jika tidak cocok biasanya menimbulkan reaksi yang gatal dengan mata kemerah – merahan. Hal ini juga jangan disepelekan dikarenakan, jika dibiarkan dalam jangka panjang dengan reaksi yang sama akan merusak indera penglihatan anda. Jadi, hati – hati memilih eyeshadow, maskara, dan eyeliner. Selain itu usahakan untuk membersihkan make-up dengan benar, agar tidak menyebabkan iritasi pada mata anda.

3. Kulit Berjerawat
Kulit berjerawat bisa saja terjadi, dikarenakan bahan – bahan yang dipakai dalam kosmetik tersebut memicu timbulnya jerawat pada kulit. Saran saya, jangan mengganti – ganti kosmetik selain membuat tipis lapisan kulit, juga akan menimbulkan jerawat sebagai efek dari ketidakcocokan kosmetik yang anda pakai.

4.. Kulit Menjadi Kusam
Maksud hati ingin menjadikan kulit putih, namun karena pemakaian kosmetik yang salah malah menjadi kusam. Oh no! Namun, pemakaian kosmetik dalam jangka panjang juga bisa menjadi penyebab kulit menjadi kusam, terutama pada kulit wajah. Kurangi pemakaian kosmetik yang berlebihan. Pilihlah foundation dan bedak sesuai dengan jenis kulit anda.

5. Sakit Kepala
Pemakaian kosmetik yang salah bisa membuat seseorang merasa pusing, karena beberapa kosmetik memakai bahan baku merkuri atau bahan logam berbahaya lainnya yang kita tidak tahu. Dampak ini pasti terjadi, karena kemungkinan kosmetik ikut tertelan. Tidak hanya itu, kandungan merkuri dalam kosmetik jika dipakai dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kanker. Jadi, hati-hati memakai kosmetik. Pilihlah kosmetik yang sudah diakui oleh badan kesehatan.

6. Kerusakan Ingatan
Dampak yang paling buruk dari efek penggunaan kosmetik ini adalah kerusakan ingatan. Bagaimana tidak, kandungan bahan logam yang berbahaya dapat memicu timbulnya penyakit yang dapat merusak ingatan anda jika dipakai dalam jangka panjang.

Sebaiknya, gunakan kosmetik yang aman dan sudah dipercaya. Saat ini munculnya berbagai macam produk kosmetik memang sangat mengkhawatirkan, dikarenakan banyaknya kosmetik yang mengandung merkuri. Lebih baik, gunakan kosmetik seadanya, dan jangan terlalu berlebihan. Karena dampaknya tidak baik bagi kesehatan kulit anda.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *