Beberapa Kosmetik Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

ibuhamil

Seorang wanita hamil seharusnya menjaga kesehatan dan perkembangan janin yang ada didalam kandungannya. Sebaiknya, ketika hamil kurangi penggunaan kosmetik yang berlebihan dikarenakan komposisi kosmetik yang dapat mempengaruhi perkembangan janin, terutama bagi anda yang suka sekali memakai make up dalam kesehariannya. Apalagi saat ini banyak kosmetik yang mengandung mercury yang berakibat negatif pada janin, bahkan bisa mengakibatkan bayi cacat lahir. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kosmetik yang dilarang digunakan oleh ibu hamil :

1. Obat Jerawat
Bagi anda yang sedang mengandung, sebaiknya hidari dulu penggunaan obat jerawat meskipun anda merasa risih dengan jerawat yang menempel pada wajah anda. Karena kebanyakan obat jerawat mengandung retinoid, retinol atau asam salisilat. Kandungan pada obat jerawat tersebut sangat berbahaya bagi ibu hamil, apalagi dengan dosis yang tinggi bisa mengakibatkan bayi cacat lahir. Jika jerawat membandel, dan anda sudah sangat risih dengan jerawat yang menempel sebaiknya menggunakan obat – obat alamiah seperti masker tomat, lidah buaya atau menggunakan masker wortel yang tidak mengandung efek samping bagi janin anda.

2. Krim Malam atau Krim Anti Aging
Menggunakan krim malam atau anti aging itu sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil, karena bisa mengancam kesehatan janin dalam kandungan ibu. Biasanya, Krim malam atau anti aging mengandung retinol dan retinoid yang bisa merusak perkembangan janin anda.

3. Parfum atau produk yang mengandung wewangian dengan bau tajam
Penggunaan parfum, deodoran, atau kosmetik lainnya yang berbau tajam tidak dianjurkan digunakan oleh ibu hamil. Apalagi produk kosmetik yang tidak mencantumkan BPOM atau abal – abal, sangat berbahaya bagi janin karena dapat menyebabkan keracunan pada janin anda.

4. Krim Pemutih
Hindari krim pemutih saat anda sedang hamil. Krim pemutih saat ini sudah banyak di pasaran dengan berbagai macam merek produk kosmetik. Krim pemutih sangat berbahaya bagi Ibu hamil, karena biasanya krim pemutih mengandung hidrokuinon ataupun senyawa logam lain yang berbahaya. Krim pemutih yang mengandung hidrokuinon, selain berbahaya bagi janin juga berbahaya bagi Ibunya. Karena dapat menyebabkan kanker pada Ibunya, dan cacat lahir hingga meninggal bagi janin yang dikandungnya.

5. Cat kuku dan pewarna rambut
Hindari pemakaian cat kuku dan pewarna rambut saat anda hamil. Karena sangat berbahaya bagi janin yang anda kandung. Pembersih kutek seperti aseton sebaiknya anda hindari demi kesehatan bayi anda kelak. Selain itu, sebaiknya ketika hamil anda tidak pergi ke salon. Karena uap kimia yang bisa anda hirup di salon dapat berpengaruh pada perkembangan janin anda.

Nah, sudah jelas kan bahwa beberapa kosmetik tidak dianjurkan bagi Ibu hamil? Demi menjaga pertumbuhan janin dalam kandungan anda, sebaiknya anda kurangi pemakaian kosmetik yang berlebihan. Dengan tampil natural juga anda terlihat lebih cantik alami.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation