Bengkoang, Mencerahkan Wajah Secara Alami

CTK02-Bengkoang, Mencerahkan Wajah Secara Alami

Bengkoang, umbi yang seringkali dianggap buah ini selain enak dikonsumsi karena rasanya yang segar ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Banyak juga sediaan kosmetik yang berbahan bengkoang. Tapi karena buah yang satu ini harganya murah dan mudah ditemui, maka tidak ada salahnya kita mengolahnya sendiri sebagai salah satu bentuk perawatan kecantikan. Kita tengok dulu apa saja manfaat umbi berwarna putih ini.

Menghilangkan Noda Hitam
Bengkoang mengandung pachyrhizon, rotenone, vit B1, dan vit. C yang ternyata mampu membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Tentunya untuk memberikan hasil yang memuaskan, perlu menggunakannya secara rutin

Mendinginkan dan Membuat Rileks
Selain digunakan dalam bentuk masker, bengkoang juga digunakan dalam bentuk bedak dingin oleh puteri-puteri keratin. Efek dinginnya ini membuat bedak bengkoang mampu melepaskan ketegangan sehingga memberikan rasa rileks pada kulit wajah.

Mencerahkan Kulit
Bengkoang secara turun-temurun telah digunakan sebagai pencerah kulit. Oleh karenanya produsen kosmetik menggunakannya dalam sediaan bedak, masker, sabun, pembersih wajah, dan pelembab. Masker yang terbuat dari bengkuang alami sendiri merupakan masker pencerah kulit wajah yang relatif aman dan minim efek samping.

Cara membuat masker bengkoang alami:
1. Siapkan umbi bengkoang berukuran sedang
2. Kupas kulitnya lalu cuci bersih
3. Parut bengkoang lalu peras airnya. Air perasan bengkoang tamping dalam gelas bening. Ampas perasan bengkuang dibuang
4. Diamkan air perasan bengkoang selama minimal 30 menit hingga timbul endapan berwarna putih di dasar gelas
5. Buang air endapan yang berwarna bening di bagian atas, biarkan endapan berwarna putih susu di bagian bawah

Cara Penggunaan:
1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Dengan bantuan kuas masker (jika ada), oleskan endapan bengkoang tersebut pada wajah dan leher hingga rata
3. Rasakan sensasi dingin dan segar yang akan membuat sista rileks
4. Diamkan masker hingga mengering
5. Basuh masker kering di wajah dengan air dingin lalu keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya menggunakan handuk
Note: Jika endapan tidak langsung digunakan atau masih tersisa, pindahkan pada wadah lebar untuk mempercepat pengeringannya. Endapan yang kering akan berupa bubuk halus. Simpanlah di tempat sejuk dan kering agar tahan lama. Apabila hendak digunakan kembali sebagai masker, tambahkanlah air mawar atau air biasa hingga mengental kemudian digunakan pada wajah seperti cara di atas.

Masker bengkoang ini bisa sista gunakan satu sampai dua kali seminggu atau setiap wajah terasa lelah. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation