Berapa Jumlah Kalori yang Sebenarnya Anda Butuhkan?

ctk146

Kita mungkin telah tahu berapa kandungan kalori pada tiap makanan. Tapi kita juga tentu perlu tahu berapa sebenarnya jumlah kalori yang kita butuhkan dalam sehari. Dengan mengetahuinya, kita akan lebih mudah mengatur pola makan. Berikut ini akan kami bagikan cara-cara menghitung jumlah kalori yang kita butuhkan dalam sehari.

CARA 1
1 gram protein mengandung 4 kalori, begitu pula dengan karbohidrat. Sedangkan 1 gram lemak mengandung 9 kalori. Maka aturlah lemak sebanyak 0.75 (75%) dari berat badan. Dalam perhitungan ini berat badan dalam satuan pounds, dimana 1 kg = 2 pounds.

Contohnya, seseorang dengan berat badan 200 pounds:
200 x 0.75 = 150 gram protein = 600 kalori
200 x 0.75 = 150 grams karbohidrat = 600 kalori
200 x 0.75 = 150 grams lemak = 1,350 kalori
Total: 2,550 kalori

Note: Karena jumlah kalori yang dihasilkan oleh protein dan karbohidrat per gramnya sama, maka jika sista ingin makan protein lebih banyak (contohnya daging dada ayam tanpa lemak), maka kurangilah asupan karbohidrat, dan sebaliknya.

CARA 2
Cara berikutnya adalah dengan menghitung AMB atau BMR. Angka Metabolisme Basal (AMB) atau Basal Metabolic Rate (BMR) adalah kebutuhan energi minimal yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses tubuh yang vital. Kurang lebih sama dengan jumlah kalori yang sista butuhkan untuk tidur alias tidak beraktivitas. Angka ini dihitung menggunakan persamaan Harris-Benedict dan berbeda terhadap pria dan wanita. Berikut ini cara menghitungnya.

Wanita
BMR Wanita = 655 + (4.35 x berat badan dalam satuan pounds) + (4.7 x tinggi badan dalam satuan inchi) – (4.7 x usia dalam satuan tahun).

BMR Pria = 66 + (6.23 x berat badan dalam satuan pounds) + (12.7 x tinggi badan dalam satuan inchi) – (6.8 x usia dalam satuan tahun).

Note:
1 kg = 2 pounds
1 cm = 0.39 inchi

Karena hasil perhitungan di atas merupakan jumlah kalori minimal yang dibutuhkan tubuh dalam aktivitas mendasar, maka untuk mendapatkan jumlah kalori yang tepat sesuai aktivitas adalah sebagai berikut:

– Jika Anda tidak pernah atau jarang olahraga, kalikan hasil perhitungan BMR dengan 1.2
– Jika Anda berolahraga atau beraktivitas ringan, kalikan hasil perhitungan BMR dengan 1.375
– Jika Anda berolahraga tiga sampai lima kali seminggu, dengan olahraga tingkat sedang, maka kalikan hasil perhitungan BMR dengan 1.55
– Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas berat enam sampai tujuh kali seminggu, maka kalikan hasil perhitungan BMR dengan 1.725
– Jika Anda bekerja sepanjang hari atau melakukan aktivitas fisik yang sangat berat (ekstrim), maka kalikan hasil perhitungan BMR dengan 1.9

Dengan mengetahui jumlah kalori yang Anda butuhkan per hari, Anda bisa mengatur pola makan terutama selama diet. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi 500 kalori per hari, maka sista bisa memilih mengurangi asupan kalori sebanyak 350 kalori dan menambah aktivitas pembakar kalori sebanyak 150 kalori. Anda juga bisa melakukan pencatatan apa saja yang Anda makan dan kerjakan selama sehari untuk menghitung jumlah kalori Anda yang keluar dan masuk per hari.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Berapa Jumlah Kalori yang Sebenarnya Anda Butuhkan?

  1. wah…ribet yach…..untung ada Herbalife…. Cukup gantikan menu sarapan dan makan malam dengan segelas Shake mix, siangnya kita bebas makan. Langsing dech….tanpa harus kelaparan….tanpa diet ketat…..tanpa olah raga keras,…bonusnya badan sehat, energik, dan langsing….

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation