Bye Bye, Flek Hitam

Bye Bye, Flek Hitam

Wanita pasti mengidamkan kulit cantik, putih, bersih, mulus. Terutama kulit wajah. Hanya saja, wanita biasanya dihantui momok flek hitam yang tidak enak dipandang mata saat kita bercermin, bukan?

Flek hitam atau yang biasa dengan black spots ini disebabkan oleh paparan sinar matahari, penuaan kulit dan bekas jerawat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi. Memang treatment di salon akan lebih cepat, namun tidak semua orang yang memiliki tingkat ekonomi yang sama untuk menyiapkan biaya besar demi perawatan kecantikan ke salon.

Maka dari itu cobalah dengan tips dan trik tradisional, diantaranya berikut ini:

1. Bahan Alami. Masker buah-buah dan sayuran bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasi flek hitam. Sebab selain aman untuk dipakai, masker buah-buahan atau sayur-sayuran dapat menghaluskan, melembabkan, dan mengencangkan kulit, serta sebagai anti-oksidan.

2. Krim Pencerah. Krim ini sangat familiar dipakai oleh wanita. Praktis dan mudah dibeli di berbagai swalayan. Pilihlah krim yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Perhatikanlah, bahwa bahan yang terbilang aman dan paling banyak digunakan di pasaran adalah hydroquinone. Normalnya, produk pemutih kulit mengandung 2%-4% hydroquinone.

3. Sunblock. Gunakan Sunblock ketika berada di luar ruangan, untuk menghindari flek meluas. Krim ini efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pilihlan sunblock dengan kandungan SPF minimal 15.

4. Trik Make-up. Manfaatkan foundation dan concealer merupakan tips kombinasi produk make-up yang dapat menutupi flek hitam. Oleskan foundation merata di seluruh wajah. Kemudian baru titik-titikanlah concealer di bagian wajah yang bernoda, ratakan dengan dengan jari.

Bahan-bahan alami yang bisa dijadikan perawatan menghilangkan flek hitam, adalah:

1 Jeruk Nipis. Kandungan vitamin C-nya dapat mengangkat sel kulit yang mati dengan cepat. Perawatan ini cocok untuk wanita di atas 40 tahun.

Cara: Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Lalu gosokkan ke kulit wajah. Setelah itu diamkan hingga kering. Bilaslah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Barulah bilas dengan air biasa.

2. Semangka. Buah ini mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, B dan C, berkhasiat membantu memutihkan kulit dan mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Cara: Ambil daging buah semangka secukupnya, buatlah jus, lalu oleskan pada wajah, baru diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan wajah dengan air hangat, untuk hasil maksimal bilas dengan air dingin.

3. Bengkoang. Buah ini memiliki fungsi mencerahkan kulit sehingga otomatis mampu menyamarkan flek hitam.

Cara: Parut bengkoang, peras, lalu ambil saripatinya. Setelah itu tempelkan di wajah. Biarkan sampai kering beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Barulah  bilasan kedua dengan air biasa.

4. Air Cucian Beras. Diamkan air cucian beras yang pertama. Ambil saripatinya, lalu tempelkan di wajah beberapa menit. Baru bilas.

 

Silakan mencoba dan lakukan secara rutin di rumah ya! And say bye bye to black spot soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *