Cara Agar Wajah Tidak Kusam dan Tampak Cerah

ctk170

Kulit wajah cerah bukan berarti memiliki kulit wajah yang berwarna putih tapi wajah yang bersih dan tidak kusam. Untuk memilikinya memang perlu ketelatenan ekstra. Tapi buah dari ketelatenan tersebut tentu sangat sebanding. Kulit wajah yang cerah dan tampak bersih tentu bukan lagi sekedar dambaan belaka.

Lindungi dari sinar UV
Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari merupakan musuh utama kulit. Sinar UV dapat mempercepat penuaan dini sehingga menimbulkan kerutan pada wajah dan flek-flek hitam. Oleh karenanya, hindari paparan sinar matahari langsung atau kenakanlah sunblock setiap akan beraktivitas di luar ruangan.

Lakukan pengangkatan sel-sel kulit mati secara rutin
Wajah yang tampak kusam disebabkan karena penumpukan sel-sel kulit mati. Lakukanlah pengangkatan sel kulit mati tersebut secara rutin dengan jalan scrubbing dan mengenakan masker. Kulit yang sel-sel matinya terangkat akan terpicu untuk melakukan regenerasi sehingga sel kulit akan terus diperbaharui. Sel kulit baru yang timbul akan berwarna cerah sehingga otomatis akan membuat wajah Anda tampak selalu cerah.

Cukupi asupan buah dan sayuran
Buah dan sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Kurangnya asupan vitamin dan mineral akan membuat proses regenerasi sel kulit terhambat. Akibatnya kulit pun akan tampak kusam. Serat sangat dibutuhkan oleh pencernaan Anda. Terganggunya proses pencernaan akan menyebabkan kulit wajah tampak lebih gelap.

Cukup minum air putih
Air merupakan kunci utama kelembaban kulit. Kurangnya asupan air akan membuat kulit menjadi kering dan kekenyalannya berkurang. Akibatnya, kulit tampak tidak segar dan terlihat kusam. Oleh karenanya minum air putih lebih kurang delapan gelas atau dua liter sehari. Utamakan minum air putih segera setelah bangun tidur. Saat itu tubuh sangat kekurangan cairan karena semalaman tidak mengonsumsi cairan sama sekali.

Cukup tidur
Saat tidur, kulit aktif melakukan proses regenerasi. Jika Anda kurang tidur atau sulit tidur dengan nyenyak, maka proses regenerasi tersebut akan terhambat. Sudah tentu akibatnya adalah wajah akan tampak kusam. Selain itu kurang tidur juga menyebabkan wajah tampak layu dan tidak segar. Oleh karenanya cukupi kebutuhan tidur Anda enam sampai delapan jam per hari atau jika tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut, pastikan kualitas tidur Anda optimal untuk menggantikannya.

Berikan kelembaban cukup pada kulit
Selain rutin melakukan scrubbing dan mengenakan masker, pastikan juga rajin mengenakan pelembab terutama setelah mencuci muka dan sebelum tidur. Hindari juga menggosok kulit dengan keras menggunakan handuk untuk mengeringkannya setelah mandi. Mandi dengan air hangat juga akan banyak mengurangi kelembaban kulit. Mandilah dengan air dingin yang selain membuat kulit tampak segar juga akan menjaga kelembaban kulit.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation