Cara Alami Mengatasi Sakit Maag

Apakah Anda pernah atau malah sering merasa perih dibagian ulu hati? Bisa jadi Anda sedang mengalami penyakit maag, jangan kelamaan untuk mengobatinya karena bisa jadi suatu saat saat sakit maag anda akan berubah menjadi maag kronis yang sakitnya luar biasa alias maag akut.

Gejala sakit maag bukan saja lambung anda terasa perih saja, tetapi ada beberapa gejala lain, seperti mual, muntah, sering merasa lapar, perut kembut, sering bersendawa, dan sakit saat buang air besar.

Perlu Anda ketahui beberapa tipe maag:

1. Maag Ringan
Maag jenis ini biasanya tidak menimbulkan sakit apa-apa tapi kadar asam lambung sudah berlebihan pada bagian dinding lambung.

2. Maag Sedang
Maag jenis ini sudah terasa sakitnya yang ditandai dengan rasa perih pada bagian lambung, biasanya juga disertai dengan rasa mual dan muntah.

3. Maag Kronis
Maag tipe ini sudah benar-benar menyakitkan, dan harus dilakukan segera penenganan agar si penderita tak kesakitan terlalu lama.

Untuk pengobatan sakit maag yang paling umum adalah menggunakan Antasida untuk menetralisi asam lambung serta menghilangkan rasa nyeri pada lambung. Ada pula jenis obat-obatan lain, seperti Pompa Proton untuk meredam produksi asam lambung, sedangkan Ranitidin untuk mengobati tukak lambung.

Ada beberapa cara untuk mengatasi sakit maag secara alami berikut ini:

1. Makan teratur, dengan pola makan yang teratur maka kerja lambung juga akan baik. Jika Anda telat makan, menghambat kerja lambung.

2. Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus anda atur tapi juga pola tidur anda juga.  Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.

3. Hindari stres, stres bisa memicu Anda terserang penyakit maag. Maka jangan terus berlarut-larut dalam permasalahan yang memforsir pikiran Anda. Anda harus bijak dan berpikir secara jernih untuk mengatasi masalah. Jika tidak, kesehatan Anda agar terganggu.

4. Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.

5. Makan makanan yang mudah dicerna, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, sepert jelly, rumput laut dan sayur-sayuran, buah-buahan.

Ladies, jika Anda ingin menghindari maag, maka ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih baik!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation