Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Dan Perawatannya

Merawat Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang sangat mengganggu, sebentar-sebentar minyak yang mulai muncul di wajah harus diseka agar tidak membuat kusam. Mungkin pada awalnya biasa saja tetapi lama-lama menjengkelkan juga kan? Lalu sebenarnya apa sih yang menyebabkan kulit jadi berminyak dan bagaimana mengatasinya? Nah, kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi kulit berminyak.

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan masalah bagi yang memilikinya, apalagi saat melakukan banyak kegiatan tanpa disadari minyakpun sudah terlihat di wajah, seperti tambang minyak. Kalau sudah seperti itu rasanya sangat menjengkelkan sekali, lalu sebenarnya apa sih penyebab kulit berminyak itu? Ini dia beberapa penyebab dari kulit berminyak.

Genetika

Kulit berminyak dapat disebabkan karena faktor genetika. Jadi, jika kamu memiliki anggota keluarga yang memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar kamu pun akan memiliki kulit yang berminyak. Ini disebabkan karena kamu memiliki kelanjar sebaceous lebih besar sehingga memproduksi minyak berlebihan.

Terlalu sering memakan produk perawatan kulit

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa semua orang ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik terutama bagi kaum wanita. Oleh sebab itu, banyak orang membeli berbagai macam produk perawatan untuk merawat kulit mereka. Namun, sayangnya banyak kesalahan yang mereka lakukan, seperti menggosokkan dengan tekanan yang kuat saat mengaplikasikannya atau memakainya tidak sesuai dengan anjuran yang disarankan itu dapat menyebabkan kulit menjadi bermasalah. Sehingga bukannya menjadi cantik wajah malah tambah berminyak.

Perubahan Musim

Kenaikan suhu menjadi panas dan lembab selama perubahan musim dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit. Terutama ketika suhu dingin yang membuat kulit menjadi kering, sehingg kulit pun memproduksi minyak berlebih untuk mengimbangi kulit yang kelembabannya hilang.

Obat-obatan

Pengendalian kelahiran hormonal dan obat pengganti hormone ternyata juga dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit. Hal ini terjadi karena terkadang obat-obatan dapat menyebabkan dehidrasi sehingga menyebabkan produksi minyak pada kulit menjadi berlebih untuk mengimbangi kelembaban alami kulit.

Memakai Produk yang Salah

Memakai produk perawatan kulit ataupun makeup yang salah ternyata juga menjadi salah satu penyebab kulit berminyak. Jadi, usahakan untuk memperhatikan kondisi kulitmu agar tidak salah dalam memilih produk. Dan tentunya akan menghindari kulitmu jadi berminyak.

Perubahan Hormon

Perubahan hormonal pada tubuh juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kulit berminyak. Hal ini terutama terjadi pada kaum wanita yang sering mengalami perubahan hormonal. Perubahan hormonal ini biasanya terjadi saat masa remaja, kehamilan, pra dan pasca menopause, dan ketika inilah produksi minyak menjadi berlebih.

Stress

Tidak hanya buruk untuk kesehatan, stress juga buruk untuk kulitmu. Karena stress dapat memicu sekresi hormone androgen yang menyebabkan minyak diproduksi secara berlebihan.

Pengunaan alat perawatan kulit yang tidak perlu

Melakukan scrubbing memakai kain, sikat pembersih, sarung tangan, atau alat lainnya. Hal ini akan menyebabkan dehidrasi yang akan memberikan tubuh sinyal untuk memproduksi minyak berlebih agar dapat mengimbangi hilangnya sebum alami kulit.

Kekurangan Biotin

Kulit keriput dan berminyak bisa terjadi karena kekurangan biotin. Kekurangan biotin merupakan kelainan nutrisi langka yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati dengan tepat. Biotiun sendiri merupakan bagian dari vitamin B, namun kekurangan biotin sangat jarang terjadi pada kondisi tubuh yang sehat karena kebutuhan harian biotin sangat rendah. Ini disebabkan karena berbagai makanan memiliki kandungan biotin yang dibutuhkan oelh tubuh, bahkan bakteri usus mensintesis pun memiliki biotin dalam jumlah yang sedikit.

Baca Juga : Bahan Alami untuk Mengontrol Minyak Di Wajah & Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Cara Tepat Merawat Kulit Berminyak

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan sudah jengkel mengatasinya. Maka, kamu dapat mencoba perawatan ini untuk mendapatkan kulit yang tetap sehat dan cantik.

Cleansing

Cleansing

Cleansing atau permbersihan sangat penting untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak. Cuci mukamu dengan air hangat 3 kali sehari, ini akan membantu menghilangkan kelebihan minyak sekaligus mencegah timbulnya jerawat. Setelah dengan air hangat basuhlah menggunakan air dingin yang berfungsi untuk menutup pori-pori serta menjaga keseimbangan pH kulit. Tapi tetap harus diingat mencuci muka terlalu sering akan membuat kulitmu menjadi kering.

Deep cleansing sangat penting untuk menjaga kulit yang sehat. Gunakan pembersih muka yang memiliki kandungan asam salisilat (beta hydroxyl acid) atau asam glikolat (asam alfa hidroksi) karena akan membantu membersihkan kulit berminyak secara lembut dan baik. Pemilihan dan penggunaan pembersih muka yang tepat dari awal akan membantu merawat kulit berminyak menjadi lebih baik dan sehat.

Exfoliation

exfoliation pengelupasan kulit wajah

Exfoliation atau pengelupasan kulit dengan cara scrubbing akan membantu mengatasi kulit berminyak. Karena akan membantu menghilangkan sel kulit mati, kotoran, minyak berlebih serta membuat kulit lebih halus dan lembut. Kamu dapat melakukan exfoliation sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman untuk kulit. Ada dua scrub yang dapat kamu coba, ini dia.

1.Oatmeal Scrub

  • Siapkan oatmeal tawar lalu haluskan dengan blender sampai menjadi butiran kecil.
  • Lalu campurkan gel lidah buaya, blender sampai menjadi pasta.
  • Gosok dengan pelan pada wajah yang sudah dibersihkan selama 2 menit.
  • Diamkan beberapa saaat kurang lebih 5 menit lalu bilas memakai air hangat.
  • Keringkan lalu oleskan toner.

2.Madu, Baking Soda, Lemon Scrub

  • Siapkan 1 sdm madu yang berfungsi sebagai anti bakteri sekaligus akan melembabkan kulit berminyak.
  • Masukkan ke dalam mangkuk bersih lalu tambahkan ½ sdt baking soda dan ½ sdt air perasan lemon atau dapat diganti dengan jeruk nipis. Aduk sampai tercampur rata.
  • Gosokkan pada wajah yang telah dibersihkan dengan lembut selama 1-2 menit.
  • Diamkan selama 5 menit kemudian bilas hingga bersih.

Toning

Toner Wajah alami

Memakai toner atau toning akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di kulit. Toning juga akan membantu mengecilkan pori-pori, menyegarkan kulit serta membuat kulit lebih bercahaya. Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli toner, karena kamu dapat membuat toner alami dengan bahan yang ada di rumah. Ini dia resepnya.

1.Cuka Apel

  • Campurkan dalam botol bersih dengan perbandingan yang sama antara cuka apel dengan air, misalnya 1:1. Kocok sampai tercampur rata.
  • Gunakan sebagai toner, semprotkan pada wajah dengan jarak kurang lebih 15 cm. Gunakan saat diperlukan. Ini merupakan toner yang sangat bagus untuk kulit berminyak.

2.Teh Hijau

  • Teh hijau diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat bekerja sebagai pembersih kulit yang baik.
  • Siapkan 1 sdt teh hijau atau satu kantong teh hijau.
  • Seduh dengan air panas. Dan biarkan hingga dingin kemudian masukkan ke dalam botol yang bersih.
  • Pakai toner teh hijau ini dua kali sehari untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Masker Wajah

Masker wajah alami terbaik

Perawatan selanjutnya adalah memakai masker wajah. Masker wajah akan membuat wajahmu menjadi lebih cerah dan halus, kamu tidak perlu bingung karena bisa membautnya sendiri di rumah. Ada tiga referensi masker wajah yang dapat kamu gunakan. Berikut ini tiga masker wajah tersebut.

1.Masker Clay

  • Beli clay di toko kecantikan atau apotek.
  • Campur 2 sdt clay dengan air hangat sampai menjadi pasta.
  • Kemudian oleskan pada seluruh wajah dan leher.
  • Diamkan selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih.

2.Masker Putih Telur

  • Masker ini dapat menyerap minyak berlebih di wajah.
  • Campur 1 sdt madu dengan putih telur, aduk hingga rata.
  • Lalu tambahkan sedikit tepung chickpeas atau kacang arab dan aduk hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 5 menit kemudia bilas sampai bersih.

3.Masker Mangga

  • Siapkan buah mangga.
  • Ambil dagingnya lalu haluskan.
  • Oleskan ke seluruh wajah, diamkan selama 5 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Pelembab

facialmoisturizer

Setelah melakukan perawatan di atas jangan lupa untuk melembabkan kulitmu kembali, agar kulit tidak menjadi kering. Tetapi jangan memakai pelembab yang mengandung minyak ya, gunakan pelembab yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA), seperti glycolid acid dan lactic acid. Usia yang bertambah dan sinar UV membuat sel-sel kulit yang mati sulit untuk diganti dengan sel kulit yang baru, sehingga menyebabkan lapisan sel kulit mati muncul ke permukaan kulit.

AHA akan membantu memperbaiki warna kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati sekaligus mengurangi minyak berlebih. Sehingga kulit akan menjadi lebih cerah bercahaya dan sehat.

Pelembab terbaik dari bahan alami untuk mengatasi kulit berminyak dan kusam adalah natural oil. Natural oil terbuat dari biji buah buahan seperti Argan oil, Jojoba oil, Rosehip seed oil, Grapeseed oil dll. Natural oil memiliki sifat yang cepat meresap di kulit dan mengurangi produksi sebum sehingga efektif mengurangi minyak berlebih di wajah.

Jangan Lupa Memakai Sunscreen

hearstapps

Semua jenis kulit memerlukan perlindungan dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Memakai sunscreen atau tabir surya akan membantu mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Untuk kulit berminyak  gunakan tabir surya yang lembut dan ringan agar tidak menyumbat pori-pori. Pilih tabir surya dengan spf 15-30, namun jika kamu sedang pergi ke pantai atau tempat yang panas gunakanlah tabir surya dengan spf lebih dari 30. Gunakan tabir surya setelah mandi atau cuci muka.

Gunakan Fuller Earth

hollywoodexpendables.com

Apa itu fuller earth? Fuller earth dikenal juga dengan multani mitti yang merupakan salah satu lumpur yang baik untuk kecantikan. Ini bermanfaat dan sangat bagus untuk kulit berminyak karena akan mengurangi minyak dengan baik namun tetap menjaga kelembabab kulit. Sehingga kulit pun menjadi lebih cerah bercahaya dengan alami. Kamu dapat menjadikan masker dengan mencampurnya dengan air mawar atau susu.

Yang perlu diperhatikan untuk Perawatan kulit berminyak

shutterstock

Perlu diingat bahwa jenis kulit akan mengikuti perubahan cuaca yang sedang terjadi. Kulit berminyak akan menjadi jenis kulit kombinasi ketika sedang berada di cuaca yang sejuk, jadi kamu harus memperhatikan kulitmu. Dan saat kulit menjadi kering tubuh akan memproduksi minyak lebih banyak untuk melembabkan kulit. Jadi, minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi. Jangan samoai stress, makanan, dan gaya hidup mempengaruhi kulitmu.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu harus rajin melakukan perawatan kulit. Membersihkan dam melembabkannya sebelum tidur itu merupakan hal yang penting. Ketika memakai bedak, pakailah bedak tabur, dan pada siang hari gunakan kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah. Makanlah makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Sebelum tidur setelah wajah dibersihkan oleskan gel lidah buaya untuk melembabkan kulit tanpa membuatnya berminyak.

Lakukan juga diet seimbang dan gaya hidup sehat agar kulit tetap sehat. Untuk orang yang memiliki kulit berminyak karena faktor genetic harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Karena untuk memiliki kulit sehat kita harus rajin merawatnya.

 

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation