Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Mengatur Pola Makan

Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Mengatur Pola Makan

Sangat banyak hal yang dapat menjadi penyebab jerawat tak kunjung hilang, diantaranya adalah faktor genetik, kurang menjaga kebersihan, faktor hormon, serta pengaruh makanan. Jenis asupan dan makanan yang kita makan ternyata juga akan berpengaruh bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Hal itu disebabkan, makanan merupakan salah satu asupan bagi kulit, selain perawatan dari luar tubuh.

Cara alami menghilangkan jerawat dari dalam tubuh dapat dilakukan dengan cara melakukan diet makanan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya dalah sebagai berikut:

Perbanyak minum air putih

Hal klasik yang seringkali menjadi nasihat dokter ini, ternyata juga merupakan faktor utama menuju kulit yang cantik. Tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air. Itulah sebabnya, minum air dalam jumlah yang cukup, dapat menjaga kelembaban alami kulit dari dalam. Maka kulit akan senantiasa segar dan tidak terlihat kering.
Konsumsi buah dan sayur
Sayuran hijau dan buah merupakan kunci diet utama bagi anda yang menginginkan kulit cantik. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan pada sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna cerah, dapat membantu kulit dalam regenerasi dan melindungi kulit dari radikal bebas. Sebaiknya, siapkan berbagai jenis menu sayuran dalam sehari, hingga lebih kurang 5 jenis sayuran yang bervariasi, untuk memastikan anda telah mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak.

Perbanyak konsumsi protein, kurangi karbohidrat
Salah satu jenis makanan yang wajib diperbanyak untuk dikonsumsi adalah protein. Dalam proses regenerasinya, kulit banyak membutuhkan zat ini. Sementara itu, makan karbohidrat berlebihan justru berlawanan dengan pola makan demi kulit yang sehat.

Hindari makanan pemicu alergi dan berlemak
Pada dasarnya, jerawat terbentuk dari lemak dan kotoran yang berada di sekitar kulit. Untuk meminimalisir, kurangi konsumsi makanan berlemak seperti gorengan agar kandungan lemak tubuh juga ikut berkurang. Disamping itu, hindari juga makanan yang berpotensi menimbulkan alergi bagi tubuh kita, jika telah diketahui sebelumnya.

Minum teh herbal
Teh herbal, selain dapat dikonsumsi juga dapat dijadikan sebagai masker. Teh herbal tidak hanya baik bagi kulit, namun juga baik bagi kesehatan organ tubuh lainnya.

Selain menjalankan diet makanan tersebut, ada baiknya anda juga menjalankan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Maka, kulit anda akan kembali pada kondisi primanya.

Selamat mencoba!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *