10 Cara Alami Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

116

Menjaga rambut, sebenarnya tidaklah begitu sulit, asalkan dilakukan dengan langkah yang tepat. Menjaga pola makan yang sehat dan menjaga kebersihan rambut adalah kunci penting dalam menjaga kesehatan rambut. Berikut ini adalah tips untuk merawat rambut agar tetap indah dan berkilau.

Tips 1. Cucilah Rambut Dengan Benar
Salah satu perawatan yang pasti dilakukan setiap orang pada rambutnya adalah mencuci atau keramas. Kalau perawatan lainnya mungkin jarang dilakukan. Bagi anda yang tidak mau repot biasanya hanya mencuci rambut saja tanpa melakukan perawatan lainnya. Karena itulah, pencucian rambut harus dilakukan dengan benar.

  • Gunakan shampoo yang berkualitas baik. Janganlah mencuci rambut terlalu sering. Mencuci rambut terlalu sering justru akan membuat rambut mengering dan kehabisan minyak alaminya yang berakibat rusaknya rambut. Keramaslah paling tidak sehari sekali atau bahkan 2 kali saja dalam seminggu.
  • Hindari menggunakan shampoo yang memiliki kandungan sulfat dan paraben. Sulfat adalah bahan kimia yang membuat shampoo berbusa sedangkan paraben adalah pengawet yang menyebabkan iritasi pada mata setelah penggunaan jangka panjang. Selain tidak aman digunakan untuk manusia, kedua bahan ini juga mampu mencemari lingkungan, sehingga sebaiknya cobalah menggunakan shampoo dengan pembersih alami. Pilihlah shampoo yang sesuai dengan jenis rambut anda.
  • Gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut, panjang, dan kerusakan rambut. Keramas yang baik adalah anda dapat mengkondisikan setiap kali anda keramas. Meskipun rambut yang dicat membutuhkan perhatian lebih dalam perawatannya. Kondisikan seminggu sekali. Gunakan produk perawatan rambut yang dibeli di toko atau anda dapat membuat sendiri masker rambut anda
  • Kondisikan rambut anda berdasarkan jenis rambut Untuk rambut halus, jika anda memiliki rambut yang sangat lemas cobalah menggunakan perawatan minyak botani sebelum anda keramas. Gunakan lavender atau minyak pohon teh yang akan bekerja di bawah kutikula kulit sebelum keramas. Setelah menggunakan shampoo lalu dibilas, gunakan kondisioner dari pertengahan poros rambut hingga ke bagian akhir rambut. Diamkan selama satu menit sebelum dicuci.
  • Untuk rambut yang tebal, gunakan gunakan pelembab dengan hydrator alami. Terapkan kondisioner pada seluruh kulit kepala dan biarkan selama 2-3 menit.
  • Berhati-hatilah dalam memilih produk perawatan rambut. Jangan memilih produk perawatan yang mengandung banyak protein. Protein yang terlalu banyak justru akan membuat rambut semakin kering dan rapuh. Gunakan kondisioner dengan bahan bahan yang seimbang.
  • Bilas rambut menggunakan cuka sebelum keramas. Lakukan dua kali saja dalam setahun. Hal ini dapat membantu untuk membuat rambut lebih berkilau sekaligus mengatasi ketombe. Gunakan 1 bagian cuka (sebaiknya cuka sari apel) untuk 3 bagian air hangat, kemudian bilas dan cuci rambut anda seperti biasa.
  • Untuk melembabkan rambut anda, gunakan lima jenis minyak, yaitu minyak almond, jarak, zaitun, kelapa, dan lavender. Campurrkan proporsi bersama-sama masing-masing. Gunakan juga putih telur. Terapkan pada rambut dan biarkan selama empat jam sebelum mandi. Ulangi dua kali seminggu.

Tips 2. Mengeringkan Rambut
Mengeringkan rambut juga menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan oleh kaum hawa. Biasanya mereka mengeringkan rambut menggunakan hair dryer demi efisiensi waktu. Sebenarnya bagaimana tips mengeringkan rambut yang baik?

  • Biarkan rambut memgering secara alami. Setelah anda keluar dari kamar mandi, bungkus rambut menggunakan katun T-Shirt, karena handuk yang terbuat dari kain kasar dapat merusak rambut anda. Hindari menyisir rambut saat masih basah, karena hanya membuat rambut rapuh dan lemah. Gunakan sisir dengan gigi lebar saat rambut masih basah. Jika anda menggunakan hair dryer untuk menegringkan rambut anda, sebaiknya aturlah di suhu terendah dan batasi penggunaannya hanya untuk seminggu sekali.
    Jika anda mandi sebelum tidur, sanggullah rambut anda dan biarkan kering semalaman.

Tips 3. Menyisir
Jangan menyisir rambut anda terlalu sering, karena jika terlalu sering justru akan merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhannya, tetapi menyikat terlalu banyak dan terlalu sering justru akan menyebabkan kerusakan pada helai rambut anda yang menyebabkan rambut keriting dan bercabang.

Tips 4. Styling dan Pewarnaan
Potonglah rambut secara teratur. Banyak wanita dengan rambut yang sempurna karena rajin memangkasnya setiap 6-8 minggu. Potonglah setengah centimeter dari ujung rambut.
Gaya rambut secara alami dapat meminimalkan kerusakan styling. Styling sebenarnya tidak terlalu merusak rambut.

Tetapi styling yang dilakukan terus menerus dapat memberikan tekanan yang serius pada rambut.
Hindari mengeriting rambut, rebonding, atau mewarnai rambut. Jika anda pergi mengunjungi undangan pernikahan tidak masalah merebonding atau mengeriting rambut, karena hanya sesekali dan tidak dilakukan terus menerus.
Jangan gunakan karet gelang terlalu sering, karena karet gelang akan membuat rambut tersangkut. Apalagi jika anda mengikatnya dengan gaya ekor kuda. Gaya ini dapat menyebabkan kerusakan pada akar rambut. Jadi, jangan terlalu sering diikat ya.

Jika anda memiliki rambut yang diwarnai, anda harus lebih ektra merawatnya. Sebaiknya berikan vitamin dengan memberikan kondisioner pada rambut agar tetap lembab. Gunakan shampoo yang memang dirancang khussu untuk rambut diwarnai, sebab jika menggunakan sembarang shampoo, bisa jadi shampoo pilihan anda menyebabkan lunturnya warna rambut.

Tips 5. Menjaga Kesehatan Tubuh
Kesehatan rambut tidak hanya ditentukan oleh asupan vitamin rambut dan perawatan yang tepat, tetapi juga dipengaruhi oleh makanan diet seimbang yang kaya akan protein tanpa lemak, biji-bijian ditambah buah-buahan dan sayuran. Diet sehat akan membuat rambut tampil alami.

Perbanyak asupan vitamin C dan zat besi. Vitamin C akan membantu memperkuat rambut, sedangkan zat besi membantu transportasi oksigen ke pembuluh darah, sehingga mampu memperbaiki rambut yang rusak dan menghasilkan rambut yang sehat.

Jagalah tubuh agar tetap fit dan hindarkan diri dari stress. Stress dapat menyebabkan rambut rontok. Jadi, cobalah untuk tidak stress. Anda bisa melakukan olahraga seperti meditasi, bersepeda, yoga, atau olahraga lainnya.

Stress memiliki dampak yang sangat besar. Untuk membantu mengurangi stress, cobalah lakukan meditasi ditambah olahraga. Gunakan minyak rambut di malam hari untuk membuat rambut anda berkilau.
Gunakan pelembab semprot yang dapat membuat rambut anda agar tetap lembab sehingga mudah untuk disisir. Hindari juga tidur dengan rambut basah dan lembab, karena akan menyebabkan lemahnya folikel rambut. Gunakan hair dryer untuk mengeringkannya, namun setel dalam tingkat panas yang laing rendah. Kebanyakan orang menggunakan shampoo lebih dari yang mereka butuhkan.

Setelah selesai keramas, bilaslah rambut menggunakan air dingin. Ketika menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut, jangan menggosok rambut terlalu bersemangat karena dapat merusak rambut. Jika ingin proses pengeringan berlangsung cepat, gunakan handuk mikro yang menyerap air lebih banyak.

Tips 6. Bahan Alami Untuk Merawat Rambut
Telur, yoghurt, dan madu merupakan komponen yang baik untuk sarapan, tetapi ternyata bahan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai bahan perawatan rambut. Bahan ini sangat baik diaplikasikan pada rambut.
Telur sangat cocok untuk semua jenis rambut. “Telur benar-benar merupakan bahan terbaik di seluruh dunia,” Ungkap Janice Cox, penulis Natural Beauty at Home. Kuning telur kaya akan lemak dan protein yang secara alami mampu melembabkan. Sedangkan putih telur, mengandung bakteri pemakan enzim dan menghilangkan minyak yang tidak diinginkan”, ia menjelaskan.

Penggunaan : Gunakan seluruh bagian telur untuk merawat rambut normal, sedangkan gunakan putih telur hanya untuk merawat rambut berminyak. Kuning telur digunakan untuk melembabkan rambut kering dan rapuh. Cox mengatakan gunakan ½ cangkir campuran telur pada rambut basah. Sedangkan jika tidak mencukupi, gunakan lebih sesuai kebutuhan. Biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air dingin untuk mencegah telur matang di kepala.

Tips 7. Perawatan Untuk Rambut Kusam
Produk styling yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat menghilangkan kelembaban. Tetapi produk berbasis susu seperti krim dan yoghurt plain dapat membantu mengatasi kerusakan ini. “Asam laktat akan membuat rambut bersih dan terhindar dari kotoran, sedangkan lemak susu membantu melembabkan”, ungkap Lisa Belkin penulis The Cosmetics Cookbook.

Gunakan setengah cangkir yoghurt atau krim pada rambut yang basah. Setelah itu, diamkan selama 20 menit. Gunakan air hangat untuk membilas rambut anda diikuti air dingin. Kemudian keramaslah seperti biasa. Pengobatan ini dapat dilakukan setiap minggu.

Tips 8. Perawatan Kulit Kepala Gatal
Kulit kepala yang gatal bisa jadi disebabkan karena buruknya pola makan, stress, dan iklim. Cobalah gunakan campuran 2 sdm air lemon, 2 sdm minyak zaitun, dan 2 sdm air. Setelah tercampur rata, pijatkan pada kulit kepala dan diamnkan selama 20 menit. Pengobatan ini dapat dilakukan seminggu sekali.

Tips 9. Merawat Rambut Berminyak
Untuk menghilangkan minyak dan lemak, anda dapat menggunakan tepung jagung. Tuangkan beberapa sendok makan tepung jagung pada tempat garan atau merica. Setelah itu, taburkan pada rambut sampai habis. Biarkan 10 menit. Setelah itu, gunakan sikat rambut untuk membersihkan sisa-sisa tepung jagung.

Tips 10. Merawat Rambut Keriting
Ahli kecantikan telah melihat buah alpukat tidak hanya sebagai buah saja, namun juga berguna untuk memperbaiki rambut yang rusak. Hancurkan setengah buah alpukat lalu pijatlah pada bagian rambut yang bersih, namun basah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dan keramaslah seperti biasa.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation