Cara Ampuh Menyembuhkan Patah Hati

Cara Ampuh Menyembuhkan Patah Hati

Patah hati memang menyakitkan. Seseorang dapat menjadi sedih dan malas melakukan hal apapun saat sedang patah hati. Adakah cara untuk menyembuhkan rasa sakit karenanya ? Jawabannya tentu saja ada. Untuk menyembuhkan patah hati, kamu bisa menerapkan cara-cara berikut ini.

1. Dengarkan lagu-lagu mellow

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Consumer Research menyatakan bahwa musik sedih atau mellow dapat menjadi teman yang baik saat kamu sedang patah hati. Layaknya teman yang simpatik, lagu mellow kemungkinan besar memiliki nada dan lirik yang sesuai dengan keadaan hati, sehingga baik untuk didengarkan saat sedang bersedih karena patah hati.

2. Berbagi kesedihan

Jangan memendam sendiri kesedihanmu. Ceritakanlah pada teman terdekat. Dengan membaginya, kesedihan akan berkurang dan kamu tidak akan merasa kesepian. Teman yang baik biasanya dapat memberikan saran-saran yang membantumu untuk move on.

3. Hang out dengan teman

Lupakan segala kesedihan dengan pergi jalan-jalan bersama teman-teman. Nikmatilah saat-saat itu, kunjungi tempat-tempat yang menyenangkan, dan tertawalah sebanyak-banyaknya. Dengan tertawa, kesedihan akan berkurang. Kamu juga tidak akan merasa kesepian jika dikelilingi oleh teman-teman.

4. Belanja

Cara satu ini biasanya efektif digunakan sebagai pelampiasan saat sedang sedih atau stress. Kegiatan mencuci mata dan memilih barang-barang kesukaan dapat membuat kamu sejenak melupakan kesedihan. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan berbelanja seharian. Tapi hati-hati, cara ini beresiko mengempiskan kantong alias menghabiskan uang.

5. Relaksasi

Cobalah pergi ke tempat spa atau lakukanlah berbagai terapi lain untuk merelaksasi tubuh dan pikiran. Dengan tubuh dan pikiran yang rileks, kamu akan menjadi lebih bersemangat.

6. Serius menekuni hobi

Lakukanlah hal-hal yang kamu suka dan seriuslah dalam menekuninya. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif dapat mengalihkan rasa sakit akibat patah hati. Kamu bisa berkebun, berlatih ilmu bela diri, menulis cerita, dan lain sebagainya. Selama kegiatan itu menyenangkan dan kamu senang mengerjakannya, pikiranmu tentunya akan teralihkan.

7. Menulis

Menulis bisa menjadi sarana yang baik untuk menumpahkan emosi. Kamu bisa menuliskan segala kesusahan dan kesedihan yang sedang kamu alami. Dengan menuliskannya, kemungkinan kamu juga akan menemukan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi.

8. Niat dan komitmen untuk move on

Yap. Segala sesuatu harus diawali dengan niat. Harus ada kemauan untuk move on dan melupakan. Disamping itu, diperlukan komitmen yang kuat untuk terus maju. Jangan terus-terusan meratapi keadaan. Sedih boleh, tapi jangan berkepanjangan. Pada akhirnya toh kamu memang harus melanjutkan hidup. Ingatlah bahwa “Tuhan tidak memberikan apa yang kamu mau, tapi apa yang kamu perlu”. Tuhan pasti punya rencana lain yang jauh lebih baik untukmu.

So, percayalah dan tetap semangat. 🙂

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *