Cara Cepat dan Alami Musnahkan Ketombe

CTK29-Cara Cepat dan Alami Menghilangkan Ketombe

Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat atau yang disebut juga dengan psoriasis menjadi pemicu munculnya ketombe di kepala sista.Kondisi kulit kepala yang bersisik serta tidak rata yang diakibatkan dari penyakit ini dapat menyebabkan pengelupasan pada bagian kulit kepala sista. Serpihan sel kulit mati yang mengelupas inilah yang kemudian kita temui sebagai ketombe. Eksim yang terdapat pada kulit kepala juga menjadi penyebab munculnya ketombe.

Minyak berlebih pada kulit kepala juga merupakan salah satu penyebab ketombe. Munculnya minyak berlebih pada kulit kepala dapat diakibatkan oleh beberapa hal yaitu kondisi kulit kepala yang mengalami dehidrasi. Minyak berlebih inilah yang jika bercampur dengan kotoran atau debu kemudian akan mengendap di bagian kulit kepala dan memicu timbulnya ketombe.

Stress, alergi, dan jamur juga dapat memicu ketombe. Alergi menyebabkan kulit kepala kering dan gatal-gatal sehingga akan mudah timbul ketombe. Sedangkan jamur pada kulit kepala sebenarnya berfungsi menyerap minyak berlebih pada kepala. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, maka jamur ini justru akan menjadi salah satu penyebab ketombe.

Ketombe bukan hanya merusak penampilan, tapi juga membuat gatal, dan mengakibatkan penipisan rambut dan bahkan rambut rontok. Gonta-ganti shampoo juga bukan solusi yang baik, ya sist. Jangan mudah terbujuk oleh iklan shampoo yang mengklaim ini-itu. Baiknya kita coba lakukan tindakan pencegahan dan pengatasan secara alami seperti berikut ini.

1. Jaga kulit kepala tetap bersih
Ini merupakan hal yang paling penting jika ingin menghilangkan ketombe. Pastikan sista memilih shampoo yang mengandung Zinc Pyrithione, Tea-tree oil, Teh Hijau, dan Ketokonazole. Jika sista berkerudung, pastikan untuk sering mengganti kerudung dan dalamannya yaa…

2. Keramas secara teratur
Keramas dapat mencegah penumpukan sel kulit mati pada rambut dan kulit kepala. Keramaslah setidaknya dua atau tiga kali seminggu. Gunakan shampoo anti ketombe untuk hasil lebih baik. Ingatlah selalu bahwa keramas secara teratur merupakan kebiasaan yang baik.

3. Conditioner
Penggunaan conditioner yang tepat adalah pada batang rambut sampai ujungnya, bukan pada kulit kepala. Pastikan mencuci bersih sisa conditioner di rambut karena jika dibiarkan akan memperburuk kondisi rambut yang sudah bermasalah.

4. Sisir secara teratur
Menyisir rambut secara teratur merupakan cara yang baik untuk mengusir sel kulit mati dari kulit kepala sista.

5. Vitamin B kompleks
Vitamin B secara aktif dapat mengendalikan ketombe. Makanan yang merupakan sumber vitamin B adalah sayuran hijau, telur, dan protein karena dapat memeperkuat rambut dan mencegah ketombe muncul kembali.

6. Aplikasi eksternal
Oleskan campuran beberapa tetes air perasan lemon atau jeruk nipis pada kulit kepala. Lakukan pijatan perlahan dan biarkan selama satu jam. Selanjutnya cuci dengan air bersih. Cara ini cukup manjur untuk mengontrol ketombe.

Setelah itu sista bisa bilang, “ketombe, siapa takut!”.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Cara Cepat dan Alami Musnahkan Ketombe

  1. petunjuk nya bagus 2x semua

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation