Cara Cepat dan Praktis untuk Mengurangi Bintik-Bintik Coklat di Wajah

Skincare-How-to-Deal-With-Freckles

Freckles atau yang sering dikenal dengan ephelides, sejenis bintik- bintik kecil coklat yang muncul pada kulit karena paparan sinar matahari, terutama pada wajah dan lengan. Bintik- bintik hitam ini dikarenakan paparan sinar matahari yang berlebih. Sinar ultraviolet mengaktifkan sel- sel penghasil pigmen kulit (melanosit) untuk memproduksi pigmen (melanin). Produksi melanin yang meningkat berwujud bintik- bintik gelap atau coklat pada kulit. Sedangkan pigmen kulit atau melanosit memproduksi warna pada kulit, dan dapat menjadi lebih sensitif ketika terkena paparan sinar matahari. Hingga kini, belum ditemukan obat untuk menghilangkan bintik- bintik gelap atau coklat pada kulit tersebut.
Cara Praktis dan Mudah untuk Mengurangi Bintik-Bintik Coklat di Wajah.

Oleh karena itu, upaya pencegahan sangat lebih disarankan bagi Anda. Berikut ini akan kami uraikan cara-cara mudah yang dapat Anda gunakan untuk mencegah timbulnya freckles atau bintik bintik gelap pada kulit. Yakni:

1. Batasi kontak langsung dengan matahari, terlebih saat siang hari.

2. Ketika berada diluar rumah, jangan lupa untuk menggunakan lotion sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Meskipun saat kondisi berawan sekalipun, karena sifat UVA dapat menembus pakaian Anda dan sangat membahayakan kulit. Pilihlah tabir surya dengan kandung SPF yang tinggi.

3. Kenakan topi dengan tepi yang lebar. hal ini untuk menghindari kontak matahari secara langsung dengan kulit.

Namun bagaimana dengan Anda yang telah memiliki freckles atau bintik- bintik gelap pada kulit? Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Untuk menghilangkan bintik bintik hitam pada kulit anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan krim pemutih
Zat pemutih yang banyak beredar dipasaran biasanya mengandung hydroquinone, bahan kimia yang dapat memudarkan warna kulit. Anda dapat mengoleskannya langsung pada bintik- bintik gelap. Kandungan krim pemutih juga dapat memperlambat produksi melanin dan memudarkan warna kulit setelahnya. Sedangkan zat pemutih lainnya yang juga banyak digunakan saat ini adalah Retin- A (tretinoin) atau kombinasi dari berbagai bahan kimia seperti hydroquinone dengan tretinoin serta krim cortisone.

Yang perlu Anda ingat adalah tidak semua jenis kulit cocok dengan krim pemutih yang banyak beredar dipasaran. Namuan selama krim pemutih yang Anda gunakan menunjukkan hasil dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit, berarti krim tersebut aman untuk Anda gunakan. Tapi untuk lebih baik lagi, sebaiknya sebelum menggunakan krim tersebut, Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kecantikan Anda. Karena Dokter akan lebih mengetahui krim yang cocok untuk jenis kulit Anda. Efek samping yang ditimbulkan jika ternyata kulit Anda tidak cocok dengan krim tersebut adalah seperti kemerahan, kulit menjadi kering dan terjadinya pengelupasan kulit. Dan tentu saja jika ingin menggunakan cream pemutih pastikan cream tersebut aman dan ada BPOM dan waspadi cream yang menjanjikan dan menjadikan kulit anda menjadi putih dalam waktu singkat.

2. Krim pengelupas kulit berbahan kimia
Krim ini dapat menjadikan kulit Anda lebih tipis dari sebelumnya. Sehingga krim pengelupas ini diyakini dapat memudarkan bintik- bintik gelap atau freckles pada kulit. Menghilangkan bintik- bintik gelap dengan cara ini memang relatif cepat, namun pada jenis kulit sensitif proses ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

3. Laser Resurfacing Freckles atau bintik- bintik gelap yang dilaser merupaka salah satu metode yang disrankan oleh dokter, karena dinilai sangat efektif dalam mengatasi freckles. Pengobatan dengan metode ini akan memakan waktu sekitar 1- 2 minggu.

4. Intens Terapy Puled Light (IPL)
Ini adalah pengobatan baru menggunakan cahaya broadband intens yang memberikan energi pada lapisan superfisial dan bagian dalam kulit. Pengobatan dengan metode ini dapat berlangsung selama satu tahun dengan pembatasan kontak matahari secara langsung.

Tips Cantik Lainnya

Ada 2 komentar untuk artikel “Cara Cepat dan Praktis untuk Mengurangi Bintik-Bintik Coklat di Wajah

  1. Khasanah on April 26, 2014 at 2:04 pm said:

    kalo bintik coklatnya timbil itu gimana ya cara mengatasinya?

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation