Cara Detox Alami untuk Membersihkan Pencemaran di dalam Tubuh

detoks tubuh

Pada era globalisasi saat ini, manusia disibukkan dengan berbagai tantangan hidup yang kerap kali mencuri sebagian besar waktu. Tenaga dan pikiran sudah terkuras untuk bekerja. Bahkan sobat tidak memiliki waktu untuk merelaksasi diri. Macet, jadwal kerja yang padat serta mengasup makanan cepat saji buat mengganjal perut. Banyak alasan yang membuat pola makan menjadi tak seimbang.  Apa sobat sempat terpikir untuk mendetoksifikasi tubuh? Mungkin jawabannya, “Tak ada waktu!” Sebenarnya sibuk atau tak sibuk, detoksifikasi tubuh harus tetap dilakukan agar kesehatan Anda tak dipertaruhkan. Sekadar informasi, kurangnya detoksifikasi dapat menyebabkan kematian.

Tahukah sobat apa itu detoks? Detoksifikasi (detox) adala proses pengeluaran racun atau zat – zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Toksin/ racun bukan hanya dari ampas makanan yang kita makan dan makanan yang tidak tercerna, tetapi juga berasal dari zat makanan aditif, udara tercemar, bahan kimia seperti pestisida, logam berat dalam air minum, residu obat – obatan farmasi, dll. Ahli  diet mengatakan detoks adalah cara memperbaiki kembali sistem pencernaan Anda. Sebab sistem pencernaan yang terganggu juga akan melemahkan kondisi fisik Anda serta mudah jatuh sakit.

Dalam beberapa kesempatan, Dr. Mehmet Cengiz Oz (dokter ahli bedah jantung kenamaan di Amerika) mengatakan bahwa puasa adalah salah satu bentuk diet sehat. Puasa adalah salah satu bentuk detoksifikasi paling alami dan natural yang dapat dilakukan, daripada melakukan diet tertentu. Organ-organ metabolisme detoks, yakni hati, usus besar dan ginjal secara sistematis mengolah dan memilah makanan beserta racun yang mungkin terkandung di dalamnya. Puasa akan mengoptimalkan kerja organ metabolisme detoks tersebut sehingga hasil detoksifikasinya lebih lancar dan natural.

Ada metode detoksifikasi yang sangat sederhana, yang bisa ladies terapkan dalam kegiatan sehari – hari. Terpenting untuk melacak akar rumput dari racun dalam tubuh.

1. Minum banyak air

H2O membantu membersihkan sistem tubuh dengan menjaga ginjal, hati, usus, dan kelenjar getah bening (organ limbah filter dari tubuh Anda) berjalan lancar. Minum sampai dua liter per hari, ditambah satu hingga dua cangkir teh atau kopi. Cara yang baik untuk mengetahui apakah sobat cukup terhidrasi, yaitu sobat harus bisa buang air kecil setiap beberapa jam, dan urin sobat warnanya tidak terlalu pekat.

2. Pangkas kalori

Mengasup  1400-1600 kalori per hari akan membuat Anda kehilangan sedikit berat badan tetapi masih memiliki energi.

3. Mulai dengan sarapan yang sehat

Sarapan itu sangat penting. Melewatkan sarapan membuat kita tidak mendapatkan energi yang cukup untuk memulai hari.

4. Konsumsi sayuran mentah

Wortel, bawang, asparagus, brokoli, artichoke, kangkung, kubis, kembang kol, kubis brussel & bit merupakan beberapa sekutu terbaik dalam upaya kita melakukan detoksifikasi tubuh secara alami. Bila dimakan secara mentah, makanan ini kaya gluthathione alami dan belerang, membantu hati untuk membersihkan bahan kimia berbahaya & racun dalam tubuh kita.

5. Konsumsi buah – buahan

Tubuh kita mampu mencerna buah-buahan dengan sangat mudah. Buah-buahan menyediakan vitamin & mineral bagi tubuh kita, belum termasuk serat dan anti oksidan yg terkandung di dalamnya. Selain itu dengan kandungan air yang kaya, buah-buahan berhasil membantu tubuh kita dalam membilas racun berbahaya sehingga kesehatan kita tetap terjaga.

6. Minumlah teh hijau

Teh hijau Cina kaya akan katekin – antioksidan yang meningkatkan fungsi hati. Minumlah beberapa cangkir teh hijau sepanjang hari dan  kita akan bisa melihat perbedaannya dalam waktu yang relatif singkat.

7. Manfaatkan minyak omega-3

Makanan dengan minyak omega-3 juga dianggap sebagai bahan penting yang dapat mendetoksi tubuh kita secara alami. Gunakan zaitun, rami, alpukat, atau minyak biji rami untuk memasak makanan karena kaya akan sumber Omega-3 yang melumasi dinding usus, menyebabkan penyerapan racun menjadi lebih efisien & dapat dieliminasi oleh tubuh kita.

8. Konsumsi bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan yg paling kuat untuk mendetoksifikasi tubuh kita secara alami. Bawang putih merangsang hati untuk memproduksi enzim yang membantu proses detoksifikasi, menjadi penyaring racun dalam sistem pencernaan.

9. Konsumsi kacang dan biji-Bijian

Umumnya selama periode detoksifikasi, sobat diminta untuk sering mengkonsumsi mentega kacang & sejenisnya yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Kita juga dapat menyertakan kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam diet sobat. Berhati-hatilah untuk memilih jenis yang mudah dicerna, seperti biji rami, biji chia, biji labu, biji wijen, biji rami, biji bunga matahari, kenari, almond, dan kacang-kacangan siberian cedar.

10. Hentikan mengasup ini sesaat

Gula putih, tepung putih, beras putih, daging tinggi lemak, susu (selain yang polos atau yoghurt tanpa lemak), dan semua jenis soda termasuk yang diet.

11. Latihan ringan

Saat dalam masa detoks sobat mungkin tidak kuat melakukan olah tubuh intensitas tinggi atau mengikuti kelas spin. Namun hal ini jangan dijadikan alasan tidak bergerak. Sobat masih bisa olah tubuh   dengan tingkat intensitas rendah. Ini membantu memperlancar sirkulasi darah Anda yang mendorong pembuangan racun dalam tubuh keluar.

12. Jangan musuhi gluten

Meskipun saat ini sedang tren bebas gluten, gandum utuh membantu Anda untuk detoks. Gandum membuang kolesterol keluar dari saluran pencernaan Anda. Asup dua porsi kecil dalam sehari.

Detoks Tubuh Alami dengan Menggunakan Lemon

Minuman detoks lemon bisa menjadi alternatif bagi Sobat yang ingin menurunkan berat badan sekaligus membuang racun dari dalam tubuh. Berikut adalah cara membuat minuman detoks lemon:

  1. Ambil gelas dan isi dengan air dingin hingga setengahnya.
  2. Ambil setengah lemon segar dan peras ke dalam gelas air. Pastikan agar biji dan pulp-nya tidak ikut masuk ke dalam gelas.
  3. Tambahkan 2 sendok makan sirup Maple murni.
  4. Tambahkan sejumput bubuk jahe pada larutan air dan lemon.
  5. Ambil sendok dan aduk hingga rata.
  6. Tambahkan kembali air dingin hingga gelas menjadi penuh. Aduk lagi larutan hingga tercampur merata.
  7. Minum segelas minuman detoks ini enam sampai delapan kali sehari selama tujuh sampai empat belas hari untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan racun dari tubuh (detoksifikasi).
Tips Cantik Lainnya

Ada 29 komentar untuk artikel “Cara Detox Alami untuk Membersihkan Pencemaran di dalam Tubuh

  1. Pingback: Cara Menggemukkan Badan Secara Alami dan Mendapatkan Berat Ideal | Sahabat Wanita Cerdas

  2. Liliz A.sari puspita on January 9, 2013 at 12:21 pm said:

    Mksh utk info’y!

  3. Liliz A.sari puspita on January 9, 2013 at 12:22 pm said:

    Thx utk info’y 🙂

  4. Liliz A.sari puspita on January 9, 2013 at 12:24 pm said:

    Mkach,,infox sgt menarik utk dibca.

  5. Natalia on January 16, 2013 at 1:36 pm said:

    mbak, harus sirup maple ya? bs nggak di ganti dgn sirup yg lain??
    makasih..

  6. Cak arie on June 2, 2013 at 7:04 am said:

    Ad cara yg lebih mudah lg g yg tradisional

  7. meznutt on July 14, 2013 at 10:07 pm said:

    Bisa ga kehatan buat gemuk nya di pkai cwok

  8. Klo bukan sirup maple bisa gak yah.

  9. makasih

  10. makasih bwt info nya 🙂

  11. adrianz on January 9, 2014 at 8:42 pm said:

    pngn cpt gmna

  12. tanpanama on February 10, 2014 at 1:31 pm said:

    mantebh banget tipsnya … thanks ya

  13. zain on April 8, 2014 at 3:55 am said:

    mksh banyak tas infonya…bolehlah bt dicoba tipsnya.

  14. yeni on April 9, 2014 at 6:05 am said:

    mkasih…..

  15. vhee on July 14, 2014 at 2:49 am said:

    Akan saya coba tipsnya ,,,, makasihh infonya, smoga berhasilll dengan apa yang akan saya lakukan dari tips ini…..

  16. Sulit banget siiiiich

  17. imaz lia on July 22, 2014 at 2:41 pm said:

    Mksih atas infonya yaaaa :p :p 😉 :*

  18. risnah on August 13, 2014 at 8:53 am said:

    Makasih infox
    Walau agak susah sih….:)

  19. ema myutyaa on August 14, 2014 at 9:52 am said:

    thankkss ,…………, ;D
    SeMoga BerhasiL,..*^_^

  20. alhamdulillah berhasil,,….

  21. LinLin on January 5, 2015 at 6:22 am said:

    Thanks …!! infonya cukup menarik dan bermanfaat

  22. hamdan on January 13, 2015 at 3:46 am said:

    ass.mohon izin nimbrung.apa yg hrs sy lakuin utk menambah bb ideal tb 180 cm bb sy hanya 69kg umur 42 th,bnyk mkn tp ga gemuk2.sy dah lama konsumsi jamu tradisional gemuk badan,tp makin kesini makin ga ngaruh.apa hrs detoksifikasi dulu lalu konsumsi obat nambah gemuk atau bagaimana?mohon infut ny dr semua>>>>salam

  23. Muhammad Robiansyah Ansyah on January 17, 2015 at 8:01 am said:

    Makasih

  24. vita utami on April 21, 2015 at 11:36 am said:

    knp smua komentarnya g ada yg dijwb sih m adminnya.kecewa dech…

  25. Man Darma on August 4, 2015 at 2:16 pm said:

    Saya sdh makan banyak,aktifitas banyak(susah diam),olah raga 3 x seminggu,susah gemuknya cendrung bb turun tb sy 171cm bb sebulan lalu 65 kg skrg 62 kg,bagaimana menambah bb?

  26. Sudah bagusan tubuh nggak gemuk, malah minta gemuk. Gue aja yang gemuk pengin turun bb

  27. Nuryanti on July 14, 2016 at 5:51 am said:

    saya sdah bnyak makan tp ga naek” bb’y,,,,,tb 158 tp bb q cma 40 apa harus detox

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation