Membuat Scrub Alami untuk Perawatan Wajah dari Dapur Anda

Membuat Scrub Alami untuk Perawatan Wajah dari Dapur Anda

Secara alami, pengelupasan sel-sel pada kulit terjadi setidaknya 1-3 bulan sekali. Tapi sayangnya dalam proses alami tersebut tak semua sel kulit mati terangkat sempurna. Itulah sebabnya, terkadang kulit jadi terasa kasar dan kusam. Untuk membantu mengoptimalkan proses pengelupasan ini, scrubbing dianggap paling aman dan tepat untuk dilakukan. Lalu bagaimanakah cara scrubbing yang aman? Tentu kita tak boleh menggunakan sembarang cream untuk melakukan scrubbing, terutama bila jenis kulit sista adalah kulit sensitif atau berjerawat.

Agar relatif lebih aman, coba saja gunakan bahan-bahan alami dari dapur. Apa saja bahan-bahan tersebut? Simak berikut ini.

1. Gula pasir
Gula pasir telah sering digunakan sebagai bahan utama scrub yang dapat membantu mengelupas kulit mati. Caranya cukup mudah, siapkan 1 sdm gula pasir, 2 sdm madu atau minyak zaitun, kemudian aplikasikan pada wajah (yang telah dibasuh air hangat) sambil lakukan pemijatan perlahan di area T, dagu dan sekitar pipi. Hindari daerah bawah mata ya, sist. Kemudian basuh dengan air hangat kembali. Setelah suhu kulit kembali normal, basuh kembali dengan air dingin atau kompres dengan es batu. Rasakan perubahan pada kulit sista yang akan menjadi lebih halus.
Lama scrubbing: 5-10 menit.

2. Oatmeal
Oatmeal merupakan pilihan scrub yang aman khususnya bagi kulit yang sensitif atau berjerawat. Caranya tambahkan 1 sdm oatmeal ke dalam 2 sdm madu atau minyak zaitun, kemudian aplikasikan pada wajah (yang telah dibasuh air hangat) sambil lakukan pemijatan perlahan di area T, dagu, dan sekitar pipi. Basuh kembali dengan air hangat dan akhiri dengan masker mentimun.
Lama scrubbing: 5-10 menit.

3. Garam dapur
Garam merupakan bumbu dapur yang telah banyak digunakan baik dalam dunia kuliner, kesehatan, dan bahkan kecantikan. Kali ini, sista bisa memanfaatkan garam dapur untuk tambahan scrub. Caranya campurkan 1 sdm garam dengan 1 sdm minyak zaitun dan 2 sdm buah pisang. Terlebih dahulu basuh wajah dengan air hangat kemudian keringkan dan aplikasikan campuran tersebut pada wajah sambil lakukan pemijatan lembut. Basuh dengan air hangat lalu biarkan kulit wajah kembali ke suhu normal. Selanjutnya kompres wajah dengan es batu atau air dingin.
Lama scrubbing: 2-3 menit.

4. Green tea
Green tea atau the hijau ini telah terkenal akan efek antioksidannya sehingga selain mengangkat sel-sel kulit mati juga dapat mencegah penuaan dini. Caranya campurkan 1 sdm green tea bubuk (atau bisa juga diperolah dengan memblender daun teh hijau kering sampai halus) dengan 1-2 sdm minyak zaitun. Basuh wajah dengan air hangat, keringkan, lalu aplikasikan campuran tersebut sambil lakukan pemijatan ringan. Basuh kembali dengan air hangat lalu setelah suhu kulit kembali normal, kompres dengan air dingin atau es batu.
Lama scrubbing: 2 menit.

Note:
1. Hindari melakukan scrubbing pada bagian wajah yang sedang terluka atau berjerawat
2. Pastikan mengompres wajah dengan air dingin atau es batu agar pori-pori wajah kembali tertutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *