Cara Membuat Serum Rambut Alami Dengan Jojoba Oil

serum rambut alami

Pada artikel sebelumnya, mbak cantik sudah membahas manfaat serum rambut. Nah, artikel kali ini mbak cantik akan berbagi tips cara membuat serum rambut secara alami. Sebelum kita melangkah lebih jauh bagaimana cara membuat serum rambut alami. Review dulu yuk, manfaat dari serum rambut. Serum rambut berfungsi untuk mengobati dan mempersiapkan rambut sebelum menggunakan berbagai alat styling pada rambut contohnya melakukan treatment rambut seperti penataan rambut dengan hairdryer dan alat catok, pelurusan rambut dengan smoothing dan rebonding hingga pewarnaan rambut. Panas yang timbul dari produk hair styling seperti hair dryer, catok lurus dan catok keriting bisa membuat rambut rapuh dan kering. Serum rambut akan melapisi setiap batang rambut, sehingga rambut lebih terlindungi dari terpaan panas langsung.

Serum rambut juga membantu mencegah rambut dari kerusakan. Serum rambut biasanya memiliki kandungan silikon yang dapat memberi efek berkilau pada rambut. Rambut jadi tampak bersinar, berkilau dan membuat rambut tampak sehat. Namun kamu harus berhati-hati ladies, serum rambut di pasaran mengandung bahan-bahan yang berbahaya yang dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut rontok. Mbak cantik akan memberikan tips bagaimana membuat serum rambut secara alami, yang aman digunakan serta bahannya mudah didapatkan. Ikutin tips dari mbak cantik yuk :

 Untuk Rambut Berminyak
Untuk rambut berminyak, gunakan minyak esensial yang ringan sebagai bahan dasar membuat serum. Minyak esensial seperti minyak kelapa dan minyak jojoba lebih ringan daripada minyak lainnya oleh karena itu mereka sempurna untuk rambut berminyak dan kulit kepala. Kelebihan minyak pada rambut disebabkan karena sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Oleh karena itu, kamu harus memilih minyak esensial untuk mengontrol kelenjar dan membuatnya kembali normal. Minyak esensial peppermint, lemon dan geranium merupakan minyak esensial yang ringan dan cocok untuk rambut berminyak. Cara membuat serum rambut untuk rambut berminyak :

  •  Campurkan beberapa tetes minyak esensial peppermint, lemon atau geranium dengan 100 ml kelapa atau minyak jojoba.
  •  Kocok dan simpan serum ini dalam botol kedap udara
  •  Minyak ini dapat diaplikasikan pada rambut kering atau basah untuk menjaga kelembaban dan juga untuk mencegah kelebihan minyak.

Bagi kamu yang tidak ingin menerapkan ini pada siang hari, kamu dapat melakukannya di malam hari. Caranya: Oleskan pada rambut, pijat lembut kepala setiap malam sebelum tidur, biarkan semalaman. Dan cuci bersih pagi harinya.

 Untuk Rambut Kering:
Jenis rambut kering biasanya rentan terhadap kerusakan. Pilih minyak esensial yang berfungsi sebagai pelembab misalnya minyak jarak yang dipilih sebagai dasar serum. Untuk kulit kepala kering, minyak esensial lavender dan rosewood cocok digunakan. Cara membuat serum rambut untuk kulit kering :

  •  Campur beberapa tetes minyak esensial lavender atau rosewood dengan 100 ml minyak jarak.
  •  Kocok dan simpan dalam botol kedap udara.
  •  Jika kamu merasa bahwa konsistensi minyak jarak sangat pekat, kamu dapat menambahkan 20ml minyak kelapa untuk meringankan konsistensi.

Cara menggunakan : Oleskan serum pada rambut, pijat lembut kepala, hal ini akan membuat rambut rambutmu indah, berkilau, halus, lembut, serta mengobati rambut bercabang. Diamkan semalaman untuk hasil maksimal.

Catatan : Hindari menggunakan pelurus rambut, pengeriting rambut dan peralatan panas secara sering karena dapat merusak rambut. Serum rambut ini dapat digunakan dua atau tiga kali seminggu untuk memelihara dan melindungi rambut secara alami tanpa silikon atau pengawet berbahaya lainnya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation